Kanopi merupakan atap tambahan yang berada di luar rumah seperti bagian balkon, teras, ataupun carport yang biasanya menghiasi rumah-rumah zaman sekarang. Kanopi mempunyai fungsi untuk menahan panas matahari sehingga rumah akan menjadi terasa lebih sejuk dan juga lebih terlindungi dari derasnya air hujan. Selain itu juga, kanopi juga menambah nilai estetika pada rumah atau bangunan itu sendiri.

Dengan berbagai macam model yang diberikan, kanopi dapat mempercantik tampilan rumah atau bangunan. Dan juga ada berbagai macam pilihan bahan serta model yang dapat disesuaikan dengan konsep dan kebutuhan rumah Anda.

Jenis-Jenis Atap Kanopi

Atap kanopi bukan hanya memiliki satu jenis saja, namun ada berbagai jenis atap kanopi yang tersedia. Berikut ini beberapa jenis atap kanopi yang paling sering digunakan di Indonesia.

1. Atap Kanopi Polycarbonate
Atap kanopi polycarbonate ini terbuat dari bahan plastik bening seperti kaca. Atap ini cocok dengan hampir semua jenis rumah. Jika Anda masih ingin merasakan hangatnya matahari di teras, atap kanopi jenis ini cocok untuk Anda. Atap kanopi ini memiliki warna yang transparan dan harga yang lebih terjangkau. Kanopi jenis ini dapat menggantikan kanopi kaca.

Perawatan kanopi ini pun sangat mudah, Anda cukup menyemprotkannya dengan air sabun untuk membersihkan kotoran. Pilih atap kanopi polycarbonate anti UV agar warnanya tidah gampang menguning.

2. Atap Kanopi uPVC
Material yang digunakan pada atap kanopi uPVC ini adalah uPVC (Unplasticizide Polyvinyl Chloride). Atap kanopi ini dapat meredam panas dan suara, sehingga ruangan yang ada di bawahnya tidak bising dan menjadi lebih sejuk. Material atap uPVC juga memiliki anti UV sehingga tahan lama dan tidak gampang pecah, serta warnanya akan selalu dalam kondisi baik.

Mari simak produk atap kanopi uPVC GrahaExcel yang ada:
1. Atap uPVC Double Layer Skydeck
2. Atap uPVC Single Layer Exceltech
3. Atap uPVC Rumah Eliteroof

3. Atap Kanopi Fiber
Atap kanopi fiber ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Atap kanopi jenis ini sering digunakan untuk ventilasi cahaya atau untuk penyebaran cahaya dengan transmisi panas yang kecil seperti gudang dan pabrik. Salah satu merk atap kanopi fiber yang paling populer adalah Alsynite. Para pelaku industri sering memilih Alsynite karena berifat awet dan mempunyai jangka waktu ketahanan yang paling lama yaitu sampai 25 tahun dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

4. Atap Kanopi Kaca
Jika Anda mengingkan niliai estetika yang minimalis nan elegen dan berkelas, penggunaan atap kanopi kaca inilah jawabannya. Namun, jika Anda sudah memilih untuk menggunakan atap kanopi kaca ini, Anda harus sudah siap untuk melakukan perawatan ekstra. Kaca akan mudah terlihat kotor, apalagi banyak daun kering diatas, maka rumah Anda akan terlihat tidak terawat. Lakukan perawatan rutin agar kaca tidak mudah rusak dan selalu terlihat bersih.

5. Atap Kanopi Spandek
Atap kanopi jenis ini memiliki perpaduan antara material seng, aluminium, dan silikon yang dapat memantulkan panas ke ruangan yang ada di bawahnya. Bahan ini lebih tipis dari bahan lainnya. Maka, Anda harus hati-hati saat proses pemasangan. Atap kanopi ini lebih cocok untuk rumah-rumah yang ada di pantai, karena tahan terhadap korosi. Dan tentunya atap kanopi spandek ini lebih hemat loh.

6. Atap Kanopi Onduline
Anda menginginkan tampilan rumah yang minimalis? Atap kanopi onduline ini dapat Anda jadikan salah satu pilihan. Atap kanopi ini bersifat kokoh, tahan karat, korosi, dan bisa meredam suara air hujan. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan kanopi alderon.

7. Atap Kanopi Go Green
Yap sesuai namanya, atap kanopi jenis ini adalah atap yang ramah lingkungan. Atap kanopi go green ini dibuat dari baja ringan yang bisa di daur ulang, bebas toxic sehingga untuk kesehan keluarga sangat aman. Bahan atap ini juga anti korosi dan karat. Dan jangan khawatir atap kanopi jenis ini sangat cocok untuk semua jenis rumah.

Menentukan Jenis yang Tepat

Jika Anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenis kanopi yang paling sering digunakan, Anda sekarang sudah bisa menentukan jenis yang cocok untuk kebutuhan rumah Anda. Namun, ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum akhirnya memilih atap kanopi yang tepat untuk rumah Anda.

1. Ketahui jenis-jenis atap kanopi
Yap, pertama Anda harus mengetahui jenis-jenis atap kanopi yang sering digunakan di Indonesia. Anda bisa mengetahuinya pada penjelasan sebelumnya.

2. Tentukan fungsinya
Atap kanopi mempunyai beberapa fungsi, yaitu untuk perlindungan, penerangan, dan estetika. Nah, Anda harus tahu fungsi mana yang paling Anda butuhkan, karena setiap jenis atap kanopi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi, jika Anda sudah menentukan fungsi yang sesuai kebutuhan, barulah setelah itu Anda cari jenis atap kanopi yang sesuai.

3. Tentukan kebutuhan
Atap kanopi bukan hanya bisa digunakan untuk teras saja. Jadi, Anda tentukan terlebih dahulu penggunaan atap kanopi ingin Anda letakkan dimana. Apakah di teras, carport, ruang terbuka, dapur terbuka, balkon, atau yang lainnya. Sehingga Anda akan tahu jenis atap kanopi yang tepat untuk Anda gunakan.

4. Hitung luas lahan
Menghitung luas lahan adalah hal mendasar yang harus dilakukan sebelum menentukan atap kanopi yang akan digunakan. Pengukuran harus dilakukan secara teliti agar tidak ada kesalahan saat membeli atap kanopi.

5. Budget
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum menentukan atap kanopi adalah budget. Setelah mengukur luas lahan, Anda peelu melakukan survei jenis atap kanopi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Demikian beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis atap kanopi beserta cara menentukan jenis yang tepat. Semoga bisa membantu Anda dalam mendapatkan atap kanopi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.