Dengan semaraknya pembangunan, teknologi pengembangan untuk atap bangunan semakin berkembang. Salah satu atap teknologi yang bersangkutan yang terbaru adalah yang sering disebut dengan atap uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride).

Fakta menarik tentang Polyvinyl Chloride yang dilansir dari wikipedia adalah polimer plastik sintetis ketiga yang paling banyak diproduksi di dunia setelah polietilen dan polipropilena. Sekitar 40 juta ton PVC diproduksi setiap tahun.

Berikut perbedaan Atap uPVC dengan Genteng Keramik dan Tanah Liat.


Atap uPVC (atau biasa disebut atap kanopi uPVC) merupakan atap yang banyak dipakai di Indonesia dan juga yang paling jarang dimengerti. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengerti tentang apa itu atap uPVC dan keuntungannya.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui Ukuran Atap uPVC dari Graha Excel yang memiliki berbagai macam tipe. Mulai dari tipe SkyDeck hingga tipe Non SkyDeck.

Apa itu Atap uPVC?

Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Atap uPVC adalah pastinya atap yang terbuat dari bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Bahan kimia uPVC sering dipakai sebagai materi produk atap di Indonesia dan banyak di negara tropis karena bahannya yang sangat baik. Material uPVC sering disebut sebagai salah satu bahan yang sangat kuat dan tahan lama, sangat versatil, dan bisa diproduksi dalam berbagai macam warna. Selain daripada itu, atap uPVC banyak dipakai karena sangat kuat dalam menghadapi korosi dan panas matahari yang menyengat.

Karakter Atap uPVC

Untuk pemahaman lebih baik lagi tentang Atap uPVC, perlu diketahui beberapa karakteristiknya sebagai berikut :

1. Atap uPVC memiliki karakter bisa kedap suara. Sehingga mampu mengurangi transmisi kebisingan karena hujan deras hingga 20 desibel dibandingkan dengan atap logam

2. Atap uPVC dikenal tidak mudah terbakar atau biasa disebut fire retardant. Sehingga mudah untuk dipadamkan dan mengurangi resiko tersebarnya api ketika terjadi kebakaran seperti jenis atap lain dengan material insulasi yang mudah terbakar.

3. Atap uPVC juga diklaim mampu menolak panas hingga 71%. Sehingga kondisi di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk.

4. Atap bersifat fleksibel pada ukuran panjang tertentu. Atap ini bisa muncul tanpa harus menggulung terlebih dahulu seperti atap logam pada umumnya.

5. Tahan korosi hingga ketahanan 90 % lebih. Baik terhadap asam, basa dan garam dibanding produk atap metal.

Keuntungan Atap uPVC

Atap uPVC mempunyai banyak keuntungan dan oleh karena itu menjadi pilihan populer di kalangan kontraktor sebagai solusi atap untuk perindustrian, perkantoran, dan bahkan perumahan.

Keuntungan-keuntungan atap uPVC antara lain adalah sebagai berikut:

1. Daya Tahan yang Kuat– atap uPVC bisa bertahan lebih dari 10 tahun. Dia sangat kuat dan tangguh. Dia juga tidak bisa busuk meskipun dipakai di lokasi dengan cuaca yang ekstrim.

2. Rendah Perawatan– atap uPVC tidak pernah membusuk, berkarat, terkelupas, atau pudar. Dengan ini, anda tidak perlu merawat atap anda dan bisa dipakai dengan mudah.

3. Aman– oleh karena ketangguhannya, atap uPVC sangat diandalkan jika keamanan yang anda butuhkan. Strukturnya yang keras dan kuat membuatnya sudah untuk dirusak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti pencurian dan situasi berbahaya lainnya.

4. Insulasi yang Hebat– atap uPVC merupakan insulator yang hebat jika dibandingkan dengan materi atap lainnya seperti aluminium. Atap uPVC terkenal sebagai bahan yang bisa memberikan insulasi terbaik dibandingkna bahan-bahan lainnya.

5. Murah– Harga atap uPVC lebih murah dibandingkan dengan materi lainnya seperti aluminium atau kayu. 

6. Mudah dibersihkan- Jenis atap ini mempunyai performa self-cleaning yang sempurna, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkannya.

7. Tidak mudah bocor- Atap ini mempunyai sifat yang solid dan tahan air sehingga membuatnya tidak akan menyerap air.

Bedanya Atap PVC dan Atap uPVC

1. Perbedaan utama yang paling penting adalah atap PVC melalui proses plasticized dan sedangkan uPVC tidak melalui unplasticized. Proses plasticized membuat sebuah komponen menjadi lebih lentur karena bahan aditif plastiknya lebih besar. 

2. Dengan poin di atas, otomatis atap PVC lebih lentur jika dibandingkan dengan uPVC. 

3. Tapi di sisi lain, atap uPVC memiliki ketahanan lebih baik terhadap api dan listrik karena mengandur unsur plastik yang lebih sedikit dan mengandung unsur chlorine dalam materialnya sehingga tidak akan mudah terbakar.

Mengenal Graha Excel Produsen Atap uPVC Excel

Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Dimulai dari tahun 1969, GRAHAEXCEL PLASTINDO merupakan pelopor dan innovator dalam industri plastik pertama di Indonesia. Bekerja dengan bahan baku seperti uPVC salah satunya merupakan keahlian kami terutama dalam pembuatan atap uPVC. Setiap produk atap uPVC kami menggunakan 100% resin murni sesuai dengan standard SNI & FDA.

Sebagai pabrik atau produksi atap uPVC dengan kapasitas yang besar di Indonesia, kepuasan konsumen & kualitas produk adalah prioritas utama kami. Kami menyambut anda untuk mencoba produk unggulan kami dan membuktikan komitmen tersebut.

Ukuran Atap UPVC di Graha Excel

Ukuran Atap uPVC Double Layer SkyDeck

TipePanjang (mm)Panjang Efektif (mm)Lebar (mm)Lebar Efektif (mm)Tebal (mm)Tinggi Gelombang (mm)
SkyDeck8408001045
SkyDeck - 1000113010701245
Non SkyDeck940800500 - 
Non SkyDeck - 100011801070500

Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Ukuran Atap uPVC Single Layer Exceltech

TipePanjang (mm)Lebar (mm)Lebar Efektif (mm)Tinggi Gelombang (mm)
ESR - 1000 (uPVC, PC)4000,6000,120001070100038
ESR - 750 (PC)4000,6000,1200081075025

Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Ukuran Atap uPVC Rumah EliteRoof

TipePanjang (mm)Panjang Efektif (mm)Lebar (mm)Lebar Efektif (mm)
Eliter Roof 22522502000880800
Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Jenis Atap uPVC di Graha Excel

Sebagai distributor / produsen atap uPVC, kami menyediakan berbagai jenis atap uPVC sesuai kebutuhan anda.

1. Atap uPVC Double Layer Skydeck- Atap uPVC peredam panas dan suara yang sangat cocok untuk kebutuhan industri dan hunian. Dibuat dengan formulasi khusus, pigmentasi warna terbaik dan lapisan pelindung UV, sehingga mampu memantulkan panas hingga 75%.

2. Atap uPVC Single Layer Exceltech- Atap UPVC terbaru dari GRAHAEXCEL yang menggunakan teknologi co-extursion. Solusi praktis untuk masalah korosi dan cuaca extreme di bangunan, gudang dan pabrik anda.

3. Atap uPVC Rumah EliteRoof- Atap UPVC pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan ASA/PMMA (Acrylic) coating sehingga tahan korosi, warna atap tidak mudah pudar dan tidak mengandung racun seperti atap tanah liat, asbes, metal, dan aspal.

Penggunaan Atap uPVC

Atap uPVC bisa digunakan untuk bermacam hal seperti sebagai atap kanopi untuk rumah, gudang, pabrik, dan lainnya.

Simak artikel cara pasang atap uPVC Skydec di atap pelana:
Gambar Apa itu Atap uPVC, Keuntungan Atap uPVC Excel dan bedanya dengan PVC 0

Lihat video aplikasi atap uPVC Excel di rumah modern dan mewah:

bangun rumah modern

Membangun atau menggunakan sesuatu yang baru memang selalu menyenangkan. Dengan mengetahui lebih dalam tentang atap uPVC dan keuntungannya, anda bisa lebih yakin bahwa atap uPVC merupakan solusi kebutuhan pembangunan atap anda.

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai atap uPVC, jangan ragu untuk menghubungi kami.


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Polyvinyl_chloride#Unplasticized_Polyvinyl_Chloride_(uPVC)