Material rangka kanopi memiliki peranan besar terhadap daya tahan atap kanopi yang Anda pasang di rumah atau di tempat lainnya. Material rangka ini merupakan penopang utama dari atap yang dipasang di atasnya. Karena itu Anda tidak boleh sembarangan ketika memilih jenis material tersebut.

Kesalahan dalam pemilihan material dapat menyebabkan terjadinya kerobohan pada atap atau kondisi atap yang tidak simetris. Anda harus mempertimbangkan kesesuaian bobot dari atap tersebut, tingkat ketinggian atap, dan berbagai aspek penting lainnya.

Tiga Jenis Material Rangka Kanopi Terbaik

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ada tiga jenis material terbaik untuk rangka kanopi di rumah Anda. Tentu saja jenis rangka yang akan kami dibanderol dengan harga yang cukup variatif. Penasaran apa saja material tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Stainless steel

Material rangka kanopi pertama yang sangat kami rekomendasikan adalah stainless steel. Bahan satu ini memiliki karakteristik yang tangguh. Keunggulannya adalah anti karat. Penggunaan stainless steel memungkinkan Anda untuk memiliki kanopi yang awet dan tahan lama.

Cara perawatannya juga sangat mudah. Sayangnya material rangka dari bahan stainless steel ini memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan rekomendasi material rangka lainnya. Tapi tentu saja harga ini berbanding lurus dengan kualitas yang Anda dapatkan dari penggunaannya

2. Besi

Jenis material rangka kanopi lain yang tidak kalah kami rekomendasikan adalah besi. Semuanya pasti tahu, jika besi ini memiliki karakteristik yang sangat kuat. Harga dari besi ini juga jauh lebih murah dibandingkan dengan stainless steel. Hanya saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh bahan satu ini.

Di antara kekurangan tersebut adalah mudah berkarat jika terus-menerus terkena air. Karena itu Anda harus melakukan perawatan secara rutin jika memilih material rangka satu ini. Anda juga melapisi dengan cat anti karat agar daya tahan besi tersebut jauh lebih lama lagi.

3. Baja ringan

Pilihan material rangka kanopi lainnya adalah baja ringan. Jenis material satu ini merupakan yang paling umum digunakan di era modern. Rangka baja ringan memiliki bobot yang sangat enteng sehingga mudah sekali untuk diaplikasikan.

Meskipun begitu, kualitas dari baja ringan ini memang cukup baik. Di sisi lain, harga jualnya juga sangat terjangkau. Jenis material satu ini merupakan yang paling murah jika dibandingkan dengan kedua jenis material sebelumnya.

Meskipun begitu, ternyata kualitas baja ringan ini juga tidak kalah tangguh. Daya tahannya juga bisa mencapai puluhan tahun. Mantapnya, baja ringan ini juga memiliki sifat anti karat, sama seperti stainless steel.

Jika Anda berencana untuk memasang atap baja ringan di rumah atau di lokasi manapun, tiga jenis material rangka kanopi yang sudah kami sebutkan diatas merupakan rekomendasi terbaik yang bisa dipilih.

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Atap Kanopi

Ketika Anda akan memasang atap kanopi, tentu saja ada beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Langsung saja simak poin-poinnya dibawah ini :

1. Budget

Pertimbangkan budget dengan baik, sesuaikan saja biaya yang dibutuhkan dengan dana yang Anda miliki jangan terlalu memaksakan diri.

2. Jenis atap yang digunakan

Saat ini ada banyak sekali jenis atap dan material rangka kanopi yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda memilih tipe atau jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lingkungan Anda

3. Penyedia jasa yang tepat

Tidak kalah penting, Anda juga harus memilih penyedia jasa yang berkualitas ketika akan melakukan instalasi atap kanopi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kanopi yang Anda pesan.

Penting sekali bagi Anda untuk memahami deretan poin di atas sebelum memasang atap kanopi. Tidak hanya itu saja, pastikan juga Anda memilih material rangka kanopi yang berkualitas agar daya tahan kanopi tersebut jauh lebih panjang.

Nah jika sobat EXCEL sudah mengetahui cara memilih atap kanopi yang baik, simak video tips lengkap untuk menghitung kebutuhan atap kanopi dan bangunan anda menggunakan Atap uPVC Exceltech untuk meminimalisasikan kekurangan/kelebihan order serta efisiensi potongan buangan berikut https://youtu.be/9l28EGidSLE