Sebelum membangun, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya menghitung luas atap kanopi yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang diketahui, pembangunan atap kanopi pada dasarnya bisa ditujukan untuk berbagai macam hal.

Baik itu untuk atap kanopi dapur terbuka, atap garasi, atap teras dan atap taman, semuanya bisa menggunakan desain kanopi yang berbeda-beda. Apalagi kondisi rumah juga perlu diperhatikan, apakah Anda ingin membuat kanopi di rumah minimalis atau sesuai kondisi yang ada.

Setiap pembangunan membutuhkan perencanaan awal agar hasilnya memuaskan. Karena semua perencanaan ini akan menjadi fondasi dasar dilakukannya pembangunan. Meskipun atap kanopi itu sederhana, namun tetap saja untuk hasil yang bagus butuh perencanaan optimal.

Mulai dari ukuran, posisi, desain, bahan dan budget semuanya perlu dipertimbangkan sejak awal. Tujuan lain dilakukannya perencanaan adalah untuk menciptakan hasil yang bagus dan maksimal. Sesuai dengan keinginan awal yaitu mempercantik kondisi rumah Anda.

Tentukan Kebutuhan Sebelum Menghitung Luas Atap Kanopi

Perencanaan awal dilakukan dengan menentukan desain apa yang cocok digunakan untuk rumah Anda, Selain itu, kebutuhan kanopi juga perlu dipertimbangkan seperti dapur, garasi dan lainnya. Sekarang ini sedang populer kanopi berbahan dasar kaca, kayu, baja ringan dan polycarbonate.

Keempatnya memberikan kesan yang berbeda jika dilihat dari kondisinya. Untuk kaca atau kayu, lebih memberikan kesan yang elegan, mewah dan minimalis. Sedangkan untuk baja ringan atau polycarbonate, lebih memberikan kesan kanopi sederhana dan simpel.

Namun semua itu kembali ke tangan Anda, ingin menyesuaikan kondisi sekitar rumah atau membuat baru dengan nuansa berbeda dengan desain menarik. Semua kebutuhan ini harus dipertimbangkan supaya total budget dan luasnya bisa dihitung.

Sebagai contoh ketika Anda memiliki panjang halaman 6m dan lebarnya 3m, maka di sana Anda bisa bangun 3 pilar fondasi si setiap sudut. Lalu, luas atap akan dihitung terpisah dengan menyesuaikan kondisi bahan yang akan digunakan nantinya untuk bagian atap kanopinya.

Luas kanopi meliputi seluruh sudut tempat yang akan dibangun. Selain itu, penentuan sudut pilar juga menjadi acuan Anda dalam melakukan perhitungan. Dari pilar depan sampai pilar belakang, semuanya akan dihitung dengan luas keseluruhan rangka yang akan dibangun nantinya.

Menghitung Luas Atap Kanopi Secara Keseluruhan Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika kebutuhan sudah ditentukan, sekarang waktunya Anda menghitung luas kanopi dari atap dan pilar-pilarnya. Sebagai contoh, ketika Anda membangun kanopi dapur terbuka dengan lebar 3m dan panjang 6m. Maka luas dari kanopi dapur yang akan dibangun adalah 18m2.

Setelah mengetahui luasnya, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi sudut tiang atau pilar. Anda bisa mengambil sudut dalam 50cm untuk meletakkan tiang dengan diameter 30cm3. Sedangkan tinggi tiang, setidaknya 3m atau menyesuaikan tinggi atap rumah utama.

Setelah luas sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah menghitung luas atap kanopi dengan kerangka yang akan dipasangkan. Kerangka baja ringan bisa dijadikan contoh karena strukturnya fleksibel, mudah untuk dipotong dan sangat ringan.

Jadi, letak posisi tiangnya ada 3 di depan dan 3 di belakang dengan jarak 2,5m per tiangnya. Nanti, penyangga ini akan dihubungkan dengan kerangka atap yang menggunakan polycarbonate. Jarak 2,5m per tiang di dapatkan dari perhitungan luas dan diameter yang digunakan untuk tiang.

Ketika desain sudah dibuat, Anda hanya perlu membangun kanopi sesuai rencana yang sudah dibuat sebelumnya. Posisi tiang harus disesuaikan dengan luas supaya fondasinya kokoh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kerangka dan posisi atap supaya sejajar rapi.

Tapi dari semua itu, Anda masih bisa membangun jika jarak antar satu bagian ke kerangka lainnya sudah tepat. Menghitung luas atap kanopi bisa direncanakan dari perhitungan lebar dan panjang halaman tempat pembangunannya.

Sobat EXCEL bisa menggunakan atap uPVC SKYDECK sebagai kanopi rumah Sobat, yuk cek video berikut ini https://youtu.be/9l28EGidSLE untuk mengetahui lebih jelas cara menghitung luas atap kanopi agar tidak salah perhitungan.