Bagi Anda yang memiliki rumah di lahan sempit, penting untuk memahami ukuran carport ideal agar mobil Anda tetap terjaga dari panas dan hujan. Memiliki carport mobil juga jauh lebih aman dari berbagai tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

Umumnya carport ini terletak di bagian depan atau di samping rumah. Tentu saja fungsi dari carport ini berbeda dengan garasi. Carport terbilang lebih simpel dan mudah untuk dibuat. Sedangkan garasi membutuhkan lahan yang lebih luas.

Saat ini carport juga menjadi bagian wajib dari desain rumah minimalis yang banyak dibangun di daerah perkotaan atau perumahan. Jadi selain diambil fungsinya, keberadaan carport ini juga diambil sisi estetikanya. Mari bahas mengenai ukuran carport ideal ini lebih jauh.

Mengenal Istilah Carport Lebih Jauh

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah carport, mungkin Anda merasa aneh karena kami membedakan carport dengan garasi. Apa sebenarnya perbedaan dari carport dengan garasi itu sendiri?

Garasi adalah tempat Anda memarkir mobil. Umumnya fasilitas satu ini adalah tempat Anda memarkir mobil di ruang tertutup. Sedangkan carport adalah lahan terbuka yang ditutupi oleh atap kanopi dengan tiang penyangga untuk menutupi mobil dari terik matahari dan hujan.

Carport sendiri tidak harus selalu berada di dalam ruangan. Seringkali carport dibangun di samping atau di bagian depan rumah. Sudah tentu pembangunan carport membutuhkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan pembangunan garasi.

Ukuran Carport Ideal untuk Rumah Minimalis

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dan hendak membangun carport, penting sekali untuk memahami ukuran ideal dari carport itu sendiri. Jika carport dibangun tanpa memenuhi standar, tentu saja akan muncul berbagai kesulitan ketika Anda menyimpan mobil di titik lokasi tersebut.

Ukuran carport yang dibuat ini pastinya harus ini disesuaikan dengan jumlah mobil yang Anda miliki. Mari kita bahas hal ini satu persatu.

1. Ukuran carport untuk 1 mobil

Bagi Anda yang memiliki 1 mobil, ukuran carport ideal yang bisa dipilih adalah sebagai berikut :

  • Buatlah panjang carport antara 4 hingga 6 meter
  • Sedangkan untuk lebarnya Anda bisa mengambil lahan seluas 2,5 meter
  • Pastikan ada jarak samping seluas 1 meter di titik terjauh carport
  • Dari segi kemiringan lantai, Anda bisa mengatur 1 persen hingga 2,5 persen ke arah depan. Tujuannya agar mobil mudah untuk keluar
  • Di sisi lain tinggi carport tersebut minimal adalah 2,5 meter.
  • Dengan ukuran tersebut, maka proses keluar masuk mobil akan berjalan dengan sangat lancar.

2. Ukuran carport untuk 2 mobil

Bagi Anda yang memiliki dua mobil, ukuran carport ideal adalah sebagai berikut :

  • Untuk panjang Anda bisa mengambil 4 hingga 6 meter, sama dengan opsi pertama
  • Sedangkan untuk lebarnya Anda bisa mengambil lahan seluas 6 m dengan
  • Jarak samping carport masing-masing sebesar 1 m. Dengan luas tersebut maka jarak antar kendaraan Anda berpisah antara 60 hingga 80 cm.
  • Untuk kemiringan lantai Anda bisa mengambil 2,5 persen ke arah depan
  • Tinggi dari carport ini juga bisa disamakan dengan opsi pertama yakni 2 setengah meter

Tips Merancang Carport yang Ideal

Ketika Anda hendak merancang carport untuk kebutuhan pribadi di rumah, tentunya ukuran carport ideal yang sudah kami jelaskan di atas wajib untuk dipenuhi. Di sisi lain, Anda juga harus memenuhi beberapa kriteria di bawah ini.

1. Sesuaikan desain konstruksi carport Anda dengan rumah minimalis

2. Berikan proporsi yang seimbang agar ukuran carport yang ideal ini bisa direalisasikan dengan baik.

3. Fungsi carport adalah prioritas utama Anda. Jangan sampai desain lebih utama dibandingkan fungsi

4. Perhatikan letak carport, pilih titik lokasi yang mudah diakses

5. Pilih juga jenis material terbaik untuk carport Anda.

Dengan melakukan beberapa tips yang sudah kami jelaskan di atas, tentu saja carport Anda akan memiliki fungsi dan desain yang maksimal. Jangan lupa juga untuk merancangnya dengan ukuran carport ideal agar mobil bisa keluar masuk dengan mudah.

Nah, Sobat EXCEL sudah tahu nih ukuran carport ideal untuk rumah Anda, Sobat EXCEL bisa simak video berikut ini berisi tutorial memasang Atap uPVC untuk kanopi Sobat yang bisa dijadikan carport https://youtu.be/j4Ikz7v5Hq8