Ternyata memilih jenis bahan atap rumah tidak boleh sembarangan jika menginginkan hasil optimal. Banyak orang masih sering salah dalam menentukan pilihan sehingga tingkat ketahanannya menjadi rendah.

Padahal di negara tropis seperti Indonesia atap adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Cuaca tropis yang tidak mudah diprediksi membuat ketahanan material atap menjadi perlu ditingkatkan.

Jika salah dalam memilih tidak hanya dari faktor estetis saja, bahkan dalam kondisi tertentu bisa rusak secara total. Oleh karena itu disini Kami ingin memberikan informasi mengenai masalah krusial ini.

Kami akan memberikan rekomendasi bahan yang awet sehingga mampu tahan terhadap cuaca tropis. Tidak hanya itu saja aspek harga juga akan kami jelaskan agar bisa dijadikan pertimbangan lebih lanjut.

Karena selain ketahanan ternyata masih banyak faktor eksternal lain yang perlu dijadikan pertimbangan. Sehingga nantinya Anda bisa memilih material terbaik sehingga daya tahannya optimal.

Jenis Bahan Atap Rumah yang Awet

Ada lima rekomendasi bahan yang dapat dijadikan pilihan ketika membangun sebuah hunian. Mulai dari konvensional seperti tanah liat hingga modern menggunakan asbes akan kami jelaskan berikut detailnya.

1. Tanah Liat

Ini adalah salah satu bahan pembuat yang paling umum digunakan di Indonesia. Daya tahan terhadap cuaca maksimal dan harganya juga sangat murah sehingga dapat dijadikan pilihan.

Kemampuan insulasi panas juga bagus sehingga cocok bagi negara tropis. Namun sayangnya keakuratan bentuk menjadi salah satu penyebab kurang efektif ketika musim hujan.

2. Beton

Hampir sama dari segi bentuk dengan tanah liat namun beton memiliki ketahanan dan keakuratan bentuk lebih bagus. Sehingga baik musim panas maupun hujan tidak jadi masalah.

3. Baja Ringan

Meskipun jarang digunakan pada rumah secara umum namun ini dapat menjadi pilihan yang bagus. Berat jenis ringan, daya tahan tinggi, dan keakuratan bentuk juga bagus.

4. Seng

Ini biasanya tidak berbentuk genting namun lembaran dalam ukuran cukup lebar. Sehingga proses pemasangannya juga sangat mudah sayangnya insulasi panas tidak terlalu bagus.

5. Asbes

Ini adalah salah satu alternatif yang bagus dari faktor insulasi dan kemudahan pemasangan. Sayangnya harganya juga cukup mahal sehingga perlu dipertimbangkan kembali dari segi finansial.

Dengan mengetahui lima rekomendasi tadi maka Anda bisa menjadikannya sebagai referensi berdasarkan bahan. Pada pembahasan berikutnya detail terkait aspek eksternal akan kami jelaskan.

Faktor Eksternal Saat Memilih Bahan Atap Rumah

Sebagai salah satu faktor eksternal yang perlu dijadikan pertimbangan disini adalah finansial. Jadi tergantung berapa banyak budget ketika mendirikan rumah Anda apakah ingin sampai atas atau tidak.

Karena tidak hanya dari segi harga material gentingnya saja, namun terkait hal lain seperti rangka atapnya. Apakah akan menggunakan kayu secara konvensional pada umumnya atau baja ringan.

Ketika menggunakan rangka kayu maka pengeluaran biasanya jauh lebih murah dan tidak terlalu sulit pemasangannya. Jadi kombinasi paling tepat untuk budget rendah adalah genting kayu dan rangka tanah liat.

Apabila Anda segan menggelontorkan dana dalam jumlah tinggi demi menjaga ketahanan maka kami rekomendasikan baja ringan. Baik untuk rangka maupun atap baja ringan superior dari bahan lainnya.

Jika tidak ingin terlalu mahal bisa menggunakan rangka baja ringan dan atap asbes. Ketika menggunakan atap dan rangka baja ringan maka ada banyak hal yang bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Material ini tahan terhadap cuaca tropis di Indonesia yang sangat ekstrem dan anti hewan pengerat. Jadi degradasi bahan akan berjalan sangat lambat apabila tidak terjadi hal ekstrem di luar perkiraan.

Sehingga solusi terbaik ketika mencari bahan atap terbaik berturut-turut adalah baja ringan, asbes, beton, tanah liat, seng. Lima bahan tersebut tentu sekali lagi tergantu preferensi dan kemampuan finansial.

Apabila sudah memahami referensi tadi tentunya menentukan pilihan akan menjadi sedikit lebih mudah. Jangan sampai salah dalam memilih bahan atap rumah agar ketahanannya bisa optimal.

Bagi Sobat EXCEL yang masih bingung menentukan atap bagi rumah Anda, yuk simak video review lengkap Atap uPVC berikut ini https://youtu.be/CvEPOE2UK-k