Sobat EXCEL yang sudah memulai bisnis tentu pasti memiliki gaya berjualan tersendiri atau strategi berjualan yang menjadi ciri khas tersendiri dalam mensukseskan usaha. Melakukan modifikasi terhadap strategi berjualan memang tidak mengapa dan sah sah saja, tapi alangkah baiknya jika Sobat EXCEL memahami pondasinya terlebih dahulu. 

Marketing channel pada umumnya terdiri dari Public Relation, Digital Advertising, Offline Promo, Paid Search, Email Marketing dan Social Media. Untuk kali ini kita akan membahas marketing channel public relation dengan membangun Community Engagement. Perjalanan GRAHAEXCEL di Lampung menemukan case baru yakni ada Toko Bangunan yang menjadi basecamp para sales, tak pandang sales tersebut merupakan kompetitor atau tidak, intinya sales tersebut betah sekali di Toko Bangunan tersebut dan satu sama lain memiliki persahabatan yang erat sehingga tidak ada saling menusuk dari belakang dalam hal penjualan.

Misalnya mereka menjual suatu produk di sebuah Toko Bangunan, jika antara sales satu dan yang lainnya menjual produk yang sejenis maka sales lain tidak akan masuk ke Toko Bangunan tersebut dan merebut teritorinya, sehingga terjadinya hubungan baik antar toko dan tidak terjadinya perebutan order. Jadi para sales sama sama tahu teritori dan batasan sales masing masing. GRAHAEXCEL sangat penasaran dan berusaha mengulik, bagaimana cara Toko Bangunan tersebut bisa menjadi basecamp yang begitu bagus? Berikut hasil tips yang kami dapatkan dari hasil wawancara tersebut.

1. Menyediakan Space Tempat dan Kursi yang banyak (20 - 30 Buah)

Sobat EXCEL bisa melakukan hal tersebut dengan menyediakan kursi yang agak banyak dengan space yang cukup luas. Lahan dan kursi sangat penting agar dapat menampung anggota community (sales sales) untuk bertukar pikiran. Karena jika sobat EXCEL mempunyai toko bangunan yang menjual toren air EXCEL bukan berarti mereka hanya mau dapat order, tapi jika memang pasar lagi sepi, mereka tentunya perlu di dengar keluh kesahnya dan diberikan masukan. Jual toren air tidak melulu soal Harga Toren Air melainkan soal perjuangan yang ingin dihargai dan kesetaraan nasib antara sesama sales.

SIMAK: Ukuran toren air Excel dan spesifikasinya

2. Menyediakan Support Makanan Ringan

Anggap Toko Bangunan mu adalah tempat Nonkgrong. Jika menjual Toren Air GRAHAEXCEL, coba ubah mindset fokus para penjual toren air. Biarkan mindset yang ada tidak melulu soal membuat Harga Toren Air yang murah melainkan jika memang ingin mendapatkan penawaran yang special dari sang sales, coba treat sales GRAHAEXCEL dengan baik karena untuk perbincangan sesuatu topik pasti membutuhkan tenaga fikiran dan fokus yang tinggi. Sehingga untuk mengembalikan tenaga tersebut, dibutuhkan asupan makanan dan minuman. Dengan berjalannya hal ini bukan hanya harga toren air yang didapatkan lebih murah. Melainkan loyalitas sales kepada Toko Bangunan anda bisa lebih tinggi, sehingga sang sales bisa memperjuangkan orderan Toko Bangunanmu dengan memberikan tempo tagihan lebih lama lagi.

3. Menyediakan Boardgame (Killing Time)

Selain memang fikiran sudah tidak lagi stress karena sudah bertukar cerita dan bertukar keluh kesah, memainkan boardgame mampu mengembalikan tingkat fokus para sales dan kekompakannya. Pasti Sobat EXCEL penasaran bagaimana contoh dari boardgame yang bisa dipakai. Contoh boardgame yang bisa disediakan seperti monopoli, ulartangga, atau catur. Jangan dulu pedulikan soal Harga Toren Air yang para sales tawarkan melainkan ketika kita sudah membuat sales nyaman maka akan lebih mudah untuk merebut hati mereka.

4. Menyediakan Alat Musik (Standard)

Tidak semua sales menyukai aktivitas mengobrol dan berbagi keluh kesah. Mungkin ada sebagian sales yang lebih suka untuk bernyanyi dalam melepaskan beban target capaian order yang tidak kunjung menutup. Jika anda menjual toren air maka coba lah dengan cara tersebut dan hadirkan suasana yang tidak tegang. Sajikan suasana yang lebih santai, sehingga sepulang dari Toko Bangunan Anda, para sales tidak lagi merasa stress tetapi lebih semangat untuk Jual toren air.

Hal tersebut akan membuat Toko Bangunan Anda memiliki citra baik di mata para sales, anggaplah apa yang anda berikan kepada para Sales merupakan investasi terbesar di kemudian hari. Karena relasi tidak bisa dihitung dengan harga dan tidak bisa dihitung dengan penawaran Harga Toren Air GRAHAEXCEL. Jika Toko Bangunan Anda sudah memiliki citra baik di mata para sales, maka yakinlah untuk penawaran harga di kemudian hari, pasti diberikan harga yang paling special, tempo pembayaran yang selalu bisa di nego dan dikomunikasikan, dan penawaran produk terbaru.

Harga Toren Air memang betul menjadi senjata untuk seorang sales bisa memasukkan produk di Toko Bangungan tersebut. Kecakapan untuk bisa jual Toren Air juga merupakan nilai plus yang harus dimiliki para sales. Tapi kedekatan dengan sales adalah investasi jangka panjang yang harus dimiliki sebagai senjata utama untuk menjual Toren Air GRAHAEXCEL dengan harga bersahabat.

Berikut salah satu contoh acara skala besar yang diadakan oleh distributor kami BNN (Bangunsukses Niagatama Nusantara) dalam pendekatan dengan kontraktor.


MUSDA III Asosiasi Kontraktor Palembang | Bangunsukses Niagatama Nusantara



MUSDA III Asosiasi Kontraktor Lampung | Bangunsukses Niagatama Nusantara

Selamat mencoba ya, Sob!

Pentingnya Community (Sales) Engagement merupakan investasi jangka panjang yang nanti akan membantu keberlangsungan hidup Toko Bangunanmu.

Nah Sob, biasanya dalam sebuah acara community engagement kita tentunya akan menampilkan produk sample Tangki Air yang dijadikan display di booth yang sudah tersedia, mau tahu Tangki Air EXCEL ukuran berapa yang paling favorit? Check video berikut yuk: https://www.youtube.com/watch?v=lWDCiyGDK9Q