Tangki atau toren air merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap rumah. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, tangki ini juga bermanfaat untuk membantu penggunaan listrik.

Bukan menjadi rahasia umum lagi kalau penggunaan listrik yang dilakukan oleh pompa air termasuk cukup besar. Jadi, dengan menggunakan toren ini Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan listrik.

Selain itu, pemakaian tangki atau toren air juga sangat bisa membantu ketika listrik sedang padam. Oleh karena air sudah ditampung pada tangki sebelumnya, jadi Anda masih tetap bisa melakukan aktivitas sehari – hari seperti mandi, memasak, dan masih banyak lainnya.

Namun, toren yang sudah berumur atau sudah lama terkadang memiliki masalah. Salah satunya adalah terjadinya kebocoran pada toren. Jika sudah begitu, pilihannya hanya 2 yaitu beli baru atau ditambal.

Cara Menambal Tangki Air Plastik yang Bocor

Jika toren mengalami kebocoran dan Anda langsung membeli yang baru, pastinya hal tersebut akan menguras kantong cukup dalam. Sementara, jika dicek lagi ternyata kebocoran tidak terlalu parah dan bisa diperbaiki untuk digunakan kembali.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Dalam melakukan sebuah kegiatan, tentunya dibutuhkan alat dan bahan yang diperlukan untuk mempermudah proses pengerjaannya. Berikut alat dan bahan yang Anda perlukan untuk menambal tangki plastik.

  • Sikat gigi atau kuas bekas

  • Lem super fiberglass dengan jumlah sebanyak 2 sampai 3 botol

  • Lem epoxy plastik yang berfungsi sebagai penambal kebocoran pada tangki

  • Serat fiberglass dengan kualitas baik agar hasil tambalan awet

  • Wadah berukuran tidak terlalu besar

  • Amplas, dan

  • Kain lap

2. Mulai Lakukan Pengerjaan

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, hal berikutnya adalah dengan memulai proses pengerjaan dalam menambal tangki air bocor. Berikut langkah – langkah yang bisa Anda ikuti dalam pengerjaan menambal toren rembes atau bocor.

  • Langkah pertama adalah dengan membersihkan toren atau tangki dengan menggunakan amplas.

  • Langkah berikutnya yaitu mengambil satu botol lem super fiberglass untuk kemudian dicampurkan bersama lem dengan jumlah secukupnya saja dengan perbandingan 1:50 dan diaduk sampai merata.

  • Kemudian, oleskan campuran tersebut ke permukaan tangki yang terindikasi mengalami kebocoran menggunakan kuas atau sikat gigi.

  • Jika sudah, lanjutkan dengan menempelkan serat fiber pada permukaan tangki.

  • Lapisi kembali dengan menggunakan campuran lem tadi dan tunggu sampai kering.

3. Proses Pengeringan

Jika sudah selesai melakukan proses penambalan, proses selanjutnya adalah pengeringan. Hal ini penting untuk memastikan tambalan menempel sempurna dan awet serta tidak cepat mengelupas.

Pastikan supaya campuran lem benar – benar kering, jika tidak kemungkinan campuran lem mengelupas dan kembali bocor cukup besar. Untuk memastikannya benar – benar kering tunggu proses pengeringan sampai 1 sampai 2 jam.

4. Proses yang Terakhir

Proses ini mungkin menjadi kunci keawetan tambalan Anda. Sebab, pada proses akhir ini Anda melakukan proses penambalan untuk kedua kalinya agar hasil tambalan menjadi semakin kuat, tidak mudah mengelupas, dan awet.

Lakukan cara sama persis seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk kembali mengeringkan hasil tambalan tersebut. Untuk memaksimalkan proses pengeringan, sebaiknya Anda melakukan semua langkah – langkah tersebut di musim kemarau.

Karena pada musim kemarau biasanya memiliki cuaca terik yang bisa mempercepat proses pengeringan. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa menggunakan blower untuk membantu pengeringan semakin cepat.

Mengetahui Perbandingan Ketahanan Air Tangki

Tangki air terbagi menjadi dua varian, yaitu berbahan plastik dan berbahan stainless steel. Dari segi kualitas dan keawetannya sudah jelas stainless steel memiliki keunggulan yaitu lebih kuat dan tahan lama dibandingkan tangki plastik.

Selain itu, stainless steel juga terbilang lebih sehat daripada tangki plastik yang lama kelamaan lapisannya bisa terkelupas dan tercampur ke dalam air. Perbedaan kedua bahan tersebut jika dimisalkan tangki plastik memiliki umur 10 tahun, maka tangki stainless steel memiliki usia sampai 2 kali lipatnya yaitu 20 tahun.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana caranya menambal tangki air yang bocor dengan benar. Dengan mengetahui cara menambal dan perbandingan ketahanan tangki air, Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung dengan tepat.

Temukan Tangki Air Silinder dengan kualitas terbaik yang tidak mudah bocor pada toko kami, GRAHAEXCEL. Kami menyediakan beberapa jenis tangki air dengan beragam ukuran. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Dan jika sudah memahami tips menambal tangki air yang bocor dengan cepat dan mudah, sobat EXCEL harus merawat tandon air dengan baik juga. Untuk sobat EXCEL yang ingin tau cara mudah membersihkan tandon air EXCEL klik link berikut ini ya https://youtu.be/jCXr5D-gZXg