Atap ruang jemuran biasanya menggunakan bahan berbeda dengan atap rumah pada umumnya. Atap rumah biasa bahannya harus mampu meredam panas, sehingga suhu rumah jadi lebih adem, sejuk dan nyaman.

Untuk atap jemuran sendiri, fungsinya justru berbanding terbalik dengan atap biasa. Atap jemuran sebisa mungkin menyalurkan panas, agar kain atau jemuran bisa cepat kering, serta bisa mencegah masuknya air hujan.

Tips Memilih Atap Ruang Jemuran yang Tepat

Dalam memilih atap untuk ruang jemuran ini, perlu juga dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh tentang keunggulan dan cara kerjanya. Di bawah ini beberapa jenis atap yang cocok digunakan untuk ruangan jemuran di rumah Anda.

1. Atap Kaca

Atap kaca merupakan salah satu jenis bahan yang cocok diaplikasikan pada ruang jemuran. Kaca memiliki sifat transparan, sehingga sinar matahari dapat disalurkan dengan baik ke ruang jemuran. Bahkan kaca juga dikenal mampu mentransmisikan hawa panas secara efektif.

Dari segi estetik juga penggunaan kaca sebagai atap ruang jemuran sangat menarik. Kaca mampu memberikan tampilan mewah dan kesan elegan pada ruang jemuran. Hanya saja memiliki kelemahan, yakni bisa pecah.

Jadi jika ingin menggunakan kaca sebagai atap untuk ruang jemuran di rumah, pastikan membuat struktur penopang yang kokoh. Agar atap tersebut tidak mudah goyah, serta tidak jauh saat menerima beban air hujan yang melimpah.

2. Atap Polycarbonate

Selain kaca, Anda juga bisa memilih atap bahan polycarbonate untuk atap ruang jemuran. Bahan yang satu ini juga banyak dimanfaatkan di ruang jemuran karena daya tahannya yang cukup baik. bahan polycarbonate ini memang tidak terlalu transparan, kalah dengan kaca.

Selain itu polycarbonate juga memiliki sifat meredam panas, jadi sangat cocok diaplikasikan pada ruang jemuran yang menyatu dengan ruang lainnya. Di bawah polycarbonate tersebut tidak terlalu panas, tetapi masih bisa membuat jemuran kering.

Keunggulan bahan polycarbonate ini adalah dalam hal daya tahannya. Atap yang satu ini tahan terhadap air dan rayap, sehingga bisa digunakan selama bertahun – tahun. Atap ruang jemuran dari polycarbonate juga memiliki harga relatif murah.

3. Atap uPVC

Atap uPVC juga dikenal cocok diaplikasikan pada ruang jemuran. Sifat atap dari atap ini adalah semi transparan, sehingga panas dari sinar matahari dapat disalurkan dengan baik ke pakain yang sedang dijemur di bawahnya.

Keunggulan dari atap ruang jemuran bahan uPVC sangat banyak, mulai dari anti bocor, fleksibel, serta tidak mudah pecah. Selain itu bobotnya juga relatif ringan sehingga struktur penyangganya tidak perlu dibuat sekuat struktur atap kaca.

Saat ini atap uPVC tersebut dihadirkan dalam banyak desain menarik. Jadi selain fungsinya sebagai penghambat air hujan, atap uPVC tersebut juga memiliki nilai estetik. Atap ini dapat membuat tampilan rumah jadi lebih elegan dan fungsinya tetap maksimal.

Tips Memasang Atap pada Ruang Jemuran

Ruang jemuran fungsinya semakin efektif jika penempatannya juga dilakukan dengan baik. ruang jemuran sebaiknya berada di bagian atap rumah atau dekat area terbuka, agar sirkulasi udaranya juga berlangsung dengan baik.

Walaupun atap ruang jemuran yang berkualitas dapat menyalurkan panas matahari, penting juga bagi ruang jemuran tersebut dialiri oleh udara yang segar. Jadi pakaian di ruangan tersebut semakin cepat kering, dan tidak meninggalkan bau apek.

Terutama jika ruang jemuran menyatu dengan ruangan lain, seperti ruang cuci atau tempat lainnya, penting untuk memastikan sirkulasi udaranya berjalan dengan baik.

Ruang jemuran harus bisa menyerap sinar matahari secara maksimal dan memiliki saluran udara yang mampu menyalurkan hawa panas tersebut. pemilihan atap ruang jemuran yang tepat akan membuat fungsi ruang jemuran semakin maksimal.

Tahukah Anda alasan kenapa atap uPVC SKYDECK adalah atap upvc terbaik ? Yuk simak video penjelasan mengenai atap uPVC SKYDECK berikut ini https://youtu.be/q5Q19XCk8as