Dalam proses mengembangkan bisnis di ranah Toko Bangunan, dimana kebutuhan bahan bangunan tidak lah seperti kebutuhan kita akan makanan, yang bisa repeat order berkali kali karena memang kebutuhan primer manusia adalah pangan. Belanja bahan bangunan pasti hanya sesekali, jika ingin membangun rumah dan merenovasi rumah. Walaupun memang papan (rumah) menjadi kebutuhan primer juga tapi jika sudah sekali bangun, pasti membutuhkan waktu lama lagi untuk merenovasi dan melakukan repeat order. Oleh sebab itu inovasi yang dibuat oleh Sinar Abadi Home Centre, Bogor merupakan inovasi yang sangat jitu dalam hal mendirikan Toko Bangunan. Seperti halnya GRAHAEXCEL yang menjual Toren Air yang tidak setiap hari seorang konsumen melakukan repeat order beli toren air kembali. Dari hasil wawancara yang tim GRAHAEXCEL lakukan dengan tim Sinar Abadi Home Centre menemukan bahwa pengumpulan stamps tersebut dapat meningkatkan repeat order drastis dalam hal Toren Air GRAHAEXCEL, pasti sobat EXCEL bingung bagaimana bisa jual toren air grahaexcel dengan collect stamps padahal toren air bukanlah merupakan kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan setiap saat. Mungkin Sobat EXCEL masih bingung Collect Stamps yang dimaksud seperti apa.

 

 Kartu Pengumpulan Cap | Sinar Abadi Home Centre Loyalty Program

 

Sinar Abadi menggunakan metode ini sebagai penarik / pemikat untuk Calon konsumen untuk datang dan datang lagi dan membeli produk yang ada di Sinar Abadi Home Centre. Berikut tips yang mereka utarakan saat tim GRAHAEXCEL wawancarai beberapa waktu lalu.

1. Buat Kartu Loyalty Khusus untuk Pembeli Toren Air GRAHAEXCEL

 Jika Toko Bangunan Anda jual toren air grahaexcel, maka coba lakukan cara ini sehingga memacarkan atau jual toren air excel lebih bisa ditingkatkan lagi. Strategi yang dilakukan sinar abadi home centre adalah. Collect Stamps atau kartu loyalty tersebut diberikan kepada pelanggan sinar abadi home centre yang sudah membeli toren air EXCEL, dengan pembelian selanjutnya dengan minimal pembelian 250.000 pada sinar abadi home centre bisa mendapatkan 1 stamp atau 1 cap.

Sehingga hal ini merangsang pembeli Toren Air EXCEL secara tidak langsung berfikir bahwa GRAHAEXCEL sangat perhatian, baru beli 1 Tangki sudah diberikan kartu loyalty untuk membeli produk yang bukan produk GRAHAEXCEL pula.

2. Target capaian pembelanjaan jangan terlalu besar

Jika Anda jual toren air GRAHAEXCEL maka tips nomor dua tersebut wajib dicoba , jika target pembelanjaan setelah mereka beli toren air sangat besar, maka tidak akan ada calon konsumen yang bersedia melanjutkan misi memenuhi ke 12 stamps tersebut. Karena jika tetap dipatok dengan minimal pembelanjaan lebih dari 250.000 misalnya, maka akan sangat memberatkan calon konsumen tersebut, karena harga toren air yang sudah mereka beli di awal, bukanlah merupakan harga toren air yang murah melainkan harga toren air yang wajar karena menampung kapasitas air yang cukup banyak dan bisa menjadi investasi jangka panjang untuk penampungan air di rumah dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan air bersih. Sehingga pada hakikatnya harga toren air grahaexcel sudah sangat wajar karena kapasitas dan kualitas yang dimiliki merupakan kualitas terbaik.

3. Beri Tenggat Waktu Lama

Jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL maka Anda juga wajib menelaah poin berikut ini, seperti yang sudah disampaikan di awal artikel ini bahwa kebutuhan akan alat atau bahan bangunan bukan merupakan kebutuhan yang sering sekali di order orang, dimana bahan atau alat bangunan merupakan kebutuhan musiman, sehingga logikanya akan sangat membutuhkan waktu lama untuk mereka mengumpulkan stamps atau cap tersebut. Rata- rata dalam pembuatan kartu loyalty biasanya minimal mematok 6 bulan dan paling lama 1 Tahun. Sinar Abadi Home Centre merupakan Toko Bangunan yang menerapkan periode 1 Tahun tersebut, alasannya adalah ingin membuat pembeli merasa aman dan tidak tergesa gesa sehingga bisa membedakan keinginan dan kebutuhan ditambah ingin membuat konsumen merasa nyaman karena tidak terlalu merasa teredesak dsb.

4. Hadirkan Hadiah yang Sesuai

Jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL maka benar benar harus memperhatikan hadiah yang akan diberikan ketika mereka sudah menyelesaikan misi 12 kali pembelian dengan 12 stamps yang disediakan dan diberikan. Sehingga jika memang Toko Bangunan Anda ingin memberikan next level untuk kartu loyaltynya misal yang tadinya min 250.000 pembelian kini naikan dengan min 350.000 dengan hadiah yang dijanjikan lebih besar jika. Kita ambil contoh, misal mereka sudah melakukan 12 transaksi X target capaian per transasksi 250.000, maka uang yang sudah mereka keluarkan adalah 3,000,000 maka hadiah yang diberikan adalah berupa sesuatu dengan harga lebih dari 3,000,000 . Sinar Abadi Home Centre memiliki strategi dengan memberikan hadiah Voucher Map senilai 1,000,000 3 lembar.

Hal yang perlu Sobat EXCEL perhatikan dari Sinar Abadi Homecentre adalah, bagaimana mereka membuat campaign tersebut dengan tidak hanya memikirkan harga toren air dan pola pikir “yang penting masih ada order” tanpa memikirkan bagaimana agar konsumen tetap repeat order melakukan pembelian lagi - lagi dan lagi. Bagi Anda yang Jual Toren Air EXCEL, coba berusaha atur strategi seperti ini, agar konsumen menjadi loyal, tidak usah terlalu membicarakan dan bersaing mencari harga toren air yang murah, melainkan tetap set harga toren air selayaknya dengan melakukan strategi membeli brand lain setelah pembelian toren air masih akan mendapatkan stamp. Jadi akan sendirinya, Jika Anda jual Toren Air EXCEL, konsumen akan berdatangan dan berkunjung ke Toko Bangunan Anda karena sudah loyal, nantinya walaupun anda menaikkan harga toren air grahaexcel sedikit, pasti konsumen tetap akan datang ke Toko Bangunan Anda untuk tetap membeli toren air grahaexcel, atau produk bahan bangunan lainnya. Karena mereka sudah loyal dan menjadi pelanggan setia. Karena sudah banyak reward yang Toko Bangunanmu berikan kepada para konsumen.

Dalam mengumpulkan collect stamps, pasti konsumen ingin mengetahui keseluruhan harga Tangki Air EXCEL, dan biasanya konsumen akan semangat mengumpulkan collect stamps ketika harga Tangki Air bersahabat.

Untuk Sobat EXCEL yang ingin mengetahui range harga Tangki Air EXCEL berapa, yuk ketahui di video berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=Q4DrY88r2jk