Tahukah Anda jika ada beberapa orang yang tidak mengetahui bagaimana teknik pemotongan atap uPVC? Ya, ada beberapa tukang yang tidak benar dalam melakukannya karena prosesnya salah. Padahal, teknik pemotongan atap rumah uPVC itu mudah jika Anda tahu prosesnya.

Namun sebelum itu, Anda juga harus tahu apa itu atap uPVC. Bagi Anda yang belum tahu, uPVC adalah Unplasticized Polyvinyl Chrloride yang merupakan bahan kimia produk pembuatan atap. Bahan utama ini banyak digunakan di setiap konstruksi karena kuat dan tahan lama.

Atap uPVC pada dasarnya berbentuk gelombang dari satu sisi ke sisi lainnya. Atap ini biasanya langsung dipasang ke dalam kerangka dengan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya. Bahkan sekrupnya sendiri juga sudah terbentuk khusus untuk kebutuhan konstruksi.

Biasanya uPVC digunakan untuk atap perkantoran, perindustrian dan perumahan. Tentunya ada banyak kontraktor yang menggunakan atap ini sebagai kanopi atau atap teras. Pemotongan atap dilakukan untuk menyesuaikan kondisi kerangka dan bangunan di sekitarnya.

Kelebihan uPVC untuk Produk Utama Atap Rumah

Pada dasarnya teknik pemotongan atap uPVC tidak jauh berbeda dibandingkan dengan atap PVC. Karena secara keseluruhan kedua atap tersebut hampir memiliki sifat yang sama yaitu kuat dan tahan lama. Perbedaannya adalah uPVC lebih kuat dibandingkan PVC yang lentur.

Selain itu, uPVC juga lebih kuat ketika langsung terkena terik panas matahari di suhu ekstrem karena mengandung unsur chlorine di dalamnya. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya tidak mudah terbakar sehingga aliran listrik atau api sekalipun tidak mempan di atap uPVC.

Meski harganya murah, Anda tetap bisa merasakan banyak manfaat setelah menggunakannya. Dijamin, kualitas uPVC sangat unggul dan dapat memberikan banyak keuntungan. Ketahanannya juga sudah terjamin setelah banyak klien yang menggunakannya.

Dengan begitu, atap rumah bisa lebih aman dan bertahan lebih lama lagi. Untuk instalasi dan pemotongan, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini. Mulai dari persiapan yang perlu dilakukan sampai teknik pemotongannya, Anda harus memperhatikannya dengan baik.

Teknik Pemotongan Atap uPVC dengan Mudah

Sebelum melakukan pemotongan, Anda sebaiknya persiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Alat yang digunakan untuk memotong uPVC sudah biasa Anda temukan di saat melakukan konstruksi. Berikut ini alat yang akan Anda gunakan untuk memotong atap uPVC.

  1. Mesin potong Gerinda dengan Roda Kecil
  2. Meteran
  3. Spidol
  4. Atap uPVC untuk Menggaris

Keempat alat tersebut harus dipersiapkan jika Anda adalah pemula. Biasanya tukang ahli sudah memiliki pengalaman dalam hal teknik pemotongan atap uPVC atau PVC. Lanjut ke langkah pemotongan Anda bisa mengikuti urutan yang kami berikan berikut ini.

  1. Tentukan letak atap uPVC dan pemotongan digunakan untuk apa. Pemotongan bisa Anda lakukan untuk memotong sisi kecil pengisi sudut atau memotong untuk menyamaratakan sisi bagian atap.
  2. Setelah menentukan sudut yang akan dipotong, garis atap uPVC tersebut menggunakan spidol dan meteran. Kami sarankan Anda garis di sisi bagian bawah agar tinta spidol tidak mengotori atap ketika terkena cairan atau air hujan nantinya.
  3. Setelah menggaris, lanjut potong dengan menggunakan gerinda dan atap uPVC lainnya supaya dapat berbentuk lurus. Alasan penggunaan atap uPVC adalah karena bentuknya juga bergelombang dan bisa disesuaikan dengan garis pemotongan Anda.

Tiga langkah di atas adalah teknik pemotongan yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda potong atap dengan menggunakan gerinda mesin karena strukturnya sangat keras dan bergelombang. Anda juga bisa melihat proses seluruhnya dengan menonton di link https://youtu.be/WhZPHAsn0gU

Di dalam video sudah dijelaskan secara keseluruhan bagaimana teknik pemotongan yang benar. Penjelasan di atas merupakan inti dari pembahasan yang ada di dalam video. Pastikan Anda memahami teknik pemotongan atap uPVC dengan seksama agar hasilnya memuaskan.

Graha Excel merupakan produsen yang jual atap uPVC Excel untuk berbagai macam kebutuhan seperti rumah, gudang, dan bangunan lainnya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.