Hai Sobat EXCEL,

Salah satu masalah yang sering dialami saat berada di dalam ruangan adalah penghawaan yang tidak sesuai dengan keinginan anda. Berada di ruangan yang panas membuat kita tidak dapat konsentrasi dengan baik saat melakukan aktivitas. Suhu udara yang meningkat bisa membuat tubuh terasa gerah, berkeringat dan tidak nyaman. Beberapa dari anda mungkin berpikir masalah tersebut cukup diatasi dengan menambah penghawaan buatan, seperti penggunaan AC pada ruangan.

Namun tahukah anda bahwa ruangan idealnya memiliki penghawaan alami. Ini merupakan elemen penting yang perlu dipersiapkan dengan benar agar anda memperoleh kenyamanan dalam beraktivitas tanpa penggunaan energi buatan yang berlebih.

Mau tau solusi membuat ruangan terasa dingin tanpa AC salah satunya dengan menggunakan atap uPVC? Yuk simak artikel ini ya sob!

1.     Penggunaan tirai pada jendela

https://id.pinterest.com/pin/217650594482115744/

Udara panas yang dirasakan di dalam ruangan berasal dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Untuk mengurangi panas tersebut, anda dapat menyiasati dengan menutup tirai atau gorden untuk menghindari sinar matahari masuk. Jika masih terasa panas, anda bisa menggunakan tirai berwarna gelap pada rumah anda karena sifatnya yang dapat menyerap panas.

 2.     Warna cerah pada dinding

https://id.pinterest.com/pin/75646468730882997/

Cara membuat ruangan lebih sejuk tanpa ac lainnya adalah dengan menggunakan cat warna yang cerah. Warna cerah pada ruangan akan membawa efek yang lebih sejuk. Kamu bisa memilih warna cerah seperti putih yang dapat memantulkan panas. Berbeda dengan warna gelap, warna-warna cerah akan memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan tidak terasa begitu panas.

3.     Atur ketinggian langit-langit

https://id.pinterest.com/pin/441986150936679351/

Umumnya plafon rumah memiliki ketinggian 2,5 meter – 3 meter dari lantai. Semakin tinggi jarak lantai dengan langit-langit atau plafon akan membuat ruangan semakin sejuk. Seperti atap, plafon yang tinggi akan memperlambat masuknya panas ke dalam ruangan dan memberikan ruang untuk sirkulasi udara lebih baik. Namun jarak yang terlalu rendah antara plafon dan lantai akan membuat ruangan terasa pengap dan suhu lebih panas.

4.     Hindari penggunaan lampu dan alat elektronik berlebihan

https://id.pinterest.com/pin/698832067167235653/

 Penggunaan lampu dan alat elektronik akan menghasilkan panas saat beroperasi, sehingga menggunakan terlalu banyak lampi dan alat elektornik akan meningkatkan suhu di dalam ruangan. Cara paling mudah untuk mengurangi suhu panas pada ruangan anda adalah dengan mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak digunakan.

5.     Aplikasikan vertical garden

https://id.pinterest.com/pin/698832067167235653/

 Vertical garden merupakan tanaman yang dirangkai dan ditanam diatas media tanam yang kemudian diletakan secara vertical pada dinding. Memiliki ruang terbuka hijau atau vertical garden akan mereduksi intensitas panas yang masuk ke dalam rumah secara signifikan. Tanaman hijau akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen dan membantu meningkatkan kualitas udara yang masuk ke dalam rumah, sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk.

6.     Gunakan atap uPVC EXCELTech, atap peredam panas

https://www.instagram.com/p/B3YrnC3HMB8/

 Agar ruangan anda lebih efektif terasa sejuk, gunakan jenis atap yang tepat pada bangunan anda. Gunakanlah atap uPVC EXCELTech dari Grahaexcel yang merupakan atap uPVC yang dapat mengurangi panas secara signifikan dan sebagai solusi praktis untuk masalah korosi pada ruangan seperti gudang, pabrik dan hunian anda.

Atap uPVC EXCELTech dilengkapi dengan UV Protection dan additive yang mampu menjaga ketahanan atapnya terhadap sinar UV dan bahan kimia sehingga tahan di cuaca extreme di Indonesia. Dengan lapisan ASA menjadikan atap UPVC EXCELTech lebih kuat, tahan korosi, anti bocor dan lebih dingin.

Bagaimana sob sudah ada bayangan bagaimana membuat ruangan terasa lebih sejuk?

Tonton video berikut tentang

https://www.youtube.com/watch?v=qKfW_miTqLs