Di zaman sekarang, memang beriklan dianggap alat yang paling penting untuk melakukan kegiatan bisnis agar merk / toko semakin dikenal. Untuk Toko Bangunan, melakukan iklan besar - besaran bukan merupakan keharusan. Mari Sobat EXCEL berfikir cerdas dalam mengelola keuangan. Salah satunya tanpa menggunakan iklan adalah dengan menggunakan metode Theory Visual Marketing untuk meminimalisir keuangan yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan iklan.

Theory Visual Marketing, merupakan salah satu theory yang hadir dari 5 Sense of Marketing dimana di dalamnya menggunakan 5 panca indra untuk mempromosikan produk dan menstimulus calon pembeli agar mengetahui merk atau nama Toko Bangunan terlebih dahulu, barulah membeli produk yang ada di Toko Bangunan tersebut karena sudah mendapatkan rangsangan atau exposure yang pada akhirnya menimbulkan suatu aksi. Mari simak beberapa tips yang merangsang vosial para calon pembeli untuk mengetahui nama Toko Bangunan dan melakukan aksi beli dalam Toko Bangunan tersebut. 

1. Papan Plang Nama Toko
Pembuatan plang Toko Bangunan bisa ajukan dengan sales brand yang sudah menaruh produknya di Toko Anda. Coba buatkan pengajuannya terlebih dahulu. Jika Sobat EXCEL di Toko Bangunannya Jual Toren Air EXCEL, maka coba bicarakan dengan sales yang menaruh produk di Toko Bangunan Anda. Kemudian minta form pengajuan untuk dibuatkan Papan Plang Nama Toko.

Hal yang perlu Sobat EXCEL perhatikan adalah, Papan Plang Nama Toko berbeda dengan Plang papan reklame ya. Biaya pajak peletakkan Papan Plang nama Toko tersebut tidaklah semahal Papan Reklame yang ada di jalan raya atau jalan protokol ibu kota.

Mengapa harus menerapkan sistem meminta support dengan brand yang sudah di jual di dalamnya? Karena pada hakikatnya dengan papan plang nama Toko tersebut, maka brand tersebut sudah mengiklankan brand nya, dan nama Toko Bangunan tersebut pun diketahui oleh masyarakat sekitar. Berikut contoh papan reklame salah satu Toko Bangunan yang kita dukung:


Dokumentasi PD. Citrasakti | Lampung, Indonesia

Dengan memasang Papan Plang nama Toko, Plang nama toko itu sendiri bisa diposisikan juga untuk memberikan pengetahuan kepada Calon Pembeli yang ingin membeli Toren Air. Kasus di sini adalah PD Citrasakti yang Jual Toren Air GRAHAEXCEL. Dengan melihat papan plang nama ini, calon pembeli bisa tahu PD Citrasakti Jual Toren Air jenis apa saja sih? Jika digambar papan plang nama toko sudah ada gambar 3 toren air dengan jenis Blow, Roto, dan Stainless. Maka calon pembeli akan mudah memahami, "Oh... ternyata Citra Sakti jual Toren Air Stainless Steel GRAHAEXCEL dan toren air lainnya ya."


Pemasangan papan plang nama toko ini, akan secara langsung merangsang indra penglihatan. Dengan ini, visual marketing sudah berjalan di masyarakat sekitar. Yang awalnya hanya lewat, langsung terpapar dan teredukasi bahwa Citrasakti Jual Toren Air GRAHAEXCEL dalam tiga jenis varian Toren Air yang dimiliki oleh GRAHAEXCEL.

2. Running Text Digital
Jika Sobat EXCEL sering mengunjungi Counter Handphone atau Counter Pulsa, maka Sobat EXCEL pasti tahu Running Text Digital warna warni yang di tempatkan di depan Counter Handphone atau Counter Pulsa tersebut yang informasi berjalannya berisi tentang harga pulsa per provider yang dijual di Counter Handphone atau Counter Pulsa tersebut. Bahkan tidak jarang ditemui, bahwa Toko yang menjual pulsa dan menjual perangkat hp sekaligus, biasanya menggunakan Running Text Digital selain untuk menampilkan harga pulsa per provider, kini dimanfaatkan juga untuk menaruh informasi mengenai harga gadget dan perangkat yang Counter Handphone atau Counter Pulsa itu jual. Sobat EXCEL pasti penasaran bagaimana bentuk Running text digital yang dimaksud kan? Berikut gambarnya


Running Text Digital | Penempatan di Sebuah Masjid

Jika diaplikasikan dalam menjual Toren Air GRAHAEXCEL maka penggunaan running text digunakan untuk memberitahu Harga Toren Air sesuai jenis secara bergantian. Misalnya, Harga Toren Air Blow 500 L yang disusun sesuai urutan Harga Toren Air Blow mulai dari 500L - 2.000L. Barulah di spasi selanjutnya Harga Toren Air Roto 500L - 22.500L , dan selanjutnya Harga Toren Air Stainless Steel tanpa kaki dari ukuran 600L - 5.000L dan yang terakhir Harga Toren Air Stainless Steel pakai kaki dari ukuran 660L - 3.200L.

Dengan penggunaan sebuah text berjalan dengan warna yang mencolok, maka akan mudah memikat perhatian orang yang melintas ataupun calon pembeli yang sudah sampai di Toko. Para karyawan yang bekerja di Toko Bangunan tersebut pun tidak perlu capek untuk menghafal harga dan membuka buku pricelist. Pengunjung dan calon pembeli hanya dengan melihat Running Text tersebut sudah tau Harga Toren Air GRAHAEXCEL dengan berbagai jenis yang dijual di Toko Bangunan tersebut.

3. Baloon Sky Dancer
Jika Sobat EXCEL mengetahui bahwa kaum tionghoa atau warga negara china memiliki Lucky Cat yang merupakan kucing emas dengan tangan yang selalu melambai yang di tempatkan di depan Toko Bangunan atau di meja kasir. Intinya lucky cat ini ditaruh di bagian yang strategis dan terlihat sehingga membuat pengunjung merasa terpanggil dan datang ke Toko Bangunan tersebut. Mungkin Sobat EXCEL masih bingung dan bertanya - tanya bagaimana bentuk Lucky Cat tersebut.



Golden Lucky Cat Pembawa Keberuntungan dan Rejeki | Kepercayaan Kaum Tionghoa

Jika Golden Lucky Cat berukuran kecil maka jika Sobat EXCEL sering melihat di Counter Pulsa atau Counter Handphone ada boneka balon yang bergerak dan membuat siapapun yang melintas melihatnya sampai memiringkan kepala sembari melalui jalan tersebut. Tahukah Sobat EXCEL bahwa boneka balon tersebut memiliki sebutan Baloon Sky Dancer dimana baloon tersebut pertama diciptakan untuk pembukaan acara olimpiade Atlanta 1996 oleh seorang bernama Peter Minshall yang berasal dari Trinidad & Tobago yakni negara kepulauan yang terletak di karibia bagian selatan. Dimana metode tersebut merangsang calon konsumen dengan Visual Theory. Baloon Sky Dancer diyakini bisa memikat pengunjung untuk berhenti dan melihat sampai akhirnya mengunjungi toko. Berikut merupakan contoh gambar Baloon Sky Dancer


Baloon Sky Dancer | Digerakaan menggunakan udara yang dialirkan ke seluruh bada baloon

Jika Toko Bangunan tersebut jual toren air GRAHAEXCEL, maka ajukan kerjasama untuk pengadaan maskot GRAHAEXCEL yang bisa dibuatkan sebagai Baloon Sky Dancer. GRAHAEXCEL sudah menyiapkan 2 maskot. Silahkan komunikasikan dan ajukan kerjasama pembagian biaya pengadaannya seperti apa. Visual Theory of Marketing ini bisa menjadikan Toko Bangunan anda memiliki ciri khas tersendiri dan membuat orang atau calon pembeli ingin mampir. Coba gunakan sistem tersebut di dalam Toko Bangunan Anda, boleh memasang keseluruhan jenisnya, atau mau fokus di satu jenis tapi dibuat mencolok. Selamat mencoba ya Sob! Semoga kegiatan usahamu lebih maju dan lebih memiliki progress di kemudian hari. Tetap Semangat ya Sob!

Selain visual marketing, elemen produk yang menjadi fokus utama tak kalah penting untuk dijadikan pusat perhatian, oleh sebab itu yuk kenali produk tangki air EXCEL : https://www.youtube.com/watch?v=cIlhptKyz1A