Sejak dulu material kaca sudah sering digunakan sebagai salah satu komponen pelengkap pada bangunan baik itu rumah hunian atau bangunan publik. Kaca merupakan material yang sering dipakai pada hunian sebagai material yang bening.

Aplikasi kaca pada bangunan yang paling sering dilakukan adalah elemen jendela dan pintu, kara mirror yang diletakan dalam ruang atau interior, partisi seperti dinding dan lain-lain.

Dinding kaca memberikan efek serupa cermin. Fungsinya bukan untuk memantulkan bayangan ruang, namun lebih pada meniadakan batas antar ruang. Kaca-kaca transparan berukuran besar dapat membawa nature flow ke dalam ruang. Dengan dinding transparan, batas antara ruang luar dan dalam seolah hilang.

Jika anda mencari material seperti kaca yang lebih murah, lebih ringan, dan lebih kuat maka solusinya adalah penggunaan PET (Polyethylene Terephthalte). Pilihan material transparan atau bening memang sangat terbatas dan didominasi oleh kaca namun PET sanggup menggantikan penggunaan bahan kaca pada hunian.

Polyethylene Terephthalate (PET)

Polyethylene terephthalate atau yang disingkat PET adalah suatu resin polimer plastik termoplast dari kelompok polyester yang dibuat oleh industry kimia.

Polyethylene terephthalate mempunyai ketahanan tinggi terhadap pelarut kimia, asam dan basa. Pengaplikasian PET yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kotak bekal dan wadah makanan lainnya.

Grahaexcel memproduksi atap gelombang EXCEL B yang dibuat dari 100% bahan PET asli tanpa campuran. EXCEL B dilengkapi dengan UV Protection yang membuat bahan plastiknya tidak akan meleleh walau terkena sinar matahari langsung. Sehingga menjadikan atap gelombang PET EXCEL B lebih lentur, kuat, tidak mudah pecah dan getas, tahan lama, dan warna tidak mudah pudar. EXCEL B memiliki warna clear sebening kaca dengan 2 (dua) varian ketebalan yaitu 0,6mm dan 0,8mm.

Atap gelombang PET EXCEL B sudah mulai banyak digunakan sebagai pengganti kaca pada bangunan karena memiliki warna sebening kaca, lebih ringan, kuat dan bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Pengaplikasian EXCEL B Pada Bangunan

1. Atap penerangan semi outdoor.



Dengan menggunakan atap transparan EXCEL B anda bisa membuat ruang tamu yang biasanya berada dalam rumah, kini memindahkannya ke luar rumah untuk lebih menyatu dengan alam dan mendapatkan sirkulasi udara yang sempurna.

2. Cladding pada bangunan



Tidak hanya sebagai atap namun EXCEL B juga dapat digunakan untuk cladding karena memiliki sifat resilient dan mampu membuat pencahayaan ruangan menjadi lebih maksimal dengan mengutamakan sifat pemantulan cahaya. Sehingga walau cahaya matahari masuk tetapi ruangan tidak akan terlalu panas.

3. Partisi di era new normal



Tidak hanya sebagai atap dan cladding, di era new normal saat ini banyak tempat-tempat yang sudah menerapkan partisi sebagai pembatas. Salah satu contohnya penggunaan EXCEL B sebagai partisi pembatas di tempat gym/fitness.

Berikut keuntungan menggunakan atap gelombang PET EXCEL B :

1. Tahan lama dan tidak mudah pecah

Salah satu sifat PET adalah daya tahan yang tinggi. Tidak seperti kaca, atap gelombang PET tahan terhadap beragai macam benturan.

2. Difusi cahaya

Memiliki sifat resilient dan mampu membuat pencahayaan ruangan menjadi lebih maksimal dengan mengutamakan sifat pemantulan cahaya. Sehingga walau cahaya matahari masuk tetapi ruangan tidak akan terlalu panas.

3. Instalasi lebih cepat

Dengan bobot yang ringan, lentur dan fleksibel, instalasi atap gelombang PET EXCEL B menjadi lebih mudah dan cepat tanpa harus menggunakan jasa instalator

4. Harga terjangkau

Dengan varian ketebalan yang dimiliki dan harga per meternya yang terjangkau sehingga penggunaan EXCEL B semakin popular di masyarakat.

5. Modifikasi bangunan

Dengan karakternya yang lentur namun tetap kuat membuat anda lebih bisa leluasa memodifikasi ruangan sesuai kebutuhan.

Nah bagaimana sob tertarik menggunakan atap gelombang transparan sebagai pengganti kaca pada hunian anda? Lihat berbagai macam atap / lembar bening PET dari Grahaexcel.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai atap gelombang EXCEL B dari Grahaexcel, silahkan klik link video di bawah ini: