Hai sobat EXCEL,

Greenhouse atau rumah hijau merupakan sebuah bangunan khusus yang berguna sebagai area bertanam yang dapat membantu proses pertumbuhan tanaman berjalan lebih optimal. Greenhouse pada umumnya melindungi tanaman dari cuaca tidak menentu, kandungan jahat pada udara dan gangguan eksternal lainnya. Sehingga tidak hanya proses pembudidayaan saja tapi juga dari pembibitan dan penyimpanan jenis tanaman itu sendiri.

Anda yang memiliki hobi bercocok tanam dirumah tentu sangat peduli akan kondisi serta kesehatan tanaman, misalnya dengan memberi pupuk terbaik hingga mengeluarkan biaya lebih untuk membuat greenhouse.

Akhir-akhir ini penggunaan atap gelombang polyethylene terephthalate [PET] sudah semakin populer mengalahkan penggunan material kaca sebagai bahan utama pada greenhouse.

Greenhouse Atap Gelombang PET

Bahan dasar utama dari pembuatan greenhouse adalah kaca dan plastik tebal. Bagian dalam greenhouse juga dilengkapi dengan alat yang berfungsi mengatur temperature dan kelembaban udara, serta distribusi air dan pupuk.

Manfaat dari greenhouse atau bangunan rumah hijau adalah untuk melindungi tanaman dari dingin atau panas berlebih dan hama yang tidak diinginkan. Rumah hijau memungkinkan untuk menumbuhkan jenis tanaman tertentu sepanjang tahun. Berbagai jenis buah-buahan, tanaman tembakau, sayuran, dan bunga adalah tanaman yang paling sering ditumbuhkan oleh greenhouse.

Namun kini penggunaan kaca sebagai material utama pada greenhouse sudah mulai tergantikan dengan atap gelombang PET. Dengan harga yang lebih murah dan ringan, penggunaan atap gelombang PET menjadi inovasi pada rumah hijau. Tidak hanya itu menggunakan atap gelombang PET juga dapat membuat tanaman tetap tumbuh subur dan sehat.

EXCEL B Atap Gelombang PET

Polyethylene terephthalate atau yang disingkat PET adalah suatu resin polimer plastik termoplast dari kelompok polyester yang dibuat oleh industry kimia.

Polyethylene terephthalate mempunyai ketahanan tinggi terhadap pelarut kimia, asam dan basa. Pengaplikasian PET yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kotak bekal

Atap gelombang Polyethylene terephthalate EXCEL B dari Grahaexcel terbuat dari bijih Polyethylene terephthalate murni yang berkualitas dan dilengkapi dengan lapisan UV Protection untuk mengontrol radiasi sinar ultra violet yang membuat bahan PET tidak akan meleleh walau terkena sinar matahari, menjadi tahan lama dan warna tidak mudah pudar.

Dengan menggunakan atap gelombang EXCEL B pada media tanam, air dan sinar matahari dapat lebih terkontrol. Tanaman tetap dapat menyerap 100% sinar matahari dan banyaknya air hujan yang diperlukan tanaman dapat dikontrol dengan cara membuka atau menutup atap.

Keuntungan

Berikut keuntungan menggunakan atap gelombang PET EXCEL B pada greenhouse :

1.     Tahan lama dan tidak mudah pecah

Salah satu sifat PET adalah daya tahan yang tinggi. Tidak seperti kaca, atap gelombang PET tahan terhadap beragai macam benturan. Penggunaan material kaca memiliki resiko tinggi karena mudah pecah yang dapat melukai anda.

2.     Difusi cahaya dan lapisan UV

Penyebaran cahaya pada greenhouse akan lebih baik jika menggunakan atap gelombang PET. Dengan begitu setiap tanaman akan mendapatkan kadar sinar matahari yang sama. EXCEL B juga dilapisi dengan UV Protection untuk mengontrol radiasi sinar UV sehingga akan melindungi tanaman dari bahaya radiasi ultraviolet yang berlebihan.

3.     Instalasi lebih cepat

Dengan bobot yang ringan, lentur dan fleksibel, instalasi atap gelombang PET EXCEL B menjadi lebih mudah dan cepat. Membangun greenhouse menggunakan EXCEL B dapat dilakukan tanpa jasa kontraktor.

4.     Harga terjangkau

Dengan harga yang lebih murah penggunaan atap gelombang EXCEL B membangun greenhouse kini lebih terjaungkau ketimbang menggunakan kaca.

5.     Modifikasi rangka

Umumnya atap gelombang PET EXCEL B pada greenhouse menggunakan rangka dari kayu yang akan memberikan kesempatan anda untuk memiliki desain kerangka sesuai dengan keinginan anda karna tidak sulit untuk dimodifikasi.

Sobat EXCEL juga bisa menonton video berikut untuk mengetahui lebih rinci tentang atap gelombang PET EXCEL B dari Grahaexcel.

https://www.youtube.com/watch?v=p3i3y4xFqv8