Setiap orang perlu memahami cara menghemat air secara benar, khususnya bagi yang tinggal di area perkotaan. Persediaan air bersih semakin menipis setiap saat, bahkan semakin banyak daerah yang dilanda kekeringan.

Hal ini tidak lain, akibat perilaku manusia yang kurang peduli dalam menjaga lingkungan. Pemanasan global yang terus berlanjut, membuat banyak sumber mata air hilang. Jika perilaku pemborosan air bersih terus dilakukan, semua orang akan merasakan dampaknya.

Cara Menghemat Air Bersih Secara Benar dan Bijak

Untuk memastikan kebutuhan akan air bersih tetap terpenuhi, maka Anda perlu berhemat mulai sekarang. Langkah – langkah sederhana yang dilakukan, jika diterapkan oleh banyak orang, pasti membuat persediaan air bersih akan terjaga. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menghemat air bersih.

1. Memakai Air Seperlunya

Kebutuhan air setiap orang tentu berbeda – beda. Untuk itu, penting mencermati untuk keperluan apa saja air tersebut dibutuhkan. Misalnya jika Anda menggunakan air untuk memasak, maka sediakan air bersih secukupnya.

Selain itu, jika keperluan air bersih tersebut untuk keperluan mandi atau menggosok gigi perlu juga menerapkan batasan jumlah air yang dikonsumsi tersebut. Cara menghemat air ini tentu bisa diterapkan dengan mudah, jika Anda mulai meniatkannya.

2. Menggunakan Air Bekas untuk Menyiram Tanaman

Pemborosan air sering sekali dilakukan secara tidak sadar. Hal ini karena banyak orang kota tidak merasakan betapa sulitnya mengakses air bersih. Dalam hal menyiram tanaman, misalnya, masih banyak orang yang menggunakan air bersih untuk menyiram tanaman.

Padahal, untuk menyiram tanaman, tidak ada salahnya menggunakan air bekas. Air bekas cucian beras misalnya, justru memberikan banyak nutrisi bagi tanaman. Menggunakan air bekas secara efektif, merupakan salah satu cara menghemat air yang bisa Anda terapkan.

3. Memastikan Tidak Ada Keran yang Bocor

Pemborosan air juga bisa diakibatkan oleh sikap abai terhadap kebocoran pipa atau keran. Keran yang bocor atau sudah longgar, bisa membuat banyak air bersih terbuang sia – sia. Walaupun bocornya tampak kecil, tetapi ketika dibiarkan selama berjam – jam, air yang terbuang semakin banyak.

Cara menghemat air paling benar adalah dengan memastikan tidak ada kebocoran pada pipa atau keran di rumah. Jika Anda keran yang longgar, lebih baik langsung diperbaiki. Langkah sederhana ini dapat menghemat banyak air bersih secara efektif.

4. Menggunakan Filter Air Tekanan Rendah

Memilih filter air juga perlu diterapkan secara bijak karena filter air tersebut dapat mengurangi jumlah konsumsi air sehari – hari. Misalnya, memilih filter air dengan tekanan rendah lebih efektif dalam mencegah pemborosan air bersih.

Ketika aliran air tersebut rendah, maka penggunaannya semakin hemat. Cara menghemat air ini perlu dijadikan sebagai kebiasaan, sehingga kedepannya persediaan air bersih semakin melimpah, dan kehidupan banyak orang bisa diselamatkan.

Pentingnya Stok Air Bersih Untuk Kelangsungan Hidup

Indonesia memang dikenal sebagai daerah tropis yang menyimpan banyak sumber mata air. Hanya saja, persediaan akan air bersih tersebut terus menipis akibat eksploitasi alam yang dilakukan secara berlebih. Sudah banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan hingga tingkat ekstrim.

Masih banyak juga daerah pedalam yang sulit mendapatkan air bersih. Anda yang tinggal di daerah perkotaan, atau yang memiliki persediaan air bersih melimpah perlu memahami cara untuk menghemat air bersih tersebut.

Langkah – langkah penghematan yang Anda lakukan, tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga menyelamatkan kehidupan. Kebiasaan agar tidak boros dalam pemakaian air perlu dibiasakan sejak sekarang. Dengan menerapkan cara menghemat air secara benar, kehidupan bisa diselamatkan.

Setelah hemat air, Sobat EXCEL juga bisa hemat listrik dengan menyimpan cadangan air pada tangki. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Tangki Air EXCEL, cek video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=xg-fgYN0aqI