Atap uPVC, sering disebut juga sebagai kanopi uPVC, adalah jenis atap yang saat ini banyak digunakan. Atap uPVC terbuat dari bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Material yang digunakan untuk uPVC disebut sebagai salah satu bahan yang sangat kuat dan juga tahan lama dan juga dapat diproduksi dalam berbagai macam warna. Selain itu atap uPVC banyak digunakan karena sangat kuat menghadapi korosi dan panas matahari yang menyengat.

Cara Memasang Atap UPVC yang Baik dan Benar

cara pemasagan atap upvc

Sumber : https://pixabay.com/

Untuk memasang atap uPVC sebenarnya sangatlah mudah karena atap uPVC memiliki Anti Leakage Coupling System. Fitur tersebut membuat pemasangan atap uPVC menjadi lebih mudah dan mampu mencegah terjadinya kebocoran. Namun Anda tetap harus memperhatikan petunjuk dan proses tahapan cara memasang yang baik dan benar.

Perihal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Atap UPVC

Sebelum memasang atap uPVC Anda perlu memperhatikan beberapa komponen yang akan Anda butuhkan, yaitu lembaran atap uPVC dan aksesori penunjang seperti sekrup, weather seal, dan nok/bumbungan/wuwungan. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan Ukuran Atap uPVC yang Anda gunakan.

Dan Anda juga membutuhkan beberapa peralatan. Anda akan membutuhkan mesin pemotong (gerinda) untuk memotong lembaran atap uPVC. Selain itu Anda juga akan membutuhkan peralatan pertukangan yang standar seperti meteran, bor, obeng, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Atap UPVC

Untuk memasang atap uPVC sesuai dengan instruksi atau rekomendasi pabrik, Anda harus menggunakan sekrup khusus atap uPVC weather seal. Weather seal ini memiliki kepada dan karet pelindung, dengan diameter lubang sekrup yang lebih besar dari diameter sekrup sekitar 3 mm untuk ruang pemuaian.

Perhatikan Kemiringan Atap

Untuk memasang atap uPVC, Anda juga perlu memperhatikan kemiringan atap. Sebaiknya kemiringan atap dibuat dengan sudut kemiringan minimum 10 derajat untuk memastikan air hujan dapat mengalir dengan baik.

Informasi lebih lengkap mengenai cara memasang atap uPVC dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Cara Pasang Atap UPVC yang Baik dan Benar.

Cara Memasang Atap UPVC di Coffee Shop Menggunakan Konsep Clean Look

atap upvc untuk coffe shop

Sumber : https://pixabay.com/


Saat ini sudah semakin banyak bisnis coffee shop yang bermunculan. Sebuah coffee shop yang menyajikan desain arsitektur menarik akan semakin banyak dikunjungi pelanggan untuk berkunjung, baik untuk sekedar melepas penat, maupun berkumpul dengan keluarga, kerabat, dan sahabat.

Beberapa coffee shop dengan desain arsitektur yang menarik, biasanya menggunakan atap uPVC untuk semakin melengkapi kecantikan dan keunikan bangunannya. Simaklah penjelasan di bawah ini mengenai beberapa inspirasi penggunaan atap uPVC untuk sebuah coffee shop berikut ini:

Penampilan Clean Look yang Minimalis

Desain minimalis merupakan desain yang menghapus bagian-bagian yang tidak perlu sehingga hanya meninggalkan elemen-elemen yang penting saja. Beberapa arsitektur akan menciptakan konsep kesederhanaan dengan menggunakan banyak elemen putih, pencahayaan yang terkesan dingin, ruangan yang kosong dengan minimnya furniture, dan objek yang akan membuat ruangan terlihat besar dan elegan.

Desain minimalis coffee shop yang menggunakan tampilan clean look, identik dengan segala sesuatu yang simple, fungsional, tertata rapi, bersih, dan juga nyaman.

Perhatikan Tips Membuat Desain Minimalis Clean Look Berikut Ini!

Inilah beberapa tips untuk membuat desain minimalis clean look untuk sebuah coffee shop:

  • Mengutamakan fungsi

  • Mengutamakan kualitas

  • Membuatnya ringkas dan bersih

Penjelasan lengkap mengenai poin-poin tips di atas dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Cara Pasang Atap UPVC di Coffee Shop dengan Konsep Clean Look.

Inilah Cara Menentukan Sudut Kemiringan Kanopi Teras Rumah

sudut kemiringan atap upvc

Sumber : https://pixabay.com/


Indonesia merupakan sebuah negara tropis yang mengalami curah hujan berintensitas tinggi hampir setiap tahun. Oleh karena itu, air hujan yang turun melalui atap rumah perlu untuk dihalangi dengan struktur atap yang baik, terutama pada bagian teras rumah. Teras merupakan bagian yang penting untuk melindungi rumah Anda dari panas terik maupun curah hujan yang tinggi. Anda dapat memaksimalkan perlindungan rumah dengan penggunaan atap kanopi atau atap uPVC.

Atap uPVC berfungsi untuk memberikan perlindungan pada rumah atau bangunan terhadap cuaca, baik panas terik maupun hujan. Atap uPVC dapat memberikan perlindungan rumah dengan maksimal jika memiliki sudut kemiringan yang sesuai.

Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara menentukan sudut kemiringan atap uPVC yang sesuai untuk teras rumah berdasarkan jenis dan bahan material pembentuknya:

Atap Kanopi yang Menggunakan Bahan Gelombang atau Spandex

Bahan spandex adalah salah satu bahan yang terbuat dari aluminium atau seng yang sangat tipis. Bahan ini dapat digunakan untuk atap kanopi dengan daya tahan sampai sepuluh tahun. Namun, atap spandex ini memberikan kesan material yang tidak kokoh, terutama ketika permukaannya diinjak saat pemasangan.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat kemiringan berkisar antara 5 sampai 25 derajat untuk atap berbahan spandex ini. Karena semakin curam sudut atap yang dibentuk, akan semakin memudahkan atap berbahan spandex terhempas angin kencang.

Atap Kanopi yang Menggunakan Bahan Kaca

Atap kanopi yang menggunakan bahan material kaca pada umumnya banyak sekali digunakan di rumah, gedung-gedung perkantoran, sampai bangunan skylight. Jenis material berbahan kaca ini dapat meningkatkan nilai estetika bangunan dan pencahayaan dalam sebuah ruangan. Oleh karena itu, untuk membuat kanopi dengan bahan material kaca, dibutuhkan sudut kemiringan yang sangat landai, yaitu berkisar antara 2 sampai 90 derajat.

Meskipun material kanopi berbahan kaca ini dapat meningkatkan nilai estetika pada bangunan, atap kanopi jenis kaca ini memerlukan perawatan yang khusus dan teratur. Karena Indonesia ini adalah wilayah dengan tingkat kelembaban yang tinggi dan sering dilanda hujan dengan intensitas yang tinggi setiap tahunnya. Hal tersebut menyebabkan sisa-sisa genangan air hujan dan debu dapat membuat kaca kanopi menjadi lebih rawan berjamur dan membuatnya tidak terlihat indah lagi.

Atap Kanopi yang Menggunakan Bahan Polycarbonate

Atap kanopi yang menggunakan bahan polycarbonate mempunyai beragam keuntungan, diantaranya adalah atap terlihat lebih ringan tetapi tetap kokoh dan kuat. Pemasangan atap pun cukup cepat dan sederhana, dan memiliki kemampuan dan fleksibilitas dapat dipasang di mana saja.

Atap yang berbahan polycarbonate dapat membuat tampilan rumah atau bangunan menjadi terlihat lebih modern. Atap dengan bahan polycarbonate ini membutuhkan sudut kemiringan yang lebih landai dibanding atap gelombang, yaitu lebih dari 2 derajat atau 1,5% dari panjang bentang atap kanopi.

Anda dapat membaca informasi lebih lengkap mengenai penentuan sudut kemiringan pada atap kanopi yang dipasang pada teras rumah dalam artikel yang berjudul Cara Menentukan Sudut Kemiringan Atap Kanopi untuk Teras Rumah.

Anda dapat mengandalkan tukang yang ahli dalam memasang atap uPVC supaya Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. Semoga beberapa penjelasan di atas mengenai cara memasang atap uPVC dapat membantu Anda memahami cara memasang atap uPVC dengan baik.

Sobat EXCEL juga bisa melihat video cara pasang atap uPVC SKYDECK pada desain cafe & rumah industrial minimalis di link berikut:
Gambar Cara Memasang Atap UPVC 3
https://www.youtube.com/watch?v=JbNegCCix5A

Selamat mencoba!