Tahukah Anda jika ada banyak desain atap teras rumah baru di masa sekarang ini? Ya, mulai dari atap rumah bertemakan klasik hingga modern, semuanya akan cocok jika diimplementasikan ke dalam infrastruktur pembangunan atap teras.

Setiap desain memang memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Ada yang desain teras rumahnya dibuat menyesuaikan bangunan utama dan ada juga teras dengan atap berdiri sendiri. Biasanya atap teras rumah yang berdiri sendiri menggunakan kanopi.

Kanopi tersebut dibuat dengan variasi yang disesuaikan agar tampak mewah dan elegan. Namun, Anda juga bisa membuat desain sendiri dengan menyesuaikan konsep rumah yang akan diusung. Atap teras rumah bisa dibuat di halaman depan, balkon, samping atau belakang.

Bentuk Desain Atap Teras Rumah Masa Kini

Kreativitas memang tidak ada batasnya seperti di dalam seni arsitektur pembuatan atap teras rumah. Sekarang ini ada atap yang berbentuk datar, limas, sandar atau skilion dan atap berbentuk pelana. Keempat bentuk atap tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing.

Atap datar tentu memberikan kesan elegan dengan tampilan yang dibuat minimalis. Lalu ada juga atap berbentuk limas dengan desain yang hampir mirip seperti bentuk trapesium atau segitiga bersiku-siku. Kemiringan atap menjadi daya tarik yang ditampilkan dari desain ini.

Selain limas ada juga sandal dan pelana yang memberikan kesan elegan dari bentuk miringnya. Setiap bentuk atap tersebut bisa menginspirasi untuk menyempurnakan tampilan teras rumah. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada penjelasan singkat mengenai desain atap masa kini.

Beberapa Desain Atap Teras Rumah Terekomendasi

Menggunakan desain atap teras yang bagus akan menambah nuansa positif pada rumah Anda. Tampilan yang elegan, mewah dan segar juga bisa menambah nilai rumah di masa depan. Berikut beberapa desain atap yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan teras rumah.

1. Atap Teras Datar

Desain atap ini dibentuk dengan kemiringan yang cukup, namun tampak datar dari luarnya. Biasanya untuk menghindari tampungan air hujan, ada sisi atap yang disambungkan ke pipa. Desain atap ini cocok diimplementasikan di kanopi teras depan, belakang atau samping.

Biasanya arsitek memperhatikan sirkulasi udara dengan ruang yang ada di dalamnya. Selain itu, pilar penyangga juga menjadi acuan penting untuk membangun atap datar.

2. Atap Teras Berbentuk Limas

Penggunaan atap teras berbentuk limas lebih cocok untuk rumah klasik dengan atap rumah yang sama berbentuk limas. Kemiringan membentuk trapesium dan segitiga bersiku sehingga tampak 40⁰ jika dilihat dari jauh.

Atap berbentuk limas sangat cocok digunakan untuk wilayah tropis karena kemiringannya bisa melindungi Anda dari panas matahari. Selain itu, air hujan juga bisa mengalir dengan sudut yang miring dari atapnya.

3. Desain Atap Sandar/Skilion

Untuk desain atap teras rumah yang ketiga bisa menggunakan bentuk sandar atau skilion. Bentuk ini biasa diimplementasikan para rumah model kontemporer. Kelebihan dari atap ini adalah Anda bisa mengombinasikannya dengan atap berbentuk pelana.

Desain utama dari sandar adalah atap yang berbentuk miring dan menempel langsung ke atap vertikal. Desain seperti ini memberikan kesan elegan karena atap miring ke satu sisi yaitu ke arah samping.

4. Desain Atap Pelana

Desain atap terekomendasi yang terakhir adalah berbentuk pelana. Bidang miring dari atap pelana hampir menyerupai sandar. Perbedaan utamanya adalah atap ini memiliki satu garis lurus di tengah sebagai pembatas dari dua belah sisi yang miring.

Jadi, bentuk utamanya akan miring ke kanan dan ke kiri sehingga tampilannya seperti model kontemporer modern pada umumnya. Implementasi atap ini sangat cocok digunakan pada teras rumah bagian samping karena bidang miringnya hanya menghadap dua sisi saja.

Keempat bentuk atap tersebut adalah desain yang sedang populer di masa sekarang ini. Atap berbentuk lebih modern dan elegan dengan tampilan yang unik. Dengan keempat contoh desain atap teras rumah tersebut, Anda bisa mengambil salah satu sebagai inspirasi dasar.

Setelah Sobat Excel mengetahui desain atap teras rumah, Sobat Excel bisa lanjut menonton video berikut ini https://youtu.be/bBptW8jObVo Dapatkan atap rumah uPVC anti panas dari Graha Excel, kualitas terjamin dengan harga terjangkau. Segera hubungi kami untuk pemesanan.