Ketika atap rumah bocor, rasanya pasti sangat mengganggu, terutama ketika masuk musim penghujan. Jika dibiarkan terus menerus, atap bocor tersebut bisa merusak furniture dalam rumah, dan juga menimbulkan jamur pada bekas rembesan air tersebut.

Oleh karena itu, ketika terdapat atap rumah bocor sekecil apa pun harus segera ditangani dengan cepat. Jika dibiarkan, dampaknya bisa memperburuk kondisi atap rumah tersebut.

Atap Rumah Bocor

11 cara efektif mengatasi atap rumah bocor

Banyak hal yang menyebabkan atap rumah mengalami kebocoran. Bisa karena pemasangan yang kurang baik, atau karena usia atap yang sudah tua. Cara berikut bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah atap bocor tersebut. Selain itu, cara berikut juga bisa digunakan untuk cara mengatasi rembesan air di atap:

1. Periksa secara menyeluruh titik yang bocor

Ketika air hujan merembes ke dalam rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa secara menyeluruh di mana saja titik kebocoran tersebut. Bisa saja terdapat banyak titik yang mengalami kebocoran, sehingga air hujan terus merembes.

2. Memastikan posisi atap tidak berpindah

Anda juga perlu memeriksa posisi setiap atap, apakah genteng ada yang bergeser atau tidak. Sering juga penyebab atap bocor karena posisi genteng berpindah atau saat pemasangan tidak direkatkan dengan baik, sehingga mengalami pergeseran.

3. Bersihkan sampah di permukaan atap

Kejadian atap rumah bocor juga sering disebabkan oleh tumpukan sampah di atas permukaan atap. Sampah seperti daun dapat membuat saluran pembuangan air hujan jadi tersumbat. Akibatnya air yang menggenang tersebut merembes ke dalam rumah.

Untuk itu perlu secara rutin membersihkan sampah di permukaan atap rumah, sehingga kebocoran bisa dicegah. Pastikan juga untuk memeriksa pipa pembuangan air hujan, apakah ada sumbatan atau tidak. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel Jangan Sembarangan! Inilah Cara Membersihkan Atap uPVC SkyDeck berikut.

4. Melakukan renovasi pada atap

Jika tingkat kebocoran pada atap tersebut sudah tergolong parah, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah melakukan renovasi pada atap tersebut. Kebocoran bisa juga terjadi karena usia atap yang sudah tua dan daya tahannya sudah rapuh.

Jadi lebih baik lakukan renovasi dengan mengganti seluruh atap rumah yang bocor tersebut. Atap saat ini daya tahannya semakin baik dan fungsinya juga lebih banyak. Ketika atap yang tua sudah diganti, maka kebocoran langsung teratasi.

5. Memasang pelapis anti bocor

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah atap rumah bocor adalah dengan memanfaatkan pelapis anti bocor di permukaan atap. Jenis pelapis anti bocor ini cukup banyak, contohnya seperti cairan waterproofing.

6. Memasang plastik sebagai lapisan dasar

Atau Anda juga bisa mengaplikasikan plastik di bawah atap tersebut, karena plastik mampu menghambat air, sehingga air hujan tidak merembes ke dalam rumah. Pelapis anti bocor plastik sebaiknya dipasang sebelum memasang atap.

7. Menggunakan sealant pada titik bocor

Jika titik bocor pada atap tersebut ukurannya relatif kecil, maka Anda bisa menggunakan sealant untuk mengatasinya. Sealant ini fungsinya seperti perekat, yang dapat menutup titik bocor pada atap. Sealant ini cara kerjanya mirip seperti lem, yang dapat menutup titik – titik kebocoran pada atap rumah Anda.

8. Memeriksa lubang ventilasi penghalang hujan

Lubang ventilasi juga bisa menjadi sumber kebocoran, oleh sebab itu penting memilih jenis ventilasi yang bisa sekaligus menjadi penghalang hujan tersebut. Jika ventilasi bermasalah, sebaiknya ganti dengan jenis ventilasi terbaru.

9. Memperbaiki area atap yang didempul

Dempulan pada atap hanya bersifat sementara dan bisa terkikis oleh air hujan. Dempulan sendiri merupakan atap yang sudah sering diperbaiki yang biasanya sudah ditutupi oleh cairan anti bocor. Dempulan yang sudah terkikis air akan muncul pori-pori halus yang menjadi tempat masuknya air hujan. Segera dempul ulang bagian yang sudah terkikis untuk mencegah air hujan merembes masuk ke dalam rumah.

10. Lapisi dengan cat tembok

Walau menggunakan lapisan tahan panas dan waterproofing namun permukaan dak masih memerlukan cat tembok. Waterproofing memiliki sifat yang sangat elastis, sedikit lengket saat kering sehingga cat tembok cocok untuk mengurangi kelengketannya.  Lakukan pelapisan ini saat cuaca benar-benar cerah sehingga kering dengan cepat.

11. Manfaatkan lembaran bitumen untuk area tergenang

Ada beberapa bagian dak beton yang juga cenderung tergenang saat musim hujan. Pada area ini manfaatkan lembaran bitumen  yang memang cocok untuk area yang tergenang. Pelapis bitumen tidak cocok untuk area yang langsung terkena sinar matahari. Kemudian gunakan bubuk semen dan pelarut yang juga tahan akan genangan namun tak cukup kuat menghadapi sinar ultraviolet. Campurkan secara merata kemudian lapiskan pada permukaan yang retak.

4. penyebab kebocoran pada atap rumah

Mungkin banyak sekali diantara kita yang merasa bingung mengapa rumah yang baru saja selesai dibangun bisa mengalami kebocoran. Rumah baru tidak menjamin tidak akan terjadi kebocoran atap. Untuk itu, simak penyebab atap rumah bocor berikut :

1. Pemasangan atap yang kurang tepat

Atap genting yang dipasang kurang tepat dapat melorot dan mengalami pergeseran. Celah yang ditimbulkan oleh atap yang melorot merupakan tempat masuknya air hujan dan bisa mengakibatkan bocor.

2. Atap mengalami keretakan

Atap yang sudah tua akan mengalami perubahan tekstur dan tingkat kerapatan. Apabila atap tersebut mengalami keretakan, air hujan akan masuk secara perlahan dan mengakibatkan kebocoran di rumah Anda.

3. Air hujan yang masuk melalui celah atap

Hujan angin dengan kemiringan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab atap rumah bocor. Hujan angin yang deras tersebut akan masuk melalui sela-sela atap dan membuat terjadinya kebocoran.

4. Kotoran yang menumpuk di talang air

Kotoran seperti ranting dan daun kering dapat terjatuh ke dalam talang air yang berada di atap rumah. Daun dan ranting akan membuat air hujan sulit untuk mengalir turun dengan baik dan bisa membuat terjadinya genangan pada atap. Seiring dengan waktu, genangan air tersebut akan masuk secara perlahan ke dalam retakan yang ada di atap rumah.

9 bahaya bila atap rumah mengalami kebocoran

Bahaya Atap Rumah Bocor

Ketika hujan deras melanda dan atap rumah bocor, masalah serius pun muncul. Atap yang bocor bukanlah perkara sepele, melainkan masalah yang harus segera diatasi. Dampak buruk akibat atap bocor dapat merugikan penghuni rumah dengan berbagai cara. Berikut adalah sembilan ancaman yang muncul akibat kebocoran atap:

1. Kerusakan pada loteng dan plafon

Kebocoran atap bisa merusak area loteng serta barang-barang yang disimpan di sana. Langit-langit atau plafon interior pun terancam kerusakan. Cat plafon yang terkena air dari atap bocor bisa memudar, sedangkan plester plafon mungkin mengembang.

2. Kerusakan pada struktur dinding

Air yang merembes dari atap bocor dapat merusak struktur dinding rumah. Kelembapan dan bahaya jamur menjadi risiko nyata.

3. Jamur dan lumut mengancam

Salah satu ancaman serius dari atap bocor adalah pertumbuhan jamur dan lumut. Jamur dapat menyebar ke seluruh rumah, merugikan berbagai barang, bahkan berpakaian. Jamur hitam yang muncul akibat kelembaban kronis dapat merusak berbagai bagian rumah.

4. Ancaman kesehatan

Keberadaan jamur dan lumut berpotensi menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi individu yang sensitif terhadap alergi.

5. Bahaya kebakaran

Air yang mengenai kabel listrik akibat atap bocor bisa memicu korsleting dan mengakibatkan kebakaran. Matikan listrik di area terdampak dan periksa oleh ahli listrik.

6. Kerusakan pada isolasi

Kebocoran air dari atap bisa merusak isolasi, mengurangi efisiensi dalam menjaga suhu udara di dalam rumah.

7. Inefisiensi energi/pemborosan

Kebocoran atap berdampak pada inefisiensi energi/ pemborosan baik secara finansial atau tenaga. Bila bocor tidak segera diatasi maka akan semakin mahal biaya perbaikannya. Oleh karena itu segera perbaiki bila menemukan adanya titik rembesan air.

8. Ancaman terpeleset

Permukaan lantai basah akibat bocoran membuat lantai licin, meningkatkan risiko terpeleset terutama bagi orang tua.

9. Kerusakan pada struktur pondasi

Air yang merembes merusak struktur pondasi, berpotensi membuatnya tidak stabil dan rusak secara keseluruhan.

Mengatasi masalah atap bocor dengan segera adalah langkah penting untuk mencegah dampak negatif ini. Periksa secara rutin kondisi atap rumah dan ambil tindakan pencegahan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Perawatan rutin efektif mencegah kebocoran pada atap

Umumnya, atap rumah bocor disebabkan karena Anda abai terhadap fungsi dan perawatan atap tersebut. Jika dilakukan pemeriksaan secara rutin, maka masalah kebocoran ini pasti bisa diatasi dengan mudah.

Ketika memasuki musim penghujan, penting untuk memeriksa kondisi atap apakah terpasang dengan baik atau tidak. Jika di dekat rumah terdapat pohon, pastikan agar daunnya tidak jatuh ke permukaan atap tersebut.

Walaupun kebocorannya kecil, tetapi jika abai, dapat merusak atap dan bagian dalam rumah. Oleh sebab itu, ketika atap rumah bocor, harus segera diperbaiki, agar atap tetap terjaga dengan baik.

Graha Excel menyediakan Atap uPVC yang dapat Sobat pilih sebagai atap rumah terbaik. Bagaimana tips supaya tidak terjadi salah pemasangan pada Atap uPVC? Yuk, langsung tonton video di bawah ini.