Ketika atap rumah bocor, rasanya pasti sangat mengganggu, terutama ketika masuk musim penghujan. Jika dibiarkan terus menerus, atap bocor tersebut bisa merusak furniture dalam rumah, dan juga menimbulkan jamur pada bekas rembesan air tersebut.

Simak cara mengatasinya di video berikut ini.

Oleh karena itu, kebocoran pada atap sekecil apa pun harus segera ditangani dengan cepat. Jika dibiarkan, dampaknya bisa memperburuk kondisi atap rumah tersebut.

Cara Efektif Mengatasi Atap Rumah Bocor

Banyak hal yang menyebabkan atap rumah mengalami kebocoran. Bisa karena pemasangan yang kurang baik, atau karena usia atap yang sudah tua. Cara berikut bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah atap bocor tersebut.

1. Periksa Secara Menyeluruh Titik yang Bocor

Ketika air hujan merembes ke dalam rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa secara menyeluruh di mana saja titik kebocoran tersebut. Bisa saja terdapat banyak titik yang mengalami kebocoran, sehingga air hujan terus merembes.

2. Memastikan Posisi Atap Tidak Berpindah

Anda juga perlu memeriksa posisi setiap atap, apakah ada yang bergesar atau tidak. Sering juga penyebab atap rumah bocor karena posisinya tidak direkatkan dengan baik, atau sudah mengalami pergeseran.

3. Bersihkan Sampah di Permukaan Atap

Kebocoran pada atap rumah juga sering disebabkan oleh tumpukan sampah di atas permukaan atap. Sampah seperti daun dapat membuat saluran pembuangan air hujan jadi tersumbat. Akibatnya air yang menggenang tersebut merembes ke dalam rumah.

Untuk itu perlu secara rutin membersihkan sampah di permukaan atap rumah, sehingga atap rumah bocor bisa dicegah. Pastikan juga untuk memeriksa pipa pembuangan air hujan, apakah ada sumbatan atau tidak.

4. Melakukan Renovasi Pada Atap

Jika tingkat kebocoran pada atap tersebut sudah tergolong parah, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah melakukan renovasi pada atap tersebut.

Kebocoran bisa juga terjadi karena usia atap yang sudah tua dan daya tahannya sudah rapuh.

Jadi lebih baik lakukan renovasi dengan mengganti seluruh atap rumah yang bocor tersebut. Atap saat ini daya tahannya semakin baik dan fungsinya juga lebih banyak. Ketika atap yang tua sudah diganti, maka kebocoran langsung teratasi.

5. Memasang Pelapis Anti Bocor

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah atap rumah bocor adalah dengan memanfaatkan pelapis anti bocor di permukaan atap. Jenis pelapis anti bocor ini cukup banyak, contohnya seperti cairan waterproofing.

6. Memasang Plastik Sebagai Lapisan Dasar

Atau Anda juga bisa mengaplikasikan plastic di bawah atap tersebut, karena plastic mampu menghambat air, sehingga air hujan tidak merembes ke dalam rumah. Pelapis anti bocor plastic sebaiknya dipasang sebelum memasang atap.

7. Menggunakan Sealant Pada Titik Bocor

Jika titik bocor pada atap tersebut ukurannya relatif kecil, maka Anda bisa menggunakan sealant untuk mengatasinya. Sealant ini fungsinya seperti perekat, yang dapat menutup titik bocor pada atap. Sealant ini cara kerjanya mirip seperti lem, yang dapat menutup titik – titik kebocoran pada atap rumah bocor tersebut.

8. Memeriksa Lubang Ventilasi Penghalang Hujan

Lubang ventilasi juga bisa menjadi sumber kebocoran, oleh sebab itu penting memilih jenis ventilasi yang bisa sekaligus menjadi penghalang hujan tersebut. Jika ventilasi bermasalah, sebaiknya ganti dengan jenis ventilasi terbaru.

Perawatan Rutin Efektif Mencegah Kebocoran Pada Atap

Umumnya atap rumah mengalami kebocoran karena Anda abai terhadap fungsi dan perawatan atap tersebut. Jika dilakukan pemeriksaan secara rutin, maka masalah kebocoran ini pasti bisa diatasi dengan mudah.

Ketika memasuki musim penghujan, penting untuk memeriksa kondisi atap apakah terpasang dengan baik atau tidak. Jika di dekat rumah terdapat pohon, pastikan agar daunnya tidak jatuh ke permukaan atap tersebut.

Walaupun kebocorannya kecil, tetapi jika abai, dapat merusak atap dan bagian dalam rumah. Oleh sebab itu, ketika atap rumah bocor, harus segera diperbaiki, agar atap tetap terjaga dengan baik.

Mau tau info dan tips atap uPVC lainnya dari Grahaexcel? Langsung klik link video berikut ya! https://www.youtube.com/watch?v=4IovfLs-kr8