Ketika ingin membangun rumah, tentunya Anda akan merancang seluruh desain bangunan secara tepat. Mulai dari pondasi, sistem ventilasi, bahkan jenis atap yang digunakan. Pemilihan jenis atap yang terbaik adalah salah satu faktor kenyaman di dalam rumah. Ada beberapa macam atap yang bisa Anda gunakan, salah satunya atap plastik.

Atap plastik adalah salah satu jenis atap yang dibuat dari bahan baku plastik atau bahan campuran kimia lainnya. Atap plastik ini memiliki berat yang sangat ringan dan kuat bila dipakai untuk atap rumah atau atap bangunan semi permanen lainnya. Atap plastik akan memberikan kesan pada tampilan rumah Anda lebih simpel, tapi tetap modern.

Karena atap plastik menggunakan bahan plastik dan murah, maka atap ini sering digunakan untuk kebutuhan personal salah satu contohnya sering dipakai untuk bidang pertanian ataupun perkebunan yang biasa sering digunakan untuk menutupi bibit-bibit tanaman atau alat-alat pertanian lainnya. Atap plastik bukan hanya terdiri satu macam saja, namun banyak sekali pilihan model atap plastik dengan berbagai macam warna serta ukuran ketebalan dan spesifikasi, lebar dan panjang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Jenis-Jenis Atap Plastik

Anda bingung memilih jenis atas plastik mana untuk bangunan rumah Anda? Sebelum memilih, Anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis atap plastik berikut ini.

1. Polycarbonate
Atap plastik jenis polycarbonate adalah salah satu jenis atap plastik yang paling banyak digunakan karena atap ini tersusun dari material polimer yang sangat kuat. Atap jenis ini sering digunakan untuk pengganti atap kaca, karena atap polycarbonate mempunyai tingkat kejernihan yang mirip dengan atap kaca.

Jika Anda membutuhkan pencahayaan alami pada ruangan dengan perlindungan Ultraviolet yang cukup, jenis atap plastik ini cocok untuk Anda. Bahkan bahan polycarbonate juga bisa digunakan sebagai material plastik yang menarik.

2. Fiber
Jenis atap plastik yang transparan lainnya yang sering digunakan adalah atap fiber. Atap jenis fiber ini mempunyai kekuatan yang sangat baik. Material dari atap fiber disusun dari serat fiber polyester dan serat kaca sehingga sangat kuat untuk dijadikan atap bangunan.

Atap jenis fiber ini sering digunakan untuk kebutuhan atap pabrik, kanopi rumah, sampai dinding skylight. Jika Anda membutuhkan pencahayaan alami pada ruangan Anda, atap jenis fiber ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan.

3. PVC (PolyVinyl Chloride)
Atap jenis PVC ini berbeda dari atap jenis sebelumnya, atap PVC ini bukan hanya tersedia dalam jenis yang transparan saja, tapi juga memiliki varian semi transparan (translucent). Jika Anda membutuhkan pencahayaan alami di dalam ruangan dengan presentasi yang lebih rendah, atap jenis PVC inilah jawabannya. Atap PVC bersifat sangat lentur, sehingga pengaplikasiaannya sangat mudah.

4. uPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride)
Jika dibaca sekilas Anda pasti mengira bahwa atap uPVC tidak berbeda jauh dengan atap PVC. Namun, sebenarnya atap uPVC mempunyai sifat yang lebih kaku atau rigid. Walaupun seperti itu, atap uPVC juga masih mempunyai sifat yang lentur. Jika Anda membutuhkan atap yang dapat meredam panas dan radiasi sinar Ultraviolet, atap uPVC ini adalah jawabannya. Anda akan mendapatkan kenyamanan lebih pada ruangan yang menggunakan atap uPVC ini.

Atap uPVC merupakan atap yang dibuat dengan teknologi terbaru. Grahaexcel menjual berbagai macam atap uPVC untuk berbagai macam kebutuhan. Simak jenis-jenis atap uPVC yang kami jual di bawah ini:

1. Atap uPVC Double Layer Skydeck
2. Atap uPVC Single Layer Exceltech
3. Atap uPVC Rumah Eliteroof

Kegunaan Atap Plastik

Penggunaan atap plastik pada rumah atau bangunan lainnya dinilai sangat menguntungkan. Lalu, apa saja hal yang menguntungkan dari penggunaan atap plastik? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dapat mentransimisikan cahaya
Atap plastik transparan memiliki karakteristik utama yaitu mampu meneruskan cahaya ke dalam ruangan. Sehingga Anda dapat menghemat penggunaan energi listik di dalam rumah. Namun, presentasi dari cahaya yang diteruskan berbeda sesuai dengan jenis material dan warna yang dipilih.

2. Dapat meredam kebisingan
Berbeda dengan atap jenis lainnya seperti seng atau asbes yang bisa menimbulkan kebisingan saat hujan, atap plastik dapat meredam suara dengan cukup baik. Sehingga Anda dan keluarga tetap nyaman dalam berbagai kondisi.

3. Anti karat dan anti bocor
Selain dapat meredam kebisingan, atap plastik juga memiliki sifat anti karat dan anti bocor, sehingga dapat melindungi rumah atau bangunan Anda secara maksimal.

4. Membuat ruangan tetap sejuk
Atap plastik dapat memantulkan panas matahari sehingga ruangan yang ada dibawahnya akan tetap merasa sejuk. Dan dengan perlindungan anti ultraviolet, membuat atap plastik Anda menjadi lebih awet dan tidak gampang rusak.

Terima kasih telah membaca Sobat Excel! Semoga dengan ini Anda lebih mengerti apa itu atap plastik, jenis-jenis atap plastik yang ada, dan kegunaan atap plastik secara keseluruhan. Dan, jangan lupa untuk selalu ingat atap plastik, ingat atap uPVC Excel!