Sebagai negara tropis, Indonesia selalu mengalami curah hujan dengan intensitas cukup tinggi hampir setiap tahun. Karena hal tersebut, air hujan yang turun melalui atap rumah perlu dihalangi dengan struktur atap yang baik. Meskipun demikian, tidak semua bangunan yang dibuat oleh developer mempertimbangkan pembuatan atap hingga menutup teras.

Padahal, teras merupakan salah satu lahan penting yang dapat Anda gunakan untuk melindungi rumah dari panas terik maupun curah hujan yang tinggi. Untuk memaksimalkan perlindungan rumah tersebut, Anda membutuhkan penggunaan atap kanopi. Berikut ulasan singkat cara pasang atap uPVC.

Dilansir dari website dekoruma.com, fungsi atap kanopi yang pertama dan paling umum tentunya adalah memberikan perlindungan pada rumah atau bangunan terhadap cuaca, baik itu panas terik, angin, ataupun curah hujan. Sehingga atap kanopi dapat dikatakan baik dan mampu memberikan perlindungan rumah secara maksimal jika memiliki sudut kemiringan yang sesuai.

Penentuan sudut kemiringan kanopi yang baik tentu perlu mempertimbangkan bahan dan jenis material pembangun kanopi. Hal tersebut karena sudut kemiringan kanopi yang ideal sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan berbagai jenis kanopi sebelum menentukan sudut kemiringan yang sesuai.

Artikel berikut akan membahas mengenai cara menghitung sudut kemiringan atap rumah dan cara menentukan sudut kemiringan atap kanopi teras rumah berdasarkan jenis dan bahan material pembentuknya. Untuk informasi lebih lanjut simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Cara Menghitung Sudut Kemiringan Atap Rumah

1. Melakukan Pengecekan Panjang Setengah Alas Atap Rumah

Maksudnya adalah menghitung panjang sisi samping atap rumah lalu dibagi dua. Jika total panjang sisi samping atap rumah adalah 8 meter, maka angka yang bisa dipakai adalah 4 meter.

2. Mengetahui Tinggi Atap Rumah

Dengan cara mengukur dari batas plafon rumah hingga ke sisi atap paling tinggi. Contoh yang dipakai adalah 3 meter.

3. Menghitung Kemiringan Atap Rumah

Rumus menghitungnya dengan menggunakan phytagoras c^2 = b^2 + a^2 dengan keterangan sebagai berikut :

a = tinggi atap

b = alas atap

c = kemiringan atap

Contoh penerapan rumus

√ alas^2 + tinggi^2 = kemiringan atap

√ 4^2 + 3^2 = kemiringan atap

√ 16 + 9 = kemiringan atap

√ 25 = kemiringan atap

5 meter = kemiringan atap


Cara Menentukan Sudut Kemiringan Atap Kanopi Teras Rumah Berdasarkan Jenis dan Bahan Material Pembentukannya

  1. Atap Kanopi dengan Bahan Gelombang atau Spandex

atap kanopi bahan gelombang

Sumber: https://www.freepik.com


Bahan spandex merupakan salah satu jenis bahan yang terbuat dari aluminium atau seng yang sangat tipis. Bahan ini sesuai untuk digunakan sebagai atap kanopi karena memiliki daya tahan hingga 10 tahun. 

Meskipun demikian, atap spandek yang tipis memberikan kesan material yang tidak kokoh. Khususnya ketika permukaannya diinjak saat pemasangan maka jenis atap ini akan mudah penyok.

Karenanya, jika Anda ingin membuat kanopi dengan bahan spandex, tingkat kemiringan yang disarankan berkisar antara 5 sampai 25 derajat. Hal tersebut karena semakin curam sudut atap yang dibentuk maka akan semakin memudahkan atap kanopi berbahan spandex terhempas oleh adanya angin kencang.

  1. Atap Kanopi dengan Bahan Kaca

atap kanopi bahan kaca

Sumber: https://www.freepik.com 


Atap kanopi yang terbuat dari bahan material kaca umumnya banyak digunakan di rumah, gedung-gedung perkantoran, hingga skylight. Hal tersebut karena jenis material ini dapat meningkatkan nilai estetika dan pencahayaan dalam ruangan.

Karenanya, untuk membuat kanopi kaca, diperlukan sudut kemiringan yang sangat landai, yaitu berkisar antara 2 hingga 90 derajat. Meskipun mampu meningkatkan nilai estetika pada bangunan, atap kanopi jenis ini memerlukan adanya perawatan khusus dan teratur. 

Hal tersebut karena Indonesia merupakan wilayah dengan tingkat kelembaban tinggi dan sering dilanda oleh curah hujan dengan intensitas tinggi setiap tahunnya. Sehingga, sisa-sisa genangan air hujan dan debu dapat menyebabkan kaca kanopi menjadi rawan berjamur. 

  1. Atap Kanopi dengan Bahan Polycarbonate

atap kanopi bahan polycarbonate

Sumber: https://www.freepik.com


Penggunaan atap kanopi berbahan polycarbonate memiliki banyak keuntungan, diantaranya atap kanopi terlihat lebih ringan namun tetap kokoh dan kuat, pemasangannya cukup cepat dan sederhana, serta memiliki kemampuan dan fleksibilitas untuk dapat dipasang dimana saja.

Selain itu, bahan atap kanopi polycarbonate dapat membuat tampilan rumah maupun bangunan menjadi lebih modern. Karenanya, untuk memasang kanopi dengan bahan material polycarbonate dibutuhkan sudut kemiringan yang lebih landai dari atap gelombang, yaitu lebih dari 2 derajat atau 1,5% dari panjang bentang atap kanopi.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara menentukan sudut kemiringan atap kanopi untuk teras rumah. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda dalam menghitung sekaligus menentukan sudut kemiringan atap kanopi. Sehingga, mampu menjadi salah satu sistem pencegahan kebocoran atap yang disebabkan oleh tingginya curah hujan setiap tahunnya.

Nah, saatnya Sobat EXCEL untuk memilih atap kanopi yang tepat. Termukan Atap uPVC dengan kualitas terbaik yang bisa sobat jadikan atap kanopi di Graha Excel. Kami menyediakan berbagai ukuran atap uPVC dengan harga terjangkau.

Sobat EXCEL juga bisa simak video berikut ini berisi tutorial memasang Atap uPVC Double Layer SkyDeck untuk kanopi Sobat https://youtu.be/j4Ikz7v5Hq8