Setiap rumah membutuhkan tandon air sebagai tempat penampungan air. Tandon tersebut akan berfungsi untuk menampung air yang telah disedot oleh pompa air. Melalui tandon tersebut air akan dialirkan menuju ke keran air di seluruh rumah. Dengan menggunakan tandon, kebutuhan air di dalam rumah dapat tercukupi dengan baik dan praktis. Oleh karena itu Anda perlu mengenal tandon air beserta dengan jenis-jenisnya.

Memasang “Dua” Tangki Air, Apa Efeknya?

tandon air 1

Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan dua tangki/tandon air di rumah Anda? Pastinya ada perbedaan khusus antara menggunakan satu atau dua tangki air, perbedaan yang jelas terletak pada volume air yang dihasilkan. Dari segi volume air yang dihasilkan, menggunakan satu tangki lebih efektif dari dua tangki. Namun, dari segi efek gravitasi yang mempengaruhi aliran air, menggunakan dua tangki lebih efektif daripada satu tangki.

Pengaruh Memasang Dua Tangki Air Terhadap Listrik di Rumah

Memasang dua tangki air di rumah Anda tentu akan berakibat pada kinerja listrik di rumah Anda. Penggunaan dua tangki bisa membuat tagihan listrik di rumah semakin meningkat. Namun keputusan untuk menggunakan satu atau dua tangki air dapat disesuaikan dengan kebutuhan tempat tinggal Anda. Jika Anda menginginkan aliran yang lebih deras, Anda lebih baik menggunakan satu tangki air saja.

Jenis Teknik Pemipaan Dua Tangki Air

Terdapat dua teknik pemipaan dengan menggunakan dua tangki air, yaitu:

  • Tangki air berdampingan

Teknik pemasangan tangki air berdampingan akan memudahkan Anda menambahkan cadangan dalam volume tertentu. Teknik ini bukan hanya digunakan supaya dapat menambah cadangan air saja, tetapi juga untuk memenuhi kepentingan penggunaan air yang berbeda.

  • Tangki air dibedakan berdasarkan ketinggian

Teknik pemipaan ini cocok digunakan jika terdapat kendala pada kekuatan distribusi tekanan air dari PDAM, karena dengan menggunakan teknik ini dinilai lebih menghemat daya listrik.

Informasi lain mengenai penggunaan dua tangki air dan tentang mengenal tandon air lainnya bisa Anda baca pada artikel yang berjudul Efek Memasang “Dua” Tangki Air Terhadap Listrik di Rumah.


Bagaimana Penempatan Tandon Air Paling Efektif? Simak Penjelasannya!

Air adalah kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Karena pentingnya air tersebut, maka Anda juga perlu berhati-hati dalam menyimpan persediaan air. Pastinya segala upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan air, salah satunya dengan menggunakan tandon air yang mampu menampung ratusan sampai ribuan liter cadangan air. Oleh karena itu Anda juga perlu mengetahui bagaimana penempatan tandon air yang benar dan langkah-langkah memasang tandon air tersebut.

Langkah Memasang Tandon

Pada umumnya, memasang dan menempatkan tandon air sama saja, meskipun jenis tandonnya berbeda. Berikut ini adalah langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Memilih lokasi yang tepat

  • Memperhatikan pondasi tempat tandon diletakkan

  • Menempatkan posisi sesuai ketinggian

Memilih Lokasi Terbaik untuk Tandon Pendam

Selain memperhatikan langkah-langkah memasang tandon yang baik dan benar, Anda juga perlu mengetahui mengenai penempatan tandon air yang dipendam. Berikut ini adalah cara untuk menentukan lokasi pemasangan tandon pendam yang dapat Anda perhatikan:

  • Memilih jenis tangki yang tepat untuk dipendam

  • Hindari memendam tangki di bawah jalanan

  • Kontur tanah tempat Anda memendam tangki harus stabil

  • Anda perlu menghindari tempat yang rawan banjir

Penjelasan lengkap mengenai penempatan tangki/tandon air dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Langkah dan Saran Penempatan Tandon Air Paling Efektif.


Menggunakan Kapasitas Tangki yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan

Anda dapat memperoleh banyak manfaat dengan menggunakan tangki air. Namun Anda juga harus menentukan kapasitas tangki yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan harian di rumah Anda.

Alasan Mengapa Kapasitas Tangki Harus Sesuai Kebutuhan

Berikut ini adalah hal yang menentukan ukuran tangki harus disesuaikan dengan kebutuhan:

  • Berdasarkan jumlah anggota dalam sebuah keluarga

  • Memperhatikan kualitas tandon air

Berdasarkan alasan tersebut, tentu Anda harus menyesuaikan ukuran tangki air di rumah Anda. Jangan sampai Anda memilih tangki berukuran kecil untuk digunakan di rumah dengan anggota keluarga yang sangat banyak. Hal tersebut akan berpengaruh pada persediaan cadangan air di rumah Anda.

Menentukan Kapasitas Tangki

Anda dapat menghitung kapasitas tangki secara kuantitatif dengan tujuan memperoleh hasil yang akurat atau tepat mengenai penggunaannya sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda. Jika Anda memperoleh hasil penghitungan di atas 1.000 liter, maka tangki air Anda mampu menampung air dalam volume yang besar.

Anda dapat lebih mengenal tandon air dengan membaca penjelasan lebih lengkap mengenai menentukan kapasitas tangki air dan menghitung kapasitas tangki air secara kuantitatif pada artikel yang berjudul Menentukan Kapasitas Tangki yang Tepat, Sesuai Kebutuhan.


Rekomendasi Tandon Air dari EXCEL

tandon air 2

Dalam memenuhi kebutuhan air yang terbaik Anda perlu memperhatikan pemilihan tandon air yang baik. Untuk memilih tandon air yang tepat, Anda harus tahu seberapa besar kebutuhan air rumah tangga Anda sehari-hari. Dalam artikel ini akan dijadikan keunggulan tandon air dari EXCEL, dengan begitu Anda akan lebih mengenal tandon air terutama tandon dari EXCEL.

Keunggulan Tandon Air Terbaik EXCEL

Tandon air EXCEL memiliki beragam ukuran, tipe, dan jenis yang beragam. Ada tandon dengan ukuran 250 liter, tipe Roto dan Blow, yang cocok digunakan untuk penggunaan satu orang. Tandon berukuran 500 liter dengan tipe Roto dan Blow yang cocok digunakan untuk penggunaan rumah tangga dalam sehari.

Selanjutnya ada tandon air berukuran 1.000 liter dengan tipe Toto dan Blow dan kapasitas 1.050 liter yang bisa menampung lebih banyak air.

Tandon Air dengan Kapasitas 2000 L – 22500 L

Selain itu, ada juga tandon air yang berukuran 2.000 liter dan 5.000 liter, yang dapat digunakan untuk penggunaan yang lebih besar. Terdapat pula tandon air berukuran 11.000 liter yang cocok digunakan untuk kebutuhan sampai 44 orang. Tandon dengan ukuran besar mampu menampung air dengan kapasitas 22.500 liter dan direkomendasikan untuk keperluan pabrik, perkebunan, dan pergudangan.

Informasi lain mengenai tandon air yang dapat Anda gunakan, dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Rekomendasi Tandon Air Terbaik dalam Tangki EXCEL.


Melalui artikel tentang mengenal tandon air ini, Anda dapat menentukan kebutuhan tandon air di rumah atau di tempat usaha Anda dengan pasti. Anda dapat membaca informasi lebih lengkap mengenai tandon air pada link-link artikel lain yang tersedia di atas.


Tandon Air Plastik dan Tandon Air Stainless, Mana yang Lebih Unggul?

Tandon digunakan untuk menyimpan cadangan air bersih. Saat ini banyak jenis tandon yang diproduksi, termasuk tandon air plastik dan tandon air stainless. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dua tandon air tersebut:

Keunggulan Tandon Air Stainless

Berikut ini adalah keunggulan tandon air stainless:

  • Memiliki penampilan yang menarik, lebih lama usia pemakaiannya, instalasinya lebih mudah.

  • Materialnya aman, sehingga tidak beracun. Bahan stainless juga tahap terhadap korosi dan dapat menyerap panas dengan baik.

  • Bahan stainless tidak mudah ditumbuhi lumut atau kotoran lain karena permukaannya yang halus dan licin.

  • Tandon berbahan stainless ini sangat mudah dibenarkan jika rusak seperti bocor akibat benturan dan lain sebagainya.

Keunggulan Tandon Air Plastik

Tandon air plastik juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Memiliki harga yang relatif murah dibanding tangki stainless.

  • Memiliki lebih banyak pilihan warna yang cerah dan menarik.

  • Beratnya lebih ringan, sehingga mudah dipindahkan.

  • Memiliki ketahanan yang lebih baik jika bertemu dengan bahan kimia yang bersifat korosif.

Keunggulan lain mengenai tandon air plastik dan tandon air stainless dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Keunggulan Tandon Air Plastik dan Tandon Air Stainless.


Konstruksi Menara Tandon Air, Bagaimana Caranya?

tandon air 2

Anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan banyak hal saat akan membuat konstruksi tandon air, salah satunya adalah material dan ketinggian. Penentuan volume tandon air juga perlu diperhitungkan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai konstruksi menara tandon air tersebut:

Material yang Dibutuhkan

Salah satu material yang dibutuhkan adalah besi siku. Besi siku dibutuhkan untuk tandon air yang dibangun pada menara. Material lain yang Anda butuhkan adalah:

  • 5 batang besi siku yang berukuran 40x40 cm.

  • 4 batang besi siku yang berukuran 30x30 cm.

  • Kawat las elektroda juga akan Anda butuhkan.

  • Anda juga membutuhkan batu potong.

  • Cat untuk memperindah penampilan menara tandon air.

Pemasangan Tandon yang Baik

Anda perlu memperhatikan juga tingkat ketinggian rumah, dan kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan air di rumah Anda. Beberapa poin yang perlu Anda pahami, adalah:

  • Tandon yang dipasang pada ketinggian 2 sampai 3 meter, debit air yang keluar hanya sekitar 3 sampai 5 liter per menit.

  • Tandon yang dipasang pada ketinggian 4 sampai 6 meter, debit air keluar dapat lebih dari 5 liter.

  • Jika tandon diletakkan pada ketinggian lebih dari 7 meter, Anda dapat memiliki pemanas alami.

Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai konstruksi menara tandon air dalam artikel yang berjudul Cara Konstruksi Menara Tandon Air.

Mana yang Lebih Bagus? Tandon Air Plastik atau Stainless Steel?

Apakah Anda sudah mengetahui mengenai perbedaan tandon air plastik dan tandon air stainless steel? Dalam artikel ini akan disajikan perbedaan antara kedua tandon tersebut secara singkat, supaya Anda lebih mengenal tandon air tersebut.

Dari segi kegunaan, tandon air plastik dan tandon air stainless sama-sama berguna untuk menyimpan cadangan air di rumah Anda. Namun dari segi keunggulan dan kekurangan, kedua tandon tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Tandon air plastik lebih sering digunakan di kawasan perumahan atau pedesaan, sedangkan tandon air stainless steel lebih cocok digunakan di area hotel kawasan perkotaan. Tandon air plastik harganya lebih murah daripada tandon air stainless steel. Tandon air stainless steel memiliki volume penampung air lebih banyak dibandingkan tandon air plastik.

Keunggulan dan kekurangan lain dari tandon air plastik dan tandon air stainless steel dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Tandon Air Plastik vs Stainless Steel, Mana yang Lebih Bagus?

Sobat EXCEL bisa langsung memesan produk Tangki Air dari kami. Untuk informasi lebih jelas mengenai rekomendasi tangki air Graha EXCEL, sobat bisa cek video berikut https://youtu.be/e_R88AWzwkw