Anda mungkin belum mengetahui apa saja perbedaan atap PVC dan uPVC yang sering digunakan di rumah. Kedua jenis atap ini ternyata memiliki perbedaan masing-masing dan sering digunakan sebagai material tempat menutupi atap. Berikut perbedaan atap uPVC dengan genteng keramik dan tanah liat.

Ada banyak jenis atap uPVC serta PVC yang harus Anda ketahui perbedaannya. Hal ini penting diketahui agar Anda tidak salah dalam memilih jenis atap yang akan digunakan. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa simak uraian di bawah ini.

Apa itu atap PVC

Atap PVC

Atap PVC (Polyvinyl Chloride) adalah jenis atap yang terbuat dari bahan plastik polivinil klorida (PVC). PVC adalah salah satu jenis plastik yang paling umum digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, termasuk atap. Atap PVC sering digunakan untuk bangunan komersial dan perumahan karena berbagai keunggulannya. 

Atap PVC sering digunakan untuk berbagai aplikasi konstruksi, termasuk atap rumah, carport, teras, gudang, dan bangunan komersial. Keberhasilan atap PVC dalam berbagai aplikasi ini sebagian besar berkat kombinasi kekuatan, ketahanan terhadap cuaca, dan kemudahan pemeliharaannya. Namun, perlu diingat bahwa atap PVC mungkin memiliki biaya awal yang lebih tinggi daripada beberapa jenis atap lainnya, tetapi seringkali biaya pemeliharaan dan umur panjangnya dapat membuatnya menjadi investasi yang baik dalam jangka panjang.

Apa itu atap uPVC

Atap uPVC

Atap uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) adalah jenis atap yang terbuat dari bahan plastik PVC yang tidak mengandung plasticizer tambahan, sehingga istilah "unplasticized" digunakan untuk menggambarkan sifatnya yang kaku dan tahan terhadap deformasi. Atap uPVC sering digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, terutama dalam proyek bangunan perumahan dan komersial, karena berbagai keunggulannya. 

Atap uPVC umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti atap untuk rumah, carport, teras, gudang, serta sebagai penutup dinding eksterior dan sebagainya. Keunggulan utamanya terletak pada kemampuannya untuk bertahan dalam berbagai kondisi cuaca dan masa pakainya yang panjang, sehingga atap ini menjadi pilihan yang populer dalam konstruksi bangunan modern. Walaupun biaya awal untuk menggunakan atap uPVC mungkin sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, namun seringkali biaya pemeliharaannya yang rendah dan ketahanan terhadap cuaca menjadikannya sebagai investasi yang cerdas dalam jangka panjang.

Baca juga: Inilah Kelebihan Kekurangan Menggunakan Atap Upvc

Jenis atap plastik

Atap plastik adalah jenis atap yang terbuat dari berbagai jenis bahan plastik. Jenis-jenis atap plastik dapat bervariasi tergantung pada jenis plastik yang digunakan dan metode produksinya. Berikut adalah beberapa jenis atap plastik yang umum digunakan:

1. Atap PVC (Polyvinyl Chloride)

Atap PVC terbuat dari bahan polivinil klorida yang tahan terhadap cuaca dan korosi. Ini adalah salah satu jenis atap plastik yang paling umum digunakan dan sering digunakan untuk atap rumah, gudang, dan bangunan komersial. Atap PVC dapat hadir dalam berbagai bentuk dan warna.

2. Atap polycarbonate

Sebagian besar atap polikarbonat adalah plastik transparan yang sangat kuat dan tahan terhadap benturan. Mereka digunakan untuk memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam bangunan, seperti pada teras, serambi, dan bangunan lainnya.

3. Atap fiberglass

Atap Fiberglass

Atap fiberglass terbuat dari serat kaca yang diperkuat dengan resin plastik. Mereka tahan terhadap korosi, tahan terhadap cuaca, dan sangat ringan. Atap fiberglass sering digunakan pada bangunan komersial dan industri.

4. Atap polietilena

Atap polietilena terbuat dari polietilena yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Mereka sering digunakan untuk struktur yang memerlukan atap yang ringan dan mudah dipasang, seperti carport atau teras.

5. Atap polypropylene

Atap Polypropylene

Atap polypropylene terbuat dari bahan plastik polypropylene yang kuat dan tahan terhadap korosi. Mereka umumnya digunakan untuk bangunan komersial dan industri.

6. Atap ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

Atap ABS terbuat dari plastik ABS yang tahan terhadap dampak dan suhu tinggi. Mereka sering digunakan untuk aplikasi seperti tangki penyimpanan air dan struktur teknis lainnya.

7. Atap terbuat dari recycled plastics

Atap Recycled Plastics

Beberapa produsen atap menghasilkan produk dari plastik daur ulang. Ini adalah pilihan ramah lingkungan dan dapat membantu mendaur ulang limbah plastik.

8. Atap dengan lapisan plastik

Atap Lapisan Plastik

Beberapa jenis atap seperti atap logam dapat memiliki lapisan plastik sebagai pelindung tambahan untuk mencegah korosi dan memberikan tampilan yang lebih estetis.

Pilihan atap plastik akan tergantung pada kebutuhan Anda, iklim setempat, dan anggaran. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti ketahanan terhadap cuaca, daya tahan, penampilan, dan biaya saat memilih jenis atap plastik yang sesuai untuk proyek Anda.

Perbedaan antara atap PVC dan uPVC

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan salah satu dari jenis atap ini, maka ketahui dulu tentang perbedaannya masing-masing. Adapun karakteristik yang menjelaskan tentang perbedaan kedua atap ini adalah sebagai berikut:

1. Sifat atap

Perbedaan pertama adalah dari sifat kedua jenis atap tersebut. Untuk PVC memiliki sifat yang fleksibel karena sudah melalui tahapan plasticized. Sedangkan untuk atap uPVC adalah sifatnya lebih rigid hal ini dikarenakan pada atap uPVC tidak melalui tahapan plasticized.

Tambahannya dari atap uPVC adalah bisa tahan terhadap api. Hal ini karena di dalamnya ada unsur BPA dan tidak mudah terbakar.

2. Ukuran ketebalan

Berikutnya adalah mengenai ukuran ketebalannya, untuk atap jenis PVC ketebalannya mulai dari 0.9 mm. Sedangkan untuk atap uPVC salah satunya adalah alderon yang memiliki ketebalan mulai dari 1.20 mm sampai 10 mm.

3. Ukuran panjang

Adapun perbedaan berikutnya dari ukuran panjang mengenai atap PVC dan uPVC. Untuk atap PVC memiliki panjang sampai 3.0 meter. Sedangkan uPVC memiliki panjang sampai 45 milimeter.

4. Material

Bahan pembuatan atap PVC adalah plastik atau yang disebut dengan PVC. Sedangkan uPVC sendiri juga terbuat dari plastik akan tetapi ada tambahan yaitu unsur chlorine atau garam.

Bahan PVC lebih disukai di antara para pembuat plastik karena plastisisasi, sehingga menghasilkan sifat yang fleksibel. Di sisi lain, bahan uPVC tidak melalui tahap ini dan tidak mengandung BPA; bahan ini memiliki sifat yang berbeda dan lebih kaku.

Sеkаlірun mеmіlіkі material dasar yang ѕаmа, уаіtu рlаѕtіk, nаmun material uPVC mеmіlіkі kеtаhаnаn lebih bаіk tеrhаdар api. Unѕur сhlоrіnе (garam) dalam mаtеrіаl uPVC mеmbаntu mencegah реnуеbаrаn api dan lіѕtrіk, sehingga tіdаk akan mudаh tеrbаkаr. Sеbаlіknуа, api аkаn padam dengan ѕеndіrіnуа.

Persamaan antara atap PVC dan uPVC

  1. PVC dan uPVC adalah bahan yang ringan dan sangat tahan lama. Kualitas dan daya tahannya membuat kedua bahan ini umum digunakan untuk kebutuhan atap. Kedua bahan tersebut dapat bertahan hingga puluhan tahun.

  2. PVC dan uPVC adalah bahan yang kuat dan tahan lama yang menawarkan ketahanan yang baik terhadap jamur dan berbagai mikroorganisme, bahkan ketika terpapar pada suhu ekstrem atau bahan kimia korosif.

  3. Bahan PVC dan uPVC hemat biaya, dengan jenis tertentu memiliki lapisan terlindung dari sinar UV yang mencegah insulasi panas dan perubahan warna. Selain itu, kedua bahan tersebut memiliki kemampuan meredam kebisingan.

  4. Beberapa atap PVC menawarkan berbagai gaya dan warna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa produk dapat memberikan penyebaran cahaya hingga 20%, sehingga memberikan manfaat bagi ruangan.

Pengaplikasian atap PVC

1. Atap rumah tinggal

Pengaplikasian Atap PVC

Atap PVC sering digunakan pada rumah-rumah dengan atap miring. Karena ringan, atap ini mudah dipasang dan memberikan perlindungan terhadap cuaca. PVC juga cocok untuk atap pelana dan atap berbentuk lengkung.

2. Atap komersial

Atap PVC sering digunakan di bangunan komersial untuk keberlanjutan struktur dan ketahanannya terhadap cuaca ekstrem. PVC dapat digunakan pada kafe dan restoran dengan desain atap yang kompleks.

3. Struktur pertanian

Atap PVC digunakan pada gudang pertanian dan bangunan penyimpanan lainnya karena daya tahan terhadap cuaca.

Pengaplikasian atap uPVC

1. Atap pergola dan teras

uPVC cocok untuk atap pergola karena sifatnya yang tahan air dan tahan cuaca. Atap uPVC digunakan pada teras dan veranda karena ketahanannya terhadap sinar UV dan hujan.

Baca juga: Memanfaatkan Atap uPVC untuk Lingkungan yang Lebih Baik

2. Bangunan komersial

uPVC sering digunakan pada bangunan komersial karena desainnya yang estetis dan kemampuan isolasi suara. Pada bangunan rekreasi seperti kolam renang dalam ruangan, uPVC sering digunakan karena tahan terhadap kelembapan.

3. Bangunan industri

Pengaplikasian Atap uPVC

Atap uPVC juga digunakan di lingkungan industri karena kemampuannya yang tahan terhadap zat kimia dan kondisi lingkungan yang keras.

Manfaat pemasangan atap untuk rumah

Selain mengetahui perbedaan antara atap PVC dan uPVC Anda juga harus mengetahui kedua jenis atap tersebut digunakan untuk apa saja. Adapun manfaat penggunaan atap PVC dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Melindungi dari panas dan hujan

Adapun untuk manfaat pemasangan atap uPVC atau PVC adalah untuk melindungi pemilik rumah dari panas dan hujan. Anda tidak akan merasakan sengatan matahari dan dinginnya air hujan karena sudah terlindungi oleh atap.

Oleh sebab itu penting sekali untuk memilih jenis atap yang akan digunakan apakah PVC atau uPVC. Selain itu pemilihan jenis atap juga akan berdampak pada bagaimana efek yang diberikan oleh atap tersebut.

2. Meningkatkan kualitas udara

Pemasangan atap yang berikutnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara. Anda dapat merasakan udara segar yang masuk karena ada atap di bagian rumah Anda. Selain itu fungsi atap juga agar mempercantik rumah.

Ada banyak sekali model atap yang bisa Anda gunakan agar rumah tampak terlihat lebih cantik dan rapi. Jangan lupa untuk memilih bahan yang tepat agar betah di dalam rumah. Itulah karakteristik dari keduanya yang harus Anda ketahui.

Agar Sobat EXCEL tidak salah dalam memilih atap uPVC, Graha Excel menyediakan atap uPVC SKYDECK yang dapat Sobat pilih sebagai atap rumah terbaik. Cek kelebihan atap uPVC SKYDECK di video berikut ini https://youtu.be/hJ41Z4TmsF8