Mencari tahu tentang penyebab atap rumah bocor adalah salah satu hal yang dianggap wajar di Indonesia. Apalagi memiliki musim penghujan yang seringkali cukup panjang. Bahkan debit air hujannya terbilang tinggi.

Mungkin bagus untuk lingkungan karena bisa mendapat pasokan air cukup. Tapi bagi rumah, ada masalah yang bisa menjadi bahan kemarahan. Tidak lain bocor disebabkan oleh curah hujan yang terlalu besar.

Untuk masalah paling ringan, mungkin genteng bergeser sedikit. Tapi bisa saja terdapat problem lain yang lebih besar seperti kerusakan penopang. Akibatnya cukup fatal untuk atap apalagi tidak segera diatasi.

Mengenal Penyebab Atap Rumah Bocor dan Rusak

Saat ini terdapat beberapa masalah atau sebab kenapa atap kita bisa sampai mengalami kebocoran. Umumnya bisa disebabkan oleh masalah alam maupun manusia. Semuanya perlu dikenali untuk melakukan pencegahan dan perbaikan.

1. Sudah Berumur

Alasan atap bocor pertama yaitu bisa disebabkan karena sudah berumur. Umumnya jenis atap apapun bila umurnya sudah tua, rentan mengalami kebocoran. Termasuk apabila sebelumnya sudah terdapat retakan.

Inilah alasan kenapa kita perlu menghindari memasang atap yang memang sudah retak. Lebih baik membeli kembali tapi tidak akan bocor. Bahkan dalam waktu lama sekalipun kekuatannya baik karena masih bagus.

2. Kanopi Rusak

Sebagian besar rumah saat ini sudah dilengkapi dengan kanopi sendiri. Bila mengalami kerusakan, maka bisa berdampak pada atap Anda. Misalnya disebabkan karena kanopi tersebut sudah tua dan bebannya berlebih.

Kemudian ada pergerakan atau pergeseran yang mengganggu keseimbangan. Tidak menutup kemungkinan bisa merembet pada bagian kuda-kuda atap tersebut. Pastikan kanopi masih maksimal agar bekerja dengan baik.

3. Efek Cuaca

Efek cuaca tentu telah menjadi salah satu penyebab paling umum disini. Misalnya disebabkan karena hujan yang turun cukup deras. Meski bentuknya air, tapi bisa menggeser atau mengubah posisi bagian atap.

Begitu juga bila esoknya terpapar panas terlalu sering. Pergantian cuaca ekstrem akan membuat bahan material Anda tersebut memburuk fungsinya. Untuk menghindari efek cuaca, bisa dengan lapisan cat.

4. Bergeser

Penyebab atap rumah bocor selanjutnya yaitu karena mungkin telah bergeser. Meski awalnya kita telah memasang dengan kuat, bukan berarti akan bertahan selamanya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan atap bergeser.

Misalnya karena sebelumnya ada error saat instalasi sehingga tidak lama kemudian berpindah. Lalu disebabkan lagi menopang beban pada bagian atasnya. Bila terjadi pergeseran, kita harus menempatkan seperti awal.

5. Terkena Hama

Jika Anda memakai kuda-kuda kayu atau bambu, tentunya mudah terkena hama. Hal ini sebenarnya banyak disebabkan kalau tidak diawali dengan persiapan. Misalnya membuat bahan dari kayu tersebut menjadi anti hama.

Beberapa langkah yang bisa disiapkan yaitu seperti menjemur dalam waktu lama. Tujuannya agar semakin kering dan tidak menjadi tempat pertumbuhan hama. Selain itu mencegahnya dengan bubuk atau obat anti hama.

6. Perawatan Minim

Perawatan minim ternyata dapat menjadi alasan atap bocor yang cukup besar. Sebenarnya setelah kita melakukan instalasi, perawatan sudah tidak dibutuhkan. Perawatan yang dimaksud disini adalah sebelum pemasangan.

Misalnya kita mengecat atau melindungi bagian permukaan atap tersebut. Tentu tidak akan mudah mengalami permasalahan dibanding dibiarkan begitu saja. Lebih baik perawatan awalnya merepotkan tapi lebih awet.

7. Membiarkan Kerusakan Kecil

Terakhir, bisa saja disebabkan karena selalu membiarkan kerusakan kecil. Memang kalau kita melihat damage awal, tidak terlalu menakutkan. Tapi setelah dibiarkan beberapa lama, maka tingkat kebocoran bisa membesar.

Apalagi jika ditambah dengan serangan hama atau cuaca berlebihan. Anda bisa memperbaiki kerusakan bersifat kecil jauh lebih mudah saat itu. Terlebih mungkin sifatnya sederhana dan tidak membutuhkan usaha besar.

Bila sudah melihat ada kerusakan yang dianggap membahayakan, tidak boleh dibiarkan. Apalagi bisa merusak bagian lain dan membuat tampilan kurang cantik. Pastikan memanfaatkan pengetahuan penyebab atap rumah bocor disini.

Mau tahu bagaimana keunggulan Atap uPVC Single Layer EXCELTECH? Cek video berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=ObzA0fCmrhg