Dalam membeli atap terutama kanopi dengan jenis SKYDECK, pastinya Anda tidak ingin terjadi kesalahan dalam proses penghitungan bukan? Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal demikian sudah seharusnya Anda mengetahui cara menghitung luas puncak rumah serta juga kebutuhan atap kanopi SKYDECK.

Jika terjadi salah hitungan, kemungkinan yang terjadi adalah, atap bisa kurang sehingga terjadi kebocoran karena tidak adanya overlap, atau bisa juga waste yang berlebih jumlahnya sehingga dapat merugikan Anda karena harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Padahal, jika mengetahui cara menghitungnya dengan benar, kejadian seperti itu bisa lebih diminimalisir lagi. Untuk itu, simak informasi dari pembahasan di bawah ini agar Anda tidak salah dalam menghitung luas atap serta juga kebutuhan kanopi.

Cara yang dilakukan dalam proses menghitung luas kanopi serta kebutuhan SKYDECK sebenarnya tidaklah sulit. Sebelum itu, Anda harus mengetahui dahulu beberapa pembahasan lain dibawah ini.

Hal - hal Penting yang Menjelaskan Panjang dan Lebar Pada Atap

Definisi panjang dan lebar pada ilmu hitung ukuran atap berbeda dari pengertian dari panjang serta lebar yang kalian pelajari di sekolah atau ilmu matematika. Pada bagian ini juga masih sering terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal pada penghitungan luas puncak rumah nanti.

Dalam ilmu matematika panjang memiliki pengertian yaitu garis horizontal yang membentang lebih panjang daripada lebar. Sedangkan lebar sendiri adalah garis vertikal yang membentang dan lebih pendek dari pada garis panjang.

Namun, dalam ilmu hitung atap, berlaku pengertian sebaliknya. Panjang merupakan garis vertikal serta membentang lebih pendek dari pada lebar, sedangkan lebar merupakan garis horizontal yang membentang serta lebih panjang daripada lebar.

Namun, penyebutan tersebut juga masih bisa berubah bergantung pada arah air yang jatuh ketika menimpa SKYDECK tersebut. Tapi yang pasti, penentuan panjang dan lebar dalam ilmu matematika berbeda pengaplikasiannya di ilmu hitung atap.

Mengetahui Rumus Menghitung Luas Atap

Perlu diketahui sebelumnya bahwa GRAHAEXCEL hanya menyediakan SKYDECK dengan ukuran 4, 6, dan 12 meter. Ukuran tersebut, juga masih harus memperhatikan lagi overlap dan juga overhang.

Jadi, jika Anda memiliki atap dengan panjang 10 meter, tidak bisa memilih SKYDECK dengan panjang 4 dan 6 meter karena sudah pasti tidak ada sisa untuk dijadikan overlap dan juga overhang untuk menjadi tampias air hujan.

Jadi akan lebih baik untuk melebihkan panjang dari SKYDECK agar tidak terjadi kebocoran. Sementara itu, rumus untuk menghitung lembar jumlah SKYDECK yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

(A/LE)

Dengan keterangan A = Lebar rangka dan LE = Lebar Efektif.

Contoh Implementasi Perhitungan dengan Tepat

Solusi dari hal tersebut adalah dengan menggunakan panjang SKYDECK 6 dan 5 meter yang sudah di custom sebelumnya. Berikut adalah cara menghitung jumlah lembar jika Anda memiliki atap dengan panjang 10 meter.

Potongan 1 = 5 m

A/LE= 8 m/1,07 m = 7,47 dibulatkan menjadi 8 lembar

Potongan 2 = 6 m

A/LE = 8 m/1,07 m = 7,47 dibulatkan menjadi 8 lembar

Sehingga total SKYDECK yang dibutuhkan adalah 16 lembar, yaitu 8 lembar SKYDECK 5 m dan 8 lembar SKYDECK 6 m.

Cara Menghitung Jumlah Sekrup dengan Benar

Untuk cara menghitung sekrup, berikut rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung jumlah sekrup.

[(4 x J) + 1] x P

Dengan keterangan: J = Jumlah lebar atap per 1 saff, P = Jumlah reng, dan +1 = dari sekrup interlock, angka 4 sendiri berasal dari 4 = 4 sds sekrup.

Rumus Menghitung Biaya Kebutuhan Atap

Setelah mengetahui rumus menghitung luas SKYDECK dan jumlah skrup, selanjutnya adalah menghitung biaya kebutuhan SKYDECK, berikut rumusnya.

[(panjang atap x harga per meter) x jumlah lembar]

Dengan mengetahui cara menghitung luas SKYDECK serta kebutuhan kanopi dengan benar, kemungkinan untuk terjadinya kesalahan bisa diperkecil dan SKYDECK Anda menjadi kuat dan tahan bocor.

Temukan Atap Kanopi SKYDECK dengan kualitas terbaik di toko kami, GRAHAEXCEL. Kami menyediakan berbagai macam jenis atap kanopi yang bisa Anda jadikan referensi dan pilihan. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. 

Simak video berikut untuk mengetahui cara perhitungan Atap Kanopi SKYDECK lebih lengkap lagi, https://www.youtube.com/watch?v=9l28EGidSLE