Jika rumah Anda dekat dengan jalan raya, sebaiknya pahami tips meredam suara bising dalam artikel ini. Tentu sangat tidak nyaman rasanya jika suara bising dari luar rumah, menggema di dalam ruangan, dan terjadi setiap saat.

Suara bising yang terdengar ke rumah biasanya diakibatkan oleh desain atau arsitektur rumah yang kurang tepat. Lokasi rumah juga berperan besar dalam menghadirkan kebisingan tersebut.

Jika tembok rumah menempel dengan tembok tetangga, maka suara bising dari rumah tetangga juga bisa terdengar. Anda tidak perlu pindah rumah jika terganggu akan hal tersebut, karena ada beberapa cara efektif yang bisa diterapkan.

Tips Meredam Suara Bising Pada Rumah Hunian

Rumah hunian tentu kurang nyaman jika suara bising terus masuk, dan lokasi rumah kurang strategis. Beberapa cara berikut bisa Anda terapkan untuk mencegah masuknya suara bising tersebut.

1. Mencegah Suara Bising Lewat Peredam Suara Ruangan

Salah satu cara yang cukup efektif mengatasi suara bising tersebut adalah dengan memanfaatkan peredam suara ruangan. Peredam suara ruangan ini umumnya digunakan pada studio music atau ruangan kedap suara lainnya.

Bentuk peredamnya biasanya terbuat dari busa, dan ditempelkan pada seluruh dinding ruangan. Beberapa orang ada juga yang menggunakan papan telur sebagai peredam, karena cukup efektif juga mencegah suara bising masuk ke rumah.

Tips meredam suara bising lewat peredam suara ini adalah pastikan Anda menempelkannya di seluruh dinding, agar suara semakin kedap, dan terbebas dari kebisingan dari luar.

2. Menutup Ventilasi dari Arah Sumber Kebisingan

Ventilasi umumnya diterapkan pada rumah untuk membuat sirkulasi udara mengalir dengan baik. Ventilasi ini memang fungsinya penting, tetapi ventilasi ini juga yang membuat suara bising jadi masuk ke dalam rumah.

Sebaiknya, tutup ventilasi yang mengarah ke sumber suara bising tersebut. Anda bisa menutupnya menggunakan plastic, atau benda penutup lainnya. semakin rapat ventilasi ditutup, maka suara bising semakin bisa dihambat. Tips meredam suara bising ini semakin efektif jika diterapkan pada semua ventilasi rumah.

3. Gunakan Plafon yang Tebal dan Kedap Suara

Suara bising juga bisa masuk lewat atap rumah, terutama jika atap tidak tertup rapat, atau jika atap yang digunakan terlalu tipis. Plafon dinilai lebih efektif meredam panas dan juga suara bising ke dalam rumah, jadi bisa Anda jadikan pilihan.

Menggunakan plafon berukuran tebal dan kualitas bagus dapat mencegah masuknya suara bising dari atas rumah. Saat hujan deras misalnya, plafon tersebut dapat meredam suara hujan dengan baik. Tips meredam suara bising paling efektif adalah dengan memanfaatkan plafon tebal pada atap rumah.

4. Menambahkan Tirai di Pintu

Celah pintu juga bisa menjadi saluran suara bising masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, penting juga untuk menggunakan tirai pada pintu tersebut. Tirai tersebut dapat menghambat aliran suara masuk ke dalam rumah.

Bahkan ketika pintu dibuka, tirai tersebut dapat menjadi penghalang masuknya suara, sehingga suasana di dalam rumah semakin tenang dan nyaman.

Kesimpulan dari Meredam Suara Bising

Suara bising masuk ke dalam rumah karena dibawa oleh angin. Angin memasuki rumah dari setiap celah yang bisa dia temukan.

Jadi cara terbaik untuk meredam suara bising tersebut adalah dengan menutup segala celah yang ada di dalam rumah. Menggunakan peredam suara atau lapisan pada setiap celah rumah merupakan tips meredam suara bising yang mudah diterapkan.

Anda tidak perlu menyalahkan orang lain atau lokasi rumah yang membuat suara – suara mengganggu terus masuk ke dalam rumah.

Lebih baik cari tahu sumber suara bising tersebut, lalu tutup semua celah tempat suara mengalir. Tips meredam suara bising yang disebutkan di atas sangat efektif untuk mencegah masuknya suara ke dalam rumah, dan membuat hunian semakin nyaman.

Salah satu jenis atap rumah yang mampu meredam suara bising adalah Atap uPVC. Untuk lebih jelasnya, simak video review Atap uPVC berikut ini https://youtu.be/CvEPOE2UK-k