Tandon air yang juga disebut sebagai toren memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan air harian penghuni sebuah rumah atau kantor. Toren yang biasa digunakan memiliki ukuran mulai dari 500 liter, 1.000 liter, hingga 5.000 liter. Anda perlu mengetahui cara memilih toren air yang tepat, karena air merupakan kebutuhan pokok setiap orang, dan ketersediaan air tersebut harus selalu terjamin. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

Oleh karena itu, berikut ini akan disajikan mengenai tips memilih toren air yang tepat untuk kebutuhan harian Anda.

Beragam Tips Memilih Tandon Air

tower air

Sumber foto: https://pixabay.com

Tips memilih tandon atau toren air sangat dibutuhkan pada saat Anda membangun rumah, kantor, atau tempat lain. Air merupakan kebutuhan pokok pada kehidupan Anda sehari-hari, dan digunakan untuk berbagai aspek hidup seperti minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beragam tips memilih toren air berikut ini:

Pilih Toren Air yang Berkualitas

Kualitas pastilah menjadi kunci utama dalam tips memilih toren air. Toren yang berkualitas akan mempengaruhi usia pakai toren air tersebut dapat digunakan. Toren yang berkualitas harus tahan akan perubahan cuaca, baik curah hujan tinggi, ataupun kemarau panjang.

Memilih Bahan yang Tepat dan Menyesuaikannya dengan Kebutuhan

Terdapat tiga bahan toren air yang dapat dipilih, yaitu fiberglass, stainless steel, dan plastik. Masing-masing bahan toren air tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda. Anda dapat memilih bahan yang ingin Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pemasangannya.

Mengidentifikasi Kebutuhan Air di Rumah

Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan air di rumah atau kantor Anda, seperti berapa jumlah orang yang menghuni rumah atau kantor dan seberapa sering air digunakan. Hasil identifikasi tersebut nantinya akan berguna untuk mengetahui berapa kapasitas toren air yang akan Anda butuhkan.

Memeriksa Kekokohan Struktur Bangunan Toren Air

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pertimbangan kekokohan struktur bangunan tempat toren air akan diletakkan. Pastikan penyangga toren air tersebut awet menampung ukuran dan kapasitas toren air yang Anda pilih.

Lahan Penempatan Toren Air Harus Memenuhi Kriteria

Jika Anda menggunakan menara untuk meletakkan toren air, Anda tidak perlu mengkhawatirkan alas permukaan toren. Namun jika Anda akan meletakkan tangki di atap, Anda harus membuat permukaan datar untuk meletakkan toren air tersebut.

Pilih Tingkat Ketinggian yang Tepat

Ketinggian yang sering dipilih orang untuk meletakkan toren adalah 2-3 meter, 4-6 meter, dan lebih dari 7 meter dari permukaan tanah. Ketinggian yang berbeda, membuat kapasitas dan tekanan air yang dihasilkan juga berbeda.

Menentukan Sistem Instalasi

Sistem instalasi toren air ada dua jenis, yaitu memanfaatkan PAM, di mana toren air akan membutuhkan bola sebagai pelampung, yang berikutnya adalah menggunakan sumur. 

Menyesuaikan Ukuran Tangki

Memilih toren air yang pas pada tiap bangunan adalah dengan menyesuaikan kekuatan alas dengan ukuran toren. Semakin besar toren air, maka alas harus semakin kuat. Besaran toren air, seiring dengan volume air yang nantinya akan mengisi ruangan toren sampai penuh.

Menyesuaikan Volume, Pelampung Bola, dan Radar

Volume, pelampung, dan radar hanya dibutuhkan oleh pengguna sumber air PAM. Dengan menggunakan sumber air PAM, Anda tidak terlalu direpotkan, karena air akan mati dan menyala secara otomatis melalui penempatan pelampung bola.

Memilih Pipa Ventilasi Toren Air yang Berkualitas

Pipa ventilasi berfungsi untuk mengatur siklus udara di dalam toren. Siklus udara akan menentukan kualitas air yang akan Anda gunakan. Pipa ventilasi memiliki beragam jenis, Anda dapat menyesuaikannya langsung dengan ukuran, volume air yang dibutuhkan, dan struktur bangunan.

Tips lain mengenai cara memilih tandon air dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul 20 Tips Memilih Tandon Air.

Beragam Cara Memilih dan Memasang Toren Air di Rumah

tower air 2

Sumber foto: https://pixabay.com

Toren air memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan air harian di sebuah rumah. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak orang mencari tahu bagaimana cara memilih dan memasang toren air di rumah. Berikut ini adalah tips untuk memilih dan memasang toren air yang dapat Anda cermati:

Mengetahui Ciri Toren yang Berkualitas

Hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah ciri-ciri toren air berkualitas yaitu material tangki yang terdiri dari banyak lapisan, kuat terhadap perubahan cuaca yang ekstrim, tahan terhadap benturan keras, permukaan bagian dalam yang licin, dan lain sebagainya.

Mengenal Jenis-Jenis Toren

Anda juga perlu mengenal jenis toren berdasarkan bahannya, seperti toren fiberglass, toren stainless steel, dan toren plastik. Supaya Anda dapat memastikan dan kemudian menentukan toren mana yang cocok digunakan di rumah Anda.

Mengidentifikasi Penggunaan Air di Rumah

Anda juga perlu mengidentifikasi penggunaan dan kebutuhan air di rumah Anda dengan mengetahui berapa jumlah penghuni rumah dan seberapa banyak kebutuhan air masing-masing penghuni rumah tersebut.

Memeriksa Kekuatan Rumah

Anda juga perlu mengetahui kekuatan rumah Anda, tepat pada tempat Anda ingin meletakkan toren air. Pastikan tempat tersebut kuat untuk menopang toren air yang telah diisi air sampai penuh sesuai dengan kapasitasnya.

Mempersiapkan Alas Tangki yang Rata

Anda juga perlu menggunakan alas tangki yang rata atau datar ketika memasang toren air. Supaya toren air tersebut dapat berdiri tegak dan tidak khawatir akan jatuh karena tidak seimbang.

3 Jenis Material Toren Air yang paling Bagus

tower air 3

Sumber foto: https://pixabay.com

Material toren air adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin membeli toren untuk rumah atau keperluan lainnya. Material yang digunakan untuk toren air saat ini ada tiga jenis, yaitu polyethylene, fiberglass, dan stainless steel. Ketiganya telah teruji menurut standarisasi keamanan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pengguna.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing material toren air tersebut:

Fiberglass

Toren air dengan material fiberglass memiliki kelebihan berupa bobot yang lebih ringan dibandingkan bahan lain, dan strukturnya yang solid. Kekurangannya adalah, biaya perawatannya mahal, rawan keropos, dan juga rentan retak.

Polyethylene

Material tangki yang kedua adalah polyethylene yang dijual dengan harga terjangkau, standar SNI, dan merupakan bahan plastik yang ringan, anti bocor, dan juga antijamur. Namun material toren polyethylene ini kurang menarik dari segi penampilan.

Stainless Steel

Material toren air yang terbuat dari stainless steel lebih bagus dibandingkan bahan material lainnya karena memiliki beragam kelebihan, yaitu mampu menahan sinar matahari dan bentuknya elegan dan mewah, salinan itu bahan material ini juga memiliki lisensi FDA. Kekurangan bahan stainless steel ini adalah harganya yang relatif mahal, mudah berkarat, biaya perawatannya mahal, dan rawan bocor.

Cara Memilih Toren Air untuk Rumah Minimalis

tower air 4

Sumber foto: https://pixabay.com

Jika Anda memiliki rumah berukuran minimalis atau sempit, dan ingin memiliki toren air untuk menunjang optimalisasi penggunaan air di rumah Anda, Anda dapat mengikuti beberapa saran di bawah ini untuk memilih toren air yang cocok untuk Anda gunakan:

Memilih Toren Air dan Penempatannya

Jika rumah Anda minimalis atau sempit, Anda bisa meletakkan tandon air di atas atap atau di bawah tanah. Penempatan tandon air di atas atap atau bawah tanah tentu saja membutuhkan perawatan ekstra. Penempatan tandon di bawah tanah membutuhkan biaya lebih banyak, karena Anda harus menggali tanah. Namun toren bawah tanah memiliki keuntungan yaitu tidak memakan banyak tempat.

Memilih Toren Air Berdasarkan Kapasitas

Anda perlu melihat kebutuhan air di rumah Anda sebelum memilih toren air yang sesuai. Toren air berbahan plastik memiliki kapasitas sebagai berikut:

  • Volume 300 – 600 liter

  • Volume 650 – 1100 liter

Tips Memilih Pompa Air yang Tepat untuk Toren Air Anda

tower air 5

Sumber foto: https://pixabay.com

Toren air merupakan alat penampung air yang berfungsi untuk memaksimalkan kebutuhan air di rumah Anda supaya tetap terpenuhi. Untuk mendukung fasilitas toren air tersebut, Anda juga perlu memilih pompa air yang tepat, perhatikan tips berikut ini:

Pastikan Kedalaman Permukaan Air

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih pompa adalah memastikan kedalaman permukaan Air. Anda perlu mengetahui seberapa dalam sumber air di rumah Anda, karena kedalaman permukaan air akan mempengaruhi kekuatan mesin pompa yang akan Anda butuhkan.

Pilih Pompa Berdasarkan Voltase

Setiap pompa air memiliki voltase yang berbeda. Anda dapat memilih pompa air yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah Anda. Anda harus menghindari memilih voltase pompa yang terlalu rendah, karena memiliki risiko aliran debit air kurang maksimal.

Pilih Pompa Sesuai Kebutuhan Air di Rumah Anda

Anda perlu mengetahui kebutuhan air masing-masing penghuni rumah Anda. Semakin banyak penghuni di rumah Anda, maka akan semakin tinggi kebutuhan airnya. Oleh karena itu, Anda juga membutuhkan pompa air yang lebih besar pula tekanan airnya.

Periksa Kualitas Pompa Air Sebelum Dibeli

Anda perlu mengetahui kualitas pompa air sebelum membelinya. Kualitas pompa dapat dilihat dari material dan komponen yang digunakan. Setiap jenis pompa memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan jenis, merek, dan harganya. Anda sebaiknya memilih pompa air yang berbahan stainless steel pada bagian impeller supaya lebih awet dan tidak mudah patah.

Anda dapat membaca tips lain mengenai pemilihan pompa air yang tepat pada artikel yang berjudul Tips Memilih Pompa Air yang Tepat untuk Tandon Air.

Beberapa Tips Memilih Tangki Air untuk Rumah Anda

tower air 6

Sumber foto: https://pixabay.com

Toren air berfungsi untuk menampung air yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan air di rumah. Toren air ini sangat berguna jika suatu saat ada kerusakan pada PDAM, atau saat aliran air PDAM kurang lancar, atau saat listrik di rumah Anda padam. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih toren air berikut ini:

Mengenal Beragam Jenis Toren Air

Toren air memiliki beragam jenis berdasarkan bahan materialnya. Anda perlu mengetahui jenis-jenis ini sebelum membeli toren air supaya Anda dapat menentukan pilihan yang tepat. Anda bisa menyesuaikan jenis material tangki sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengetahui Seluruh Kebutuhan Air di Rumah

Setiap rumah memiliki kebutuhan air yang berbeda. Anda perlu mengetahui kebutuhan air di rumah Anda sebelum membeli toren air, supaya toren yang Anda beli dapat menampung kapasitas air sesuai dengan kebutuhan air harian di rumah Anda tersebut.

Pastikan Kualitas Toren Baik

Anda juga perlu memastikan kualitas toren air yang Anda pilih baik. Anda dapat menentukannya melalui jenis material, merek, sampai harga dari toren air tersebut. Perhatikan pula kualitas tangki air tersebut dan pastikan toren yang Anda pilih tahan lama, tahan akan perubahan suhu, dan tahan benturan supaya tidak mudah pecah atau bocor.

Sesuaikan Toren Air dengan Struktur dan Kekuatan Bangunan

Jika Anda akan meletakkan toren air di bagian atas rumah supaya tidak memakan banyak tempat di dalam rumah dan dapat mengganggu aktivitas, Anda harus menyesuaikan toren yang Anda pilih dengan struktur dan kekuatan bangunan Anda. Pastikan bangunan rumah Anda kuat menampung toren air yang terisi penuh dengan air sesuai dengan kapasitasnya.

Dapatkan tandon air dengan kualitas terbaik di Graha Excel. Kami menyediakan berbagai macam tandon air dengan lengkap. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. 

Saksikan video cara memilih ukuran tangki air rumah: https://www.youtube.com/watch?v=8q_pux0uu04