Peredam panas atap rumah perlu diaplikasikan pada setiap hunian, agar suhu ruangan menjadi sejuk, tanpa perlu menggunakan AC. Atap yang berkualitas, tidak hanya meredam panas sinar matahari, tetapi juga mampu meredam suara.

Saat ini semakin banyak jenis atap rumah yang bisa dipilih dengan keunggulannya masing – masing. Artikel berikut akan merangkumnya untuk Anda.

Jenis Peredam Panas Atap Rumah dengan Fungsinya Masing – Masing

Pemilihan atap rumah tidak boleh dilakukan sembarangan, karena setiap atap tersebut memiliki fungsinya masing – masing. Beberapa atap rumah berikut diklaim paling mampu meredam panas dan harganya juga terjangkau.

1. Bahan Polyurethane Foam

Atap Polyurethane cukup populer digunakan saat ini, karena ketahanannya terhadap segala cuaca. Bentuknya sendiri berupa cairan, sehingga efektif menjadi peredam panas atap rumah. Cukup semprotkan insulasi ini pada atap rumah, maka hawa panas akan diredam dengan baik.

Insulasi dari polyurethane foam ini bekerja dengan cara melindungi lapisan luar atap rumah. Insulasi ini juga cocok dimanfaatkan untuk mencegah atap bocor dan daya tahannya semakin baik.

2. Bahan Aluminium Foil

Bahan aluminium foil juga dikenal sebagai peredam panas atap rumah yang bekerja secara maksimal. Aluminium foil ini memiliki sifat tahan terhadap panas, selain itu pemasangannya juga relatif mudah dilakukan.

Aluminium foil mudah dibentuk karena relatif tipis, jadi bisa Anda pasang pada atap seng. Kemampuan lain dari aluminium foil adalah bisa menghalau sinar UV matahari.

3. Bahan Bubble Foil

Selain aluminium foil, ada juga bisa memanfaatkan bahan bubble foil untuk menjadi peredam panas atap rumah. Bentuknya sendiri cukup mirip dengan aluminium foil, hanya saja terdapat bentuk bulatan atau bubble di permukaannya.

Pengaplikasiannya sendiri mirip seperti aluminium foil, yang ini bisa diletakkan pada atap seng. Harganya relatif murah di pasaran, dan bahan yang satu ini sangat aman karena tidak mengandung senyawa racun.

4. Bahan Panel Styrofoam

Bahan lain yang juga dapat disematkan sebagai peredam panas atap rumah adalah panel Styrofoam. Styrofoam memiliki permukaan yang rapat, sehingga suhu panas matahari bisa diredam.

Hanya saja, jika ingin menggunakan Styrofoam ini, perhatikan jenis atap yang digunakan di rumah Anda. Jika atapnya seng, hindari memakai Styrofoam, karena bahannya bisa rusak jika bersentuhan dengan panas seng.

5. Bahan glass Wool

Bahan glass wool juga dikenal sangat bagus dalam meredam suhu panas matahari. Bahannya sendiri terbuat dari serat fiberglass, sehingga bagus digunakan menjadi peredam panas atap rumah.

Umumnya glass wool ini disematkan pada gedung – gedung perkantoran atau jenis atap yang bertingkat.

6. Atap uPVC

Jika Anda ingin hawa panas tidak masuk dari atap rumah, maka jenis atap uPVC juga bisa dijadikan pilihan. Jenis atap ini bahkan tahan terhadap api, karena kualitasnya memang sangat baik.

Atap uPVC banyak dipilih karena mampu juga meredam suara hujan ke dalam rumah. Atap ini biasanya lebih mahal dibanding atap lain, hanya saja kualitasnya merupakan yang terbaik.

Tips Memilih Peredam Atap yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa jenis bahan peredam panas dan keunggulannya masing – masing, Anda bisa memilih bahan tersebut untuk diaplikasikan pada atap rumah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap bahan tersebut memiliki kecenderungan masing – masing.

Penting untuk menyesuaikan jenis bahan peredam yang dipilih dengan jenis atap rumah Anda. Jika Anda menggunakan seng, maka bisa memilih peredamnya seperti aluminium foil atau juga polyurethane foam.

Hawa panas yang masuk ke dalam rumah, bukan hanya disebabkan oleh suhu bumi yang meningkat, tetapi bisa juga akibat salah pemilihan atap. Gunakan peredam panas atap rumah agar suhu ruangan bisa lebih adem dan nyaman.

Tahukah Anda alasan kenapa atap uPVC SKYDECK adalah atap upvc terbaik ? Yuk simak video penjelasan mengenai atap uPVC SKYDECK berikut ini https://youtu.be/q5Q19XCk8as