Untuk membuat kanopi, anda bisa mendapatkan berbagai material, salah satunya adalah atap uPVC dan atap spandek. Dari namanya saja, sudah bisa dibedakan apa bahan yang digunakan.

Kata uPVC sendiri merupakan singkatan dari unplasticized Polyvinyl Chloride, sementara atap spandek terbuat dari campuran seng dan alumunium.

Dari keduanya jelas terdapat perbedaan, berikut ini adalah penjelasannya.

Atap uPVC

Seiring berkembangnya teknologi, atap uPVC pun mengalami perubahan. Termasuk jenisnya, di mana atap uPVC saat ini terdiri atas dua jenis, yaitu uPVC berongga dan atap uPVC berserat.

Adapun kelebihan dari atap uPVC ini adalah:
1. Tahan Panas
Atap uPVC yang berongga memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara, sehingga bisa meredam panas dan suara bising yang kerap terjadi pada atap karena kepanasan, dengan sangat baik. Sementara pada atap spandek, hal ini tidak berlaku karena memang atap spandek menyerap panas.
2. Anti UV
Perbedaan atap uPVC dan spandek yang lainnya adalah atap uPVC diformulasikan dengan pelindung UV, sehingga membuat atap menjadi lebih tahan lama, tidak mudah pecah, bahkan warnanya pun tidak akan pudar untuk waktu yang cukup lama, dan tahan terhadap cuaca.

Ini juga yang membuat penghuni bangunan tetap sehat, karena atap mampu menahan sinar matahari dengan baik. Bahkan ruangan di bawahnya bisa menjadi terasa lebih sejuk, karena atap bisa membantu mengurangi suhu sebanyak 5 derajat celcius.

3. Meredam Suara
Kelebihan lain dari atap uPVC adalah kemampuannya dalam meredam suara. Sehingga suara air hujan yang turun pun tidak terdengar berisik, hal ini membuat penghuninya merasa nyaman. Ini tidak akan bisa anda dapatkan bila menggunakan atap spandek yang cenderung lebih tipis, hingga tidak akan mampu meredam suara.

4. Kuat dan Tahan Lama
Standar atap uPVC berkualitas adalah memiliki ketebalan sebanyak 10 mm karena itu atap ini mampu menahan beban hingga 500 kg-an. Sementara atap spandek yang tipis pastinya tidak akan bisa menanggung beban yang sama bahkan rentan pecah bila terinjak.

5. Anti Karat
Masih ada perbedaan atap uPVC dan spandek lainnya, yaitu sifatnya. Di mana atap uPVC memiliki kemampuan anti karat hingga belasan tahun lamanya. Meskipun atap uPVC ini berada di kondisi cuaca seburuk apa pun.
Kelebihan lainnya adalah anti rayap serta tahan terhadap bahan kimia, sehingga atap ini sangat tepat bila digunakan untuk atap pabrik.

Atap Spandek

Berikutnya adalah atap spandek. Dalam proses pembuatannya, atap diberi tambahan silicon, guna meningkatkan kadar kelenturannya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan lainnya dari atap spandek.

1. Tahan Lama dan Awet
Atap spandek juga dikenal mampu bertahan lama dan awet untuk jangka waktu yang panjang. Bahkan tidak sedikit bangunan yang menggunakan atap ini.

2. Anti Keropos dan Rayap
Ketebalan atap spandek rata-rata adalah 0,5 mm. Meski atap ini tipis namun bisa bertahan lama karena kualitas bahan yang digunakan. Karena terbuat dari campuran yang bagus antara seng dan alumunium, membuat atap ini pun jauh dari kata keropos dan tentu saja tidak disukai oleh rayap.

3. Pemasangan yang mudah
Menggunakan atap spandek memiliki keunggulan lain yang wajib anda ketahui. Yaitu, mudahnya pemasangan atap karena tidak memerlukan standar rangka bangunan yang rumit, hanya dengan menggunakan baja ringan saja sudah cukup.

4. Pemasangan Atap
Pada akhirnya memasang atap spandek pun jauh lebih mudah, hemat tenaga, dan pastinya tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk bangunan yang berlokasi di wilayah yang memiliki kekuatan angin yang cukup besar, material ini bisa menjadi rekomendasi terbaik, karena bisa menurunkan risiko atap yang ambruk.

Dan karena bentuk atap spandek ini adalah lembaran, jadi akan membantu anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

5. Variasi warna
Perbedaan antara atap uPVC dan spandek berikutnya adalah variasi warnanya. Tidak bisa dipungkiri bangunan yang kita miliki harusnya sedap dipandang mata.
Dan hal ini bisa anda dapatkan bila anda memilih atap spandek. Karena atap ini terdiri dari banyak kombinasi warna yang menarik. Meskipun memungkinkan juga anda bisa mengecat sendiri atap tersebut.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan serta perbedaan atap uPVC dan spandek yang perlu anda pahami. Berikutnya silahkan lakukan pertimbangan yang cukup matang untuk menentukan material atap mana yang akan digunakan, uPVC atau spandek? Pastikan semua sesuai dengan kebutuhan agar tidak membuat anda menyesal dan rugi.

Graha Excel merupakan produsen yang jual atap uPVC Excel untuk berbagai macam kebutuhan seperti rumah, gudang, dan bangunan lainnya.