Jika masih bisa memanfaatkan Anggota keluarga kenapa tidak?, akan menjadi pencapaian yang baik jika seluruh anggota keluarga gotong royong untuk mensukseskan usaha Toko Bangunan yang Anda miliki. Memberikan lahan pekerjaan bagi seluruh anggota keluarga yang dimiliki juga tidak kalah positif dengan mempekerjakan orang lain yang bukan dari anggota keluarga lho. Toko Bangunan Vania Jaya merupakan salah satu Toko Bangunan dengan cerita unik yang bisa menjadi tips dan trik bagi Sobat EXCEL yang ingin memulai usaha Toko Bangunan dengan Jual Toren Air EXCEL yang mampu mempekerjakan seluruh anggota Keluarga baiky yang ada di Ibu Kota, maupun yang ada di luar kota bahkan pulau terpencil.

 

Dokumentasi PT GRAHAEXCEL PLASTINDO

Toko Bangunan Vania Jaya di Tangerang merupakan Toko Bangunan biasa yang memiliki luas bangunan cukup besar di bagian gudangnya dan luas bangunan cukup kecil di bagian Toko Bangunannya itu sendiri. Tapi pemilik Toko Bangunan tersebut bisa berfikir sangat bijak untuk mempekerjakan semua anggota keluarganya menjadi staff pekerja dalam kegiatan usahanya membangun sebuah bisnis yang bergerak di dunia Toko Bangunan. Beliau memikirkan kenyamanan bekerja, dengan orang yang masih memiliki hubungan darah dengannya, sehingga beliau memutuskan hal tersebut dan mempekerjakan seluruh Anggota keluarganya bahkan anaknya pun disekolahkan ke luar negeri Guangzhou, China untuk mendapatkan pembelajaran mengenai ilmu bisnis dan mampu menjadi generasi selanjutnya yang meneruskan bisnis tersebut atau membuka cabang yang baru dan mengembangkan sayap setiap impian sang ayah dalam berbisnis dan memiliki usaha Toko Bangunan. Yuk, bagi Sobat EXCEL yang ingin tahu bagaimana tahapan yang dilakukan oleh Vania Jaya dalam membangun bisnis yang mempekerjakan Anggota Keluarga :

1. Tentukan Jabatan bukan Berdasarkan Kategori Tertua di Anggota Keluarga

Dalam membangun bisnis, harus memiliki pola pikir yang tegas. Jangan terus menerus memiliki pemikiran “tidak enakan” karena merupakan Anggota Keluarga. Harus mencari Anggota keluarga yang memiliki riwayat pendidikan sesuai dengan jabatan yang di tawarkan, jika riwayat pendidikan tidak sesuai dengan kriteria maka usahakan lihat dari pengalaman kerja yang sudah di lalui dan lakukan test yang berkaitan dengan jabatan yang dicari.

Misal, jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL maka penting memilih seorang marketing/sales dari Anggota keluarga yang berpengalaman di Dunia Sales tapi bukan Sales jasa, melainkan sales dari barang yang tangible/terlihat, misalnya sales mobil, sales rumah dll. Jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL maka penting memilih seorang CS/ Customer Service yang dulunya memiliki pengalaman seorang kasir dan memiliki jiwa penyabar yang tinggi untuk menanggapi orderan yang masuk, penawaran harga toren air yang diajukan pelanggan, komplain toren air yang diajukan pelanggan, sehingga Anggota keluarga yang nantinya akan menjabat menjadi Sales, bisa tetap Jual Toren Air GRAHAEXCEL dengan sabar.

2. Berikan Upah sesuai Beban Kerja

Gaji merupakan sebuah informasi yang seharusnya tidak diketahui orang lain / confidential. Tapi lain halnya dengan keluarga, karena perasaan Anggota Keluarga antara satu dengan yang lainnya begitu sensitif, jadi jangan mengkambing hitamkan keluarga nantinya, justru harus di informasikan secara rinci dan detail. Jika Sobat EXCEL Jual Toren Air GRAHAEXCEL maka untuk pemberian Upah disesuaikan dengan beban kerja. Jangan walaupun yang mengerjakan jobdesk tersebut merupakan anak sendiri, maka gajinya sangat besar dibandingkan yang lain. Tidak boleh seperti itu.

Jika CS Anda adalah Kakak perempuan anda, yang memiliki jobdesk memberi tahu harga toren air grahaexcel, menentukan harga toren air grahaexcel setelah ditawar, menangani komplain pelanggan, Maka jangan khawatir untuk memberikan gaji dengan strata di bawah Anda ya Sob! karena walau pun Anda adalah adiknya, dan jabatan Anda adalah pemilik perusahaan maka akan wajar jika Gaji Anda jauh lebih besar dibandingkan Kakak Anda yang menjabat sebagai CS.

3. Berikan Pembagian Tugas yang Jelas dan Ter-arah

Kebanyakan dari Sobat EXCEL pasti merasa segan untuk memberikan tugas yang banyak untuk mempekerjakan Anggota keluarga, pasti maunya yang simple aja dengan 1 jobdesk yang berputar di situ situ saja, tapi jangan berfikir seperti itu ya Sob! tanamkan pola pikir “Anda merekrut mereka bukan karena Anggota Keluarga melainkan karena Anda ingin membuat mereka menjadi tenaga profesional” jadi jangan langsung anggap remeh kemampuan mereka ya Sob! bukan berarti Anggota Keluarga yang hanya lulusan SMA tidak bisa mengalahkan Anggota Keluarga yang sudah lulusan luar negeri. Intinya harus tanamkan pola pikir “Berikan kesempatan mencoba 3x jika tidak bisa barulah simpulkan mereka kurang perform di bidang itu, jangan langsung dibilang gagal ya Sob!”

Jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL, jika ada Anggota Keluarga yang merupakan pegawai CS maka memang tugas utamanya memberikan Harga Toren Air dan menciptakan terjadinya transaksi, tapi tidak menutup kemungkinan mereka harus bisa melakukan rekap order yang menggunakan ms. EXCEL dan mengoprasikan rumus dengan rumus yang biasanya dilakukan oleh tim accounting. Jadi Anggota keluarga Anda yang menjabat sebagai CS, bisa tetap produktif dan mendapatkan ilmu baru rumus accounting yang tidak melulu fokus pada bagaimana Jual Toren Air GRAHAEXCEL, Memberikan Harga Toren Air, dan Tawar-menawar ke calon pembeli.

4. Berikan penghargaan atau apresiasi kerja

Walaupun mereka merupakan anggota keluarga Anda, jangan sungkan untuk melakukan hal spesial untuk masing masing dari mereka. Jangan menganggap sebuah penghargaan tidaklah penting, Anda sebagai pebisnis harus bisa mnegapresiasi sekecil apapun kontribusi yang sudah dilakukan Anggota Keluarga Anda dalam bekerja dan bertanggung jawab atas jabatannya. Tapi penghargaan yang diberikan harus lah adil sesuai berat beban kerjanya ya.

Nah Bagaimana Sob? semoga dengan menjalankan beberapa tips di atas, semua Anggota keluarga bisa diapresiasi dan berbuat adil sesuai beban kerjanya. Jika Anda Jual Toren Air GRAHAEXCEL bukan berarti Anda hanya fokus untuk Jual Toren Airnya saja, melainkan harus fokus untuk menciptakan rasa kekeluargaan agar Anggota yang bekerja, tidak hanya merasa tenaganya yang dimanfaatkan tapi kerja kerasnya Jual Toren Air diapresiasi dan kerja kerasnya menawarkan toren dengan Harga Toren Air yang murah dan Harga Toren Air yang terjangkau membuahkan hasil dan bisa membanggakan pimpinan perusahaan.

Yuk tonton kisah salah satu supermarket bangunan kami di Bogor, dimana seluruh kepala bagiannya merupakan anak dari sang pemilik : https://www.youtube.com/watch?v=cxjqlGmeMOc