Pasang 2 toren air pada dasarnya tidak terlalu berbeda teknik pemipaannya dengan hanya memasang 1 tangki. Intinya Anda harus menjadikan aliran dari dua tangki tersebut berfungsi.

Sedangkan dasar yang membedakan pemasangan satu dan dua toren adalah dari tekanan volumenya. Misalnya pada tekanan volume dua tangki kapasitas 0,5m3, kekuatan alirannya lebih rendah dibandingkan satu tangki kapasitas 1m3.

Sedangkan berbicara kebutuhan, pemasangan dua toren ini kini sudah hal biasa. Umumnya Anda yang memakai PDAM. Sehingga pemasangan dua toren bertujuan menyediakan cadangan lebih besar untuk aliran dari PDAM.

Teknik Pemipaan Pasang 2 Toren Air yang Berdampingan

Tujuan pemasangan lebih dari satu toren tidak hanya untuk cadangan air, tetapi bisa juga untuk menormalkan kekuatan tekanannya. Bahkan dapat juga untuk model dasar fasilitas penyaringan.

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, ada dua teknik pemipaan pada 2 tangki. Pertama adalah yang berdampingan atau berada di atas suatu permukaan sama. Berikut adalah cara pemasangannya.

1. Kapasitas tangki yang Anda pilih bisa berbeda atau sama. Misal salah satu memakai 1m3 dan lainnya 0,5m3. Namun pada kapasitas yang sama, pengaturan pemipaan akan lebih fleksibel.

2. Pastikan Anda sudah memiliki pondasi atau bidang datar untuk peletakan dua toren. Kemudian pasang 2 toren air tersebut pada pondasi yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Perlu perhatikan juga ketinggian pondasinya. Pada ketinggian 2 sampai 4 meter, semburan airnya akan rendah. Sedangkan ketinggian 4 sampai 6 meter sedang, di atas 7 meter semburan tinggi.

4. Pada pipa penghubung antara 2 tangki, pasang klep satu arah. Nantinya berfungsi mengarahkan aliran airnya supaya bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Misal dari kanan ke kiri saja.

5. Lakukan juga pengecekan dengan waterpass. Tujuannya supaya tahu tingkat kemiringan airnya. Kalau sudah melakukan tahapan tersebut, nantinya Anda tinggal pastikan memasang ring pengaman dengan baik.

6. Terakhir lakukan pemasangan water level kontrol, sering juga disebut pelampung. Pemasangan ini bisa atau tidak dilakukan. Kalau diberi pelampung, maka proses pengisian hingga pengeluaran air dari pompa akan otomatis.

Teknik Pemipaan Pasang 2 Toren Air Berbeda Ketinggian

Berikutnya teknik pemipaan dua tangki dengan beda ketinggian yang cocok digunakan kaitannya dengan kekuatan distribusi tekanan air untuk memperbaiki. Dimana tujuannya untuk mengatasi tekanan yang terlalu kuat maupun terlalu lemah.

1. Langkah pertama sama yaitu menyiapkan pondasi. Bedanya Anda akan menggunakan dua pondasi yang memiliki beda ketinggian. Pada teknik kedua ini juga memperbolehkan kapasitas toren yang sama maupun berbeda.

2. Khusus teknik kedua, diperlukan dua “radar” dalam pemasangannya. Dimana radar ini berfungsi untuk memicu pengatur waktu pemindahan air dari toren bagian bawah ke atas.

3. Pada toren bawah bagian pipa keluaran, pasang juga satu unik check-valve atau klep satu arah. Fungsinya supaya air sepanjang pipa penghubung tidak lagi kembali turun.

4. Setelahnya bisa dilakukan pengecekan waterpass. Tidak lupa pasang ring pengamannya juga. Khusus penggunaan air PDAM, lebih baik Anda juga memasang pelampung atau water level kontrol.

Dua radar yang diperlukan pada teknik pemipaan ini menjadikan distribusi air hanya terjadi, kalau pemberat berada di kondisi yang ditentukan. Sehingga pompa otomatis menyala saat toren bawah terisi air.

Memasang dua toren kini memang merupakan hal biasa. Mengingat tujuannya yang bisa lebih banyak menyimpan cadangan air. Selain itu juga untuk memperbaiki distribusi Volume yang tidak teratur.

Nantinya tinggal pilih teknik pemipaan sesuai kebutuhan. Misal kebutuhan cadangan, bisa pakai teknik berdampingan. Sedangkan untuk memperbaiki distribusi tekanan, sebaiknya pakai teknik pemipaan pasang 2 toren air berbeda ketinggian.

Jika Sobat ingin memasang 2 Toren Air, Sobat bisa menggunakan Tangki Air Horizontal maupun Tangki Air Silinder biasa. Akhir-akhir ini, penggunaan banyak toren air marak digunakan seiring bertambahnya kebutuhan mendirikan wastafel portable sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Untuk mengetahui bagaimana cara memasang toren air untuk banyak wastafel, Sobat EXCEL bisa cek video berikut ini. https://youtu.be/ZJpM-jNtZKw