Tidak bisa asal pilih, Anda harus sesuaikan jenis tandon air dengan kebutuhan sehari-hari. Dimana sebelum membahas ke berbagai jenisnya, perlu juga dipahami pengertian darinya terlebih dahulu.

Sering disebut juga dengan tangki atau toren, tandon merupakan suatu alat penampungan air yang memiliki beberapa kegunaan. Diantaranya untuk menampung persediaan dan cadangan air khususnya ketika mati lampu.

Selain itu mempunyai tangki ini juga bisa menjadikan hemat listrik. Kembali ke jenisnya, tandon umumnya dibedakan menjadi 3 berdasarkan bahannya. Diantaranya tangki terbuat dari fiber glass, stainless steel, serta polyethylene.

2 Jenis Tandon Air Berbahan Fibe Glass dan Polyethylene

Dua jenis pertama merupakan paling umum ditemukan di Indonesia. Mengingat keduanya memiliki harga pasaran yang cukup murah dibandingkan stainless steel. Namun tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan juga.

1. Tandon Air Fiber Glass

Memiliki bobot ringan, kelebihan tangki pertama ini bisa dibilang cukup keras. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya dalam harga lebih murah dibandingkan dua lainnya. Sayangnya tangki ini tidak terlalu awet.

Selain itu perawatannya juga cukup sulit dan kalau rusak, perbaikan membutuhkan harga mahal. Belum lagi masalah bahannya yang tidak tahan terhadap sinar UV, sehingga bisa oksidasi kalau terjemur.

Banyak juga yang mempermasalahkan masalah dinding lebih mudah keropos. Bahan fiber keropos tersebut bisa ikut larut dan memengaruhi kualitas air didalamnya. Bahkan bisa juga menimbulkan masalah mudahnya tumbuh jamur.

2. Tandon Air Polyethylene

Jenis tandon air berikutnya adalah berbahan polyethylene, paling umum digunakan masyarakat Indonesia. Mengingat kelebihannya yang tidak mudah bocor dan tahan terhadap benturan. Bagian dalamnya juga dilapisi anti lumut serta jamur.

Tentunya sudah mendapat standardisasi SNI dan diakui FDA USA. Tangki polyethylene juga ringan karena terbuat dari plastik. Hanya saja kekurangannya adalah terlihat kurang eksklusif dan mewah.

Sehingga bagi Anda yang memikirkan tampilan, stainless steel mungkin lebih disarankan. Selain itu, karena umumnya tembus cahaya, jadinya pertumbuhan lumut masih memungkinkan pada tangki polyethylene ini.

Jenis Tandon Air dari Stainless Steel Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis tangki terakhir akan Kami jelaskan adalah berbahan stainless steel. Bisa dibilang terbuat dari bahan yang aman, yaitu SS 304, tentunya masih ada beberapa kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan.

Kekurangan pertamanya adalah memiliki daya tahan terhadap cairan kimia yang terbatas. Selain itu bagian sambungannya juga mudah karatan dan korosi. Sehingga kurang disarankan untuk Anda yang tinggal di sekitar pantai.

Jenis tandon air stainless steel ini juga hanya efektif untuk menyimpan air bersih, seperti PAM. Karena kalau diisi air tanah, bisa mengakibatkan karatan karena kandungan asamnya.

Selain pembelian di awal yang lebih mahal dibandingkan dua sebelumnya, biaya untuk memperbaikinya juga tidak kalah mahal. Kalau sampai muncul kebocoran di dindingnya, maka penambalan sudah sulit dilakukan.

Namun tentunya kelebihan yang dimiliki menjadikannya cukup digemari, khususnya Anda pemerhati tampilan. Mengingat bentuknya terkesan lebih elegan, mewah, dan eksklusif. Pertumbuhan lumut juga bisa lebih ditekan.

Kalau ada tekanan airnya di dalam tangki, bentuknya juga tidak mudah berubah. Jenis ini tentunya sudah diakui oleh FDA (Food, Drug, and Administration) USA. Menunjukkan lebih aman dari larutan-larutan tertentu.

Kini Ada sudah paham tiga jenis tangki yang bisa menjadi pilihan. Tinggal tentukan mana yang sesuai kebutuhan. Misalnya Anda menggunakan air tanah, maka jenis polyethylene lebih disarankan.

Pertimbangkan juga masalah budget yang perlu dikeluarkan. Misal punya budget cukup, ingin tampilan eksklusif, pilihlah tangki stainless steel. Tentunya ingat untuk sudah memakai air PAM untuk jenis tandon air tersebut.

Toren Stainless Steel EXCEL menyediakan 2 macam jenis tangki stainless dengan ketebalan dan ukuran yang beragam, yuk simak video review lengkap tangki air stainless steel berikut ini https://youtu.be/cIlhptKyz1A