Tahukah Anda sekarang ini ada 3 cara pemasangan toren air jika dilihat dari posisinya? Ya, toren air atau biasa kita sebut sebagai tandon memang memiliki teknik pemasangan yang berbeda. Jika dilihat dari letak pemasangannya, setiap saluran pipa memiliki posisinya masing-masing.

Sebelum itu, letak toren pada dasarnya bisa di bagian atas, sejajar rumah atau bawah tanah. Tiga posisi ini memberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai contoh, toren atas tidak memerlukan banyak tempat karena posisinya di atas.

Lalu ada juga toren sejajar yang memakan banyak tempat namun saluran airnya lebih mudah. Selain itu, ada juga toren bawah tanah dengan kondisi yang tidak memakan banyak tempat. Dari ketiga posisi tersebut, toren bawah tanah adalah yang paling bagus karena banyak kelebihannya.

Cara Pemasangan Toren Air Posisi Atas 

Untuk memasangkan toren atau tandon di posisi atas rumah, Anda harus memiliki ruang yang cukup. Artinya, ruang untuk meletakkan toren harus sudah tersedia baik itu penyangga atau atap rumah. Untuk lebih jelasnya, perhatikan poin-poin berikut mengenai teknik pemasangan toren.

  1. Pasangkan tandon di atas dengan ketinggian 2 - 4 meter dari permukaan. Keuntungan dari tandon di atas adalah Anda masih bisa mengalirkan air meskipun pompa dalam keadaan mati karena tekanan yang diberikan.
  2. Setelah itu, pasang Pipa dari bawah untuk menyalurkannya ke pompa.
  3. Sedangkan posisi atas tandon dipasang dengan pipa yang terhubung ke air PDAM. Jadi, pipa bawah adalah jalur air keluar dan pipa atas adalah jalur masuk air ke dalam tandon.
  4. Ketika pipa sudah selesai dipasangkan ke setiap katup, maka Anda bisa menggunakan pompa untuk menarik sumber air dari toren.

Cara Pemasangan Toren Air Posisi Sejajar

Setelah toren posisi atas, cara pemasangan selanjutnya adalah dengan toren posisi sejajar. Cara pasangnya hampir sama yaitu Anda perlu meletakkan toren di latar atau halaman rumah Anda. Kelemahan dari toren ini adalah memakan terlalu banyak tempat.

Meskipun begitu, Anda bisa mendapat keuntungan karena saluran airnya sejajar dan lebih mudah di atur. Selain itu Anda juga bisa dengan mudah membersihkan tandon ketika sudah saatnya di bersihkan. Untuk pemasangan, Anda bisa perhatikan poin-poin penting berikut ini.

  1. Letakkan toren di posisi strategis atau di bagian sudut rumah. Setidaknya, ada jalur untuk saluran pipa PDAM dan saluran untuk pompa.
  2. Memasang sistem sambungan air dengan pipa yang diletakkan di tempat khusus. Pipa harus dalam keadaan bersih dari jalur umum di rumah. Hal ini diperlukan agar pipa tidak mendapat kerusakan akibat adanya orang yang menginjaknya.
  3. Setelah jalur di tentukan, pasangkan pipa PDAM di bagian atas dan pipa pompa di bagian bawah.
  4. Untuk bisa menarik air toren, Anda harus menggunakan pompa secara terus menerus. Di sini Anda tidak mendapat tekanan atau dorongan otomatis karena letaknya sejajar. Jadi Anda hanya bisa menariknya dengan mesin pompa.

Cara Pemasangan Toren Air Posisi Bawah Tanah

Tentu saja posisi terakhir yang perlu Anda ketahui adalah di bagian bawah tanah. Toren dengan posisi ini lebih menguntungkan karena letaknya tidak mengganggu kondisi rumah. Namun ada juga titik lemahnya yaitu membutuhkan biaya lebih untuk membuat ruang bawah tanah.

Meski begitu, kelebihan tandon ini lebih banyak dari kedua posisi lainnya. Untuk pemasangan, Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena saluran air bisa terjaga dengan baik. Toren bisa di sambungkan ke pipa PDAM secara langsung untuk mendapat pasokan air.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat asupan air dari pompa yang telah dipasangkan sebelumnya. Cara pemasangan tetap sama yaitu PDAM atas dan pipa pompa bawah. Dengan ketiga cara pemasangan toren air, Anda sudah bisa memasang toren sesuai dengan kondisi dan posisinya.

Dikarenakan ada banyak cara memasang toren air, jenis toren air pun ada banyak. Di Graha Excel, sobat bisa mendapatkan Tangki Stainless Steel dengan Kaki, Tangki Air Silinder (Rata), dan Tangki Tanam/Pendam. Sobat bisa cek video ini https://youtu.be/YE-SeTR92eo untuk mengetahui secara visual bagaimana memasang toren air yang tepat.