Anda mungkin belum mengetahui apa saja perbedaan atap PVC dan uPVC yang sering digunakan di rumah. Kedua jenis atap ini ternyata memiliki perbedaan masing-masing dan sering digunakan sebagai material tempat menutupi atap.

Ada banyak jenis atap uPVC serta PVC yang harus Anda ketahui perbedaannya. Hal ini penting diketahui agar Anda tidak salah dalam memilih jenis atap yang akan digunakan. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa simak uraian di bawah ini.

Perbedaan Antara Atap PVC dan uPVC

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan salah satu dari jenis atap ini, maka ketahui dulu tentang perbedaannya masing-masing. Adapun karakteristik yang menjelaskan tentang perbedaan kedua atap ini adalah sebagai berikut:

1. Aspek Jenis

Pertama adalah dari atap PVC dan uPVC adalah dari aspek jenisnya. Jika atap PVC biasanya yang sering digunakan adalah jenis LaserCool sedangkan untuk uPVC adalah Alderon. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

2. Sifat Atap

Perbedaan kedua adalah dari sifat kedua jenis atap tersebut. Untuk PVC memiliki sifat yang fleksibel karena sudah melalui tahapan plasticized. Sedangkan untuk atap uPVC adalah sifatnya lebih rigid hal ini dikarenakan pada atap uPVC tidak melalui tahapan plasticized.

Tambahannya dari atap uPVC adalah bisa tahan terhadap api. Hal ini karena di dalamnya ada unsur BPA dan tidak mudah terbakar.

3. Ukuran Ketebalan

Berikutnya adalah mengenai ukuran ketebalannya, untuk atap jenis PVC ketebalannya mulai dari 0.9 mm. Sedangkan untuk atap uPVC salah satunya adalah Alderon yang memiliki ketebalan mulai dari 1.20 mm sampai 10 mm.

4. Ukuran Panjang

Adapun perbedaan berikutnya dari ukuran panjang mengenai atap PVC dan uPVC. Untuk atap PVC memiliki panjang sampai 3.0 meter. Sedangkan uPVC memiliki panjang sampai 45 milimeter.

5. Bahan Pembuatan

Bahan pembuatan atap PVC adalah plastik atau yang disebut dengan PVC. Sedangkan uPVC sendiri juga terbuat dari plastik akan tetapi ada tambahan yaitu unsur chlorine atau garam.

Manfaat Pemasangan Atap untuk Rumah

Selain mengetahui perbedaan antara atap PVC dan uPVC Anda juga harus mengetahui kedua jenis atap tersebut digunakan untuk apa saja. Adapun manfaat penggunaan atap PVC dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Melindungi dari Panas dan Hujan

Adapun untuk manfaat pemasangan atap uPVC atau PVC adalah untuk melindungi pemilik rumah dari panas dan hujan. Anda tidak akan merasakan sengatan matahari dan dinginnya air hujan karena sudah terlindungi oleh atap.

Oleh sebab itu penting sekali untuk memilih jenis atap yang akan digunakan apakah PVC atau uPVC. Selain itu pemilihan jenis atap juga akan berdampak pada bagaimana efek yang diberikan oleh atap tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas Udara

Pemasangan atap yang berikutnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara. Anda dapat merasakan udara segar yang masuk karena ada atap di bagian rumah Anda. Selain itu fungsi atap juga agar mempercantik rumah.

Ada banyak sekali model atap yang bisa Anda gunakan agar rumah tampak terlihat lebih cantik dan rapi. Jangan lupa untuk memilih bahan yang tepat agar betah di dalam rumah. Itulah karakteristik dari keduanya yang harus Anda ketahui.

Kedua atap tersebut fungsinya hampir sama yaitu untuk melindungi dan menutupi bagian atap Adapun terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi Anda bisa memilih untuk menggunakan atap PVC dan uPVC.

Agar Sobat EXCEL tidak salah dalam memilih Atap uPVC, Graha Excel menyediakan Atap uPVC SKYDECK yang dapat Sobat pilih sebagai atap rumah terbaik. Cek kelebihan atap uPVC SKYDECK di video berikut ini. https://youtu.be/hJ41Z4TmsF8