Mesin pompa air terbaik tentu penting dimiliki, sehingga kebutuhan akan air bersih dapat terpenuhi. Jika pompa air bermasalah maka aktivitas bisa terhambat. Dalam bidang industri misalnya, pompa yang bermasalah dapat menghambat produktivitas.

Pompa air yang digunakan di rumah tangga tentu berbeda dengan pompa air untuk kebutuhan industri. Sebelum memilih pompa, penting untuk memahami fungsi dan kelebihannya masing - masing.

Jenis Mesin Pompa Air Terbaik Beserta Fungsinya

Setiap pompa air hadir dengan fungsi dan cara kerjanya yang berbeda – beda. Berikut ini beberapa mesin pompa yang kerap digunakan di rumah tangga.

1. Pompa untuk Sumur Dangkal

Pompa untuk sumur dangkal ini biasanya digunakan pada sumur yang kedalamannya maksimal 9 meter. Biasanya pompa ini digunakan di area perumahan sempit dan untuk memenuhi kebutuhan air skala ringan.

Cara kerjanya adalah menghisap air dari dalam sumur, dan mengalirkannya ke tempat penampungan.

2. Pompa untuk Sumur Dalam

Pompa sumur dalam biasanya digunakan pada sumur yang kedalamannya lebih dari 9 meter. Mesin pompa air terbaik ini juga umum digunakan di perumahan, karena daya hisapnya sangat kuat, dan daya pancar pompanya juga relatif besar.

3. Pompa Boster

Pompa boster fungsinya lebih kepada memperkuat daya alir air di dalam pipa. Jenis pipa ini juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan perumahan, terutama untuk kebutuhan air panas. Pompa ini biasanya dipasang di dekat sumber air tersebut.

4. Pompa Air Celup

Sama seperti namanya, mesin pompa air terbaik ini dipasang menggunakan sistem celup. Pompa dibenamkan dalam air, sehingga mampu menyedot air dan mengalirkannya ke penyaringan. Jenis pompa celup kerap digunakan pada akuarium.

5. Pompa Air Mesin Diesel

Pompa air ini menggunakan tenaga diesel sebagai penggeraknya, dan penggunaannya umumnya untuk kebutuhan air skala besar. Pompa diesel ini sering digunakan di area sawah atau tambak perikanan, dan keunggulannya adalah irit bahan bakar.

6. Pompa Air Otomotif

Mesin pompa air terbaik yang satu ini kerap digunakan pada kendaraan bermotor. Fungsi utamanya yakni mengalirkan air untuk mendinginkan mesin. Pompa yang satu ini selalu disematkan pada sepeda motor dan juga mobil yang menggunakan bahan bakar.

7. Pompa Air Agrikultur

Pompa agrikultur merupakan jenis pompa yang dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian. Pompa ini dimanfaatkan untuk menyedot air dari tanah, sehingga kebutuhan air untuk keperluan bertani bisa tercukupi.

8. Pompa Air Laut

Pompa air laut merupakan pompa yang dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan garam pada air laut. Biasanya pompa ini digunakan pada kapal, di mana air hasil penyaringan dalam pompa dapat digunakan untuk kebutuhan darurat seperti kebakaran.

9. Pompa untuk Industri

Pompa industri merupakan mesin pompa air terbaik yang dimanfaatkan untuk kebutuhan industri skala besar. Pompa ini sangat berfungsi untuk menunjang pekerjaan manufaktur dan sejenisnya. Pompa untuk industri harus bertenaga besar agar mampu mengalirkan air untuk kebutuhan industri besar.

10. Pompa Sirkulasi Air Panas

Pompa yang terakhir ini biasanya dimanfaatkan pada industri yang membutuhkan air panas. Pompa berfungsi untuk mengalirkan air panas dari boiler ke pipa dan tempat penampungan. Pompa ini biasanya menggunakan tenaga listrik, dan dibuat tahan terhadap panas dengan suhu tinggi.

Sebenarnya masih banyak jenis pompa lain yang digunakan untuk menunjang kegiatan manusia. Pada umumnya fungsi setiap pompa tersebut adalah untuk memastikan pengairan berlangsung dengan baik.

Cara kerjanya berbeda, bergantung kebutuhan pompa tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan mesin pompa air terbaik, sebaiknya pahami kebutuhan terlebih dahulu dan pahami cara kerjanya.

Jika sudah menemukan pompa air yang tepat, sobat EXCEL harus mendapatkan tandon air yang terbaik juga. Untuk sobat EXCEL yang ingin tau cara mudah membersihkan tandon air EXCEL klik link berikut ini ya https://youtu.be/jCXr5D-gZXg