Masih banyak orang belum mengetahui bagaimana ciri air bersih aman yang layak digunakan kehidupan sehari-hari. Baik itu konsumsi atau digunakan keperluan lainnya seperti mencuci.

Ada dua parameter paling penting yang perlu diperhatikan yaitu dari aspek visual dan rasa. Jadi dua hal tersebut dapat digunakan untuk menentukan apakah cairan tersebut aman digunakan atau tidak.

Tentu saja banyak bentuk cairan yang memiliki dua kriteria hampir sama namun bisa mematikan. Namun hal tersebut tidak terlalu umum sehingga dalam kondisi biasa akan cukup sulit ditemukan.

Oleh karena itu disini kami akan menekankan bagaimana menentukan apakah air tanah tersebut bisa digunakan atau tidak. Karena ini adalah probabilitas paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Akibat yang akan ditimbulkan ketika mengkonsumsi zat cair berbahaya tentu saja sangat fatal. Berbagai potensi kontaminasi bisa terjadi sehingga membuat kesehatan tubuh memburuk.

Belum lagi ketika terdapat kandungan zat berbahaya sehingga membuatnya bisa merusak organ dalam. Oleh karena itu Anda perlu memahami bagaimana menentukan kualitasnya secara mudah.

Mengapa Air Bersih Aman Tidak Berwarna

Dari segi visual air bersih selalu tidak memiliki warna, atau jernih secara sempurna. Semakin keruh atau memiliki warna tertentu maka bisa dianggap bahwa kemungkinan ada hal berbahaya di dalamnya.

Mengkonsumsi ketika keadaannya keruh juga sangat berbahaya bagi tubuh karena besar kemungkinan terdapat bakteri berbahaya. Belum lagi ketika keruhnya menyerupai warna tidak lazim.

Misalnya Anda menemukan kondisinya keruh seperti bekas digunakan mencuci piring. Maka kemungkinan terdapat timbal pada cairan tersebut yang jelas sangat berbahaya ketika masuk dalam organ tubuh.

Jika cairannya kemungkinan berasal dari penampungan air hujan maka terdapat beberapa potensi. Antara timbal atau asam yang terlalu tinggi pada cairan tersebut sehingga membuatnya berwarna keruh.

Ketika cairan memiliki warna jernih maka tidak terdapat logam berat di dalamnya. Sehingga secara umum bisa dikatakan aman ketika digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari seorang manusia.

Hanya ada beberapa zat kimia berbahaya yang tidak merubah warna namun berbahaya. Sianida, dan asam sulfat adalah dua macam zat berbahaya yang ketika bercampur pada cairan tidak merubah warnanya.

Namun di alam bebas keduanya memiliki kemungkinan sangat sulit ditemukan. Sehingga Anda tidak perlu terlalu paranoid dan menganggap bahwa zat tadi bisa mudah mengkontaminasi air.

Air Bersih Aman Tidak Berbau dan Berasa

Setelah tadi dari segi visual maka disini dari segi bau dan rasa harus dipastikan bagaimana kualitasnya. Air bersih sama sekali tidak berbau atau berasa dalam kondisi apapun kecuali tercemar zat tertentu.

Sebagai contoh ketika kita gunakan dua cairan berbahaya sebelumnya seperti asam sulfat dan sianida. Ketika diendus sianida akan menyerupai aroma seperti sabun cuci yang cukup aneh jenisnya.
Kemudian asam sulfat justru lebih mudah diketahui karena belum sampai mengendus mata dan hidung sudah terasa pedas. Jadi dengan dua kriteria berdasarkan visual dan rasa saja sudah dapat diseleksi.

Dari segi rasa apabila ingin mengetes sebenarnya kami kurang merekomendasikan. Karena ketika ternyata cairan tadi mengandung racun jika sudah sampai lidah maka terlambat untuk menganalisanya.

Apabila dalam keadaan bebas di alam terbuka, mungkin merasakan bagaimana air tersebut masih bisa dilakukan pada kondisi tertentu. Misalnya ketika menemukan sumber air di tengah hutan.

Ketika warnanya jernih dan tidak mengeluarkan bau maka Anda boleh mencoba menjilatnya. Air bersih tidak memiliki rasa sama sekali atau tawar dan ketika diminum dapat memberikan sensasi menyegarkan.

Jadi jika semua kriteria tadi terpenuhi maka jelas cairan tersebut layak untuk dikonsumsi. Apabila hanya sekedar untuk mandi sepertinya dari visual dan bau saja sudah cukup untuk menganalisisnya.

Dengan memahami beberapa hal tadi tentu Anda sudah lebih mampu mengidentifikasi cairan aman atau tidak. Sehingga bisa memilih air bersih aman untuk digunakan kehidupan sehari-hari.

Jika Sobat EXCEL ingin mengetahui informasi lengkap mengenai Tangki Air EXCEL supaya air di rumah selalu bersih, cek video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=xg-fgYN0aqI