Beberapa orang membutuhkan informasi mengenai cara agar air tandon mengalir deras untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Tandon lebih dikenal sebagai toren, yaitu bak penampungan air besar yang biasanya diletakan pada bagian atap atau ada menaranya.

Bukan tanpa alasan posisi toren ada di bagian atas rumah, itu karena tekanan diperlukan untuk mengalirkan air ke seluruh pipa. Rumah masa kini biasanya memiliki wastafel untuk mencuci piring, juga menggunakan shower maupun bak penampungan untuk mandi.

Penempatan toren di bagian atap bukan satu-satunya faktor aliran dapat berjalan lancar. Terdapat faktor lainnya, seperti instalasi pipa juga harus benar. Terkadang untuk menuntaskan permasalahan, anda membutuhkan pompa demi memancing keluarnya aliran.

Berbagai cara dapat diketahui secara lebih mendetail melalui pembahasan berikut ini. Efeknya bukan hanya berpengaruh bagi kebutuhan wastafel dan shower, namun juga terhadap penggunaan keran luar rumah atau keran kamar mandi tamu. 

Penyebab Tekanan Tandon untuk Alirkan Air

Sebelum masuk ke cara agar air tandon mengalir deras, lebih dulu akan diulas mengenai apa saja faktor penyebab tekanan pada debit keran, yaitu:

1. Luas Penampang
Jika anda menggunakan pipa berukuran ½ inci maka jangan harap debit kran deras. Logikanya semakin besar diameter pipa maka semakin banyak ruang penyimpanan tersedia. Selain diameter, penggunaan pompa dorong juga merupakan salah satu hal penting lainnya.

2. Instalasi Pemipaan
Ketika membangun rumah, perairan menjadi salah satu hal penting untuk dipertimbangkan. Untuk itu anda membutuhkan jasa profesional yang benar-benar menginstalasi pemipaan dengan tepat agar di kemudian hari tidak terjadi keran macet sebab instalasi pipa tidak bagus.

3. Ketinggian Toren
Semakin tinggi toren maka tekanan semakin bagus, nilai ketinggian bergantung pada masing-masing bangunan. Ketika memasang toren, pastikan juga sudah menentukan alas kuat agar tidak terjadi hal buruk, seperti jatuhnya toren karena penopangnya rapuh.

4. Volume Tandon
Jika semakin tinggi wadah penampungan maka semakin besar juga tekanan dihasilkan, maka semakin besar kapasitas atau volume tandon juga semakin banyak pemanfaatannya. Memikirkan volume toren merupakan salah satu cara agar air tandon mengalir deras pada pipa.

Keempat hal diatas harus diperhatikan secara seksama untuk mendapatkan suplai air tanpa kendala dari toren. Sebelum memilih toren, pastikan mempertimbangkan posisi penyimpanan serta jumlah anggota keluarga yang akan bergantung terhadap tandon tersebut.

Simak juga: Cara Memilih Tangki Toren Air dengan Tepat

Pompa Booster sebagai Alat Bantu

Memanfaatkan pompa booster merupakan salah satu cara agar air tandon mengalir deras asalkan pemasangan dilakukan secara tepat. Orang-orang bisa saja menggunakan pompa sumur dangkal, alih-alih memanfaatkan pompa booster, namun harus ada pertimbangannya.

Menggunakan pompa booster membuat pressure switch lebih optimal karena cara kerjanya otomatis sehingga tekanan lebih mudah diatur. Anda tidak perlu mengatur ulang setiap waktu ketika hendak menggunakan keran untuk berbagai keperluan rumah tangga apa saja.

Struktur lilitan terlindung dari masalah kebocoran karena terhindar dari kontak langsung dengan isi tandon. Perlu diketahui bahwa ketika lilitan mengalami kebocoran maka bukan hanya debit keran maupun shower berkurang, namun juga umur pipa menjadi lebih pendek.

Jenis pompa ini tidak membutuhkan daya listrik besar karena tekanan mengacu pada pressure switch. Anda bisa bebas dari tagihan biaya listrik membengkak serta mendapatkan cara agar air tandon mengalir deras dengan menggunakan pompa booster untuk toren.

Pompa booster juga memiliki kriteria mudah disimpan di mana saja sehingga sudah pasti mudah untuk dibersihkan. Perawatan yang dimudahkan berpotensi bagus terhadap daya tahan pompa, pipa, maupun tandon, dan berbagai peralatan lainnya secara keseluruhan.

Booster pump memiliki tiga jenis kontrol, yaitu memutus aliran listrik atau dalam keadaan mati, operasi dengan sistem otomatis, dan operasi untuk sistem manual. Ketiganya membuat debit keran menjadi lebih kencang apabila dipasang dan dioperasikan secara tepat.

Sebagai catatan, booster pump ini wajib ditempatkan pada lokasi yang kering untuk menghindarkan berbagai kemungkinan kerusakan. Sebisa mungkin terhindar dari percikan air atau genangan sehingga bisa memudahkan servis ketika suatu saat nanti dibutuhkan.

Itu sebabnya anda membutuhkan penutup pompa ketika benda tersebut ditempatkan pada bagian luar rumah. Penutup memiliki fungsi untuk melindungi benda dari hujan serta menjadi salah satu cara agar air tandon mengalir deras mengisi shower maupun wastafel.

Pemasangan Saluran Air Secara Benar

Penggambaran cara agar air tandon mengalir deras secara tepat adalah dengan melakukan pemasangan pompa dan motor secara horizontal. Aliran air harus mengikuti instalasi tersebut. Tentu saja jangan memasang pompa dalam kondisi terlentang maupun telungkup.

Penggunaan saringan pada pompa biasanya cukup membantu dari kemungkinan kebocoran. Menggunakan selotip khusus juga membuat risiko kebocoran tidak begitu besar. Jangan lupa mengencangkan setiap sambungan untuk memperkecil kemungkinan kebocoran.

Dengan ini, ada cara-cara lain untuk meningkatkan derasnya air dari tandon. Perlu diingat kembali bahwa ukuran tandon dan penempatan tandon yang tepat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan derasnya air dari tandon. 

PT GRAHAEXCEL PLASTINDO merupakan produsen toren air dengan berbagai macam ukuran. Anda bisa mengetahui produk toren air kami dengan menyimak harga dan jenis toren air kami.