Cara mendinginkan ruangan secara alami sebenarnya mudah dilakukan, sehingga penggunaan AC di dalam rumah tidak terlalu dibutuhkan. AC dikenal boros listrik serta kurang baik bagi lingkungan, oleh sebab itu penggunaannya perlu dikurangi.

Pada siang hari, suhu di perkotaan begitu panas. Jika lokasi rumah di area padat penduduk, suhu ruangan rumah juga pasti semakin panas. Jika paham tentang konsep AC alami, rumah hunian bisa tetap adem dan asri tanpa perlu menggunakan AC.

Cara Mendinginkan Ruangan Rumah Tanpa Bantuan AC

Ada beberapa cara alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah semakin sejuk dan adem. Di antaranya sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Tirai Warna Gelap di Siang Hari

Memilih tirai berwarna gelap dinilai mampu meredam hawa panas masuk ke dalam ruangan. Terutama pada siang hari, tirai warna gelap tersebut dapat menghambat masuknya sinar matahari ke dalam rumah.

2. Desain Rumah Lega dengan Plafon Tinggi

Cara mendinginkan ruangan selanjutnya adalah dengan menerapkan desain ruangan yang lega. Desain rumah yang paling cocok adalah rumah dengan plafon tinggi, karena sirkulasi udara akan semakin mengalir nantinya.

Jika Anda ingin membangun rumah, lebih baik buat desain dengan atap rumah atau plafon yang tinggi. Dengan demikian, hawa panas bisa dicegah, dan aliran udara ke dalam rumah jadi lebih lancar.

3. Gunakan Cat dengan Warna Cerah

Pemilihan cat juga memiliki pengaruh besar terhadap suhu ruangan. Cat berwarna cerah dinilai lebih menyejukkan dari pada cat berwarna gelap. Cara mendinginkan ruangan paling efektif adalah dengan mengecat seluruh dinding rumah dengan cat cerah tersebut.

Cat berwarna putih, biru mudah, hijau muda, dan warna cerah lainnya dapat menghambat masuknya hawa panas ke dalam rumah. Warna cat tersebut juga dinilai memberikan efek yang menenangkan pada pikiran.

4. Meminimalisir Lampu dan Peralatan Elektronik Lainnya

Cara mendinginkan ruangan lainnya adalah meminimalisir penggunaan alat elektronik yang mendatangkan panas. Lampu dapat membuat suhu ruangan meningkat, oleh sebab itu, penggunaan lampu secara berlebihan sebaiknya dihindari.

Jika di dalam rumah ada perangkat elektronik lain seperti komputer, kulkas, dan lainnya, sebaiknya ditempatkan pada area yang memiliki sirkulasi udara. Dengan demikian, panas dari alat elektronik tersebut bisa dikurangi.

5. Memilih Material yang Tepat untuk Rumah

Suhu panas dalam rumah bisa juga dinetralisir melalui material yang tepat. Pada bagian tembok misalnya, batu bata dinilai lebih efektif meredam panas dibanding material lain seperti batako, dan yang lainnya.

Untuk lantai, lantai keramik jauh lebih efektif meredam panas dibanding lantai kayu. Cara mendinginkan ruangan lewat material yang bersifat dingin sudah diterapkan sejak jaman dulu.

6. Menghadirkan Ruang Terbuka Hijau dalam Rumah

Rumah menjadi panas karena sirkulasi udara kurang baik dan minim tumbuhan di area rumah tersebut. Untuk itu, penting juga menghadirkan ruang terbuka hijau di dalam rumah, sehingga hawa panas tersebut diserap sepenuhnya.

Cara mendinginkan ruangan paling tepat adalah dengan memperbanyak tanaman hijau di dalam ruangan, sehingga oksigen bisa disebarkan ke seluruh ruangan rumah. Tanaman hijau tidak hanya menurunkan suhu tetapi juga membuat suasana jadi lebih asri.

Berikut Ini Kesimpulan Mendinginkan Ruangan

Suhu ruangan menjadi panas tidak hanya disebabkan karena pemanasan global, tetapi juga karena tata ruangan yang kurang terencana. Tanpa perlu menggunakan AC, suhu rumah bisa dibuat semakin dingin, yakni dengan memanfaatkan AC alam dan mendesain rumah secara terencana.

Menggunakan cat yang tepat atau meminimalisir penggunaan barang elektronik juga menjadi salah satu cara mendinginkan ruangan yang bisa diterapkan pada setiap rumah.

Untuk sobat EXCEL yang masih bingung memilih antara Atap dingin uPVC EXCELtech (single layer) vs Atap uPVC SKYDECK (double layer atau twinwall). Perbedaan dan Perbandinganya, Mana lebih bagus ? Kelebihan dan kekurangannya ? Jangan lupa simak video berikut ini ya https://youtu.be/4IovfLs-kr8