Mengetahui bagaimana cara memilih tandon air yang tepat, dijamin akan sangat membantu karena kondisi rumah juga menjadi perhatian utama. Rumah kecil atau besar bisa menjadi acuan tandon jenis apa yang harus dipilih nantinya beserta berapa volumenya.

Untuk rumah minimalis atau sempit, Anda sangat disarankan untuk menggunakan tandon air tipe plastik karena lebih ringan dan mudah diangkat. Tentu saja, tandon air plastik ini sangat ramah lingkungan sehingga cocok digunakan untuk kawasan pemukiman khususnya kota besar.

Selain itu, tandon air ini juga biasanya lebih awet dari tipe lainnya yaitu Stainless Steel. Perbedaan dari kedua jenis tandon ini adalah tipe plastik lebih ringan, murah dan mudah perawatannya. Sedangkan tipe Stainless lebih berat dan mahal, namun kapasitasnya bisa melebihi plastik.

Meski begitu, untuk rumah minimalis tandon bertipe plastik lebih disarankan karena biayanya murah dan sangat mudah untuk dibersihkan. Anda juga bisa langsung menghubungkan pipa dari tandon karena sudah dibuat saluran langsung dari pabriknya.

Memilih Tandon Air dan Penempatannya

Untuk penempatan, tandon air rumah biasanya diletakkan di tempat yang longgar dan luas. Tapi jika rumahnya sempit atau minimalis, Anda bisa meletakkan tandon di atas atau bawah tanah. Dua jenis penempatan ini tentunya butuh penanganan ekstra karena letaknya sulit dijangkau.

Ketika Anda memilih posisi atas atau di daerah balkon, maka sebaiknya gunakan tandon yang tipe plastik karena lebih ringan. Selain itu Anda juga perlu merencanakan volume yang akan dipilih untuk kapasitas airnya. Sesuaikan kapasitas air dengan kebutuhan Anda sendiri.

Sebaliknya, ketika Anda ingin meletakkan tandon di bawah tanah. Anda harus melubangi tanah sesuai ukuran tandonnya terlebih dahulu dengan menyertakan saluran pipa airnya. Saluran pipa air bisa disesuaikan apakah ingin menggunakan air tanah atau air olahan langsung dari PDAM.

Pemilihan posisi tanah biasanya membutuhkan biaya lebih karena Anda butuh penggalian. Tapi keuntungan dari penempatan bawah tanah adalah tandon tidak memakan banyak tempat. Baik itu rumah minimalis atau luas sekalipun, semuanya bisa diletakkan di bawah tanah.

Memilih Tandon Air Berdasarkan Kapasitasnya

Untuk pemilihan tandon, Anda perlu melihat kebutuhan cadangan air yang diperlukan. Jika dilihat saat ini kapasitas air tandon dimulai dari volume 300 liter – 2200 liter untuk tipe plastik. Tentunya Anda lebih disarankan menggunakan tipe plastik dengan kapasitas berikut ini.

  • Volume Tandon 300 - 600 liter

Untuk jenis tandon 300 - 600 liter, volumenya cukup untuk satu keluarga penuh. Ukurannya juga sangat kecil sehingga cocok diletakkan di bagian mana saja. Rumah kecil dan minimalis juga pastinya memiliki ruang yang cukup untuk dipasangi tandon berkapasitas 600 liter.

Posisi pemasangan bisa diletakkan di atas, halaman rumah atau di bawah sesuai selera Anda. Jika menyesuaikan kapasitas, maka Anda disarankan untuk meletakkannya di atas karena bisa menghemat tempat dan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk menggali.

  • Volume Tandon 650 - 1100 liter

Saat Anda memilih tandon air dengan kapasitas 650 - 1100 liter, maka besar keseluruhan luas diameter dari tandon itu sendiri adalah 1,5m2 dan tingginya sekitar 2m. Setidaknya ukuran itu jauh lebih besar dari jenis tandon sebelumnya.

Penempatan tandon jenis ini lebih bagus di bawah tanah supaya tidak memakan tempat. Ya, meskipun Anda merogoh kocek tambahan untuk penggalian dan sistem pipa air. Namun itu semua bukan masalah karena tandon tidak akan memakan banyak tempat di rumah sempit.

Posisi bawah tanah juga lebih cocok untuk volume tandon di atas 1100 liter dengan sistem penempatan yang terstruktur. Dari kedua penempatan dan tingkatan volume tersebut, Anda bisa memilih tandon air dengan menyesuaikan kebutuhan persediaan air rumah nantinya.

Nah, Sobat EXCEL sudah tahu kan bagaimana tandon air yang baik untuk rumah minimalis, Sobat EXCEL bisa mencoba Tangki Air EXCEL, Sobat bisa menyesuaikan tangki dengan kondisi rumah karena GRAHA EXCEL menyediakan berbagai ukuran dan warna. Sobat juga bisa cek video berikut ini untuk melihat rekomendasi tandon air terbaik https://youtu.be/e_R88AWzwkw