Sekarang ini beberapa orang sudah bisa memilih sendiri bagaimana desain kanopi dapur terbuka yang cocok untuk digunakan. Kanopi biasanya lebih bagus jika digunakan pada dapur yang letaknya di luar atau dalam kondisi terpisah dengan rumah utama.

Penggunaan kanopi tidak terlepas dari kondisi dapur yang membutuhkan atap tambahan. Tentu saja hal ini bisa dilihat dari posisi dan letak dapur apakah mendekati rumah utama atau tidak. Jika letak dapur itu berada jauh dengan rumah utama, maka kanopi yang dibutuhkan harus bisa berdiri sendiri.

Namun jika letaknya dekat dengan rumah utama, Anda bisa menyambungkan kerangka rumah dengan kerangka kanopi yang akan dibuat. Selain itu pemilihan kanopi juga harus diperlukan baik itu dari bahan apa yang digunakan sampai sebesar apa kanopi itu nantinya.

Keuntungan Penggunaan Kanopi Dapur Terbuka

Menggunakan kanopi pada dapur pada dasarnya bisa memberikan pemilik rumah banyak keuntungan. Di antaranya seperti memiliki ruang gerak luas, cara membersihkannya mudah dan membuat sirkulasi udara menjadi lebih besar dengan posisinya yang terpisah dari rumah utama.

Meskipun Anda harus merogoh kocek tambahan karena membangun atap tambahan, tapi semua itu bisa dikesampingkan dengan efeknya yang begitu positif. Penggunaan kanopi tidak akan merugikan pemilik rumah jika penggunaan bahan dan pemilihannya jenis modelnya tepat.

Berikut ini ada 3 jenis model yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik dapur terbuka dengan kanopi. Setiap model memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga Anda bisa mempertimbangkannya sendiri dari segi manfaat yang diberikan.

Contoh Kanopi Dapur Terbuka yang Cocok Digunakan

Model atau desain kanopi memang ada banyak jenisnya. Namun untuk pembahasan kali ini, kami akan berikan 3 contoh desain kanopi yang bisa digunakan di rumah kawasan perkotaan. Dijamin ketiga jenis kanopi ini bisa disesuaikan dengan posisi letak dapur, kondisi dan luasnya.

1. Kanopi Baja Ringan

Desain kanopi yang pertama adalah menggunakan bahan dasar baja ringan. Kanopi berbahan dasar baja ringan ini sangat direkomendasikan karena pemasangannya mudah dan awet. Baja ringan bisa dipotong dan disesuaikan dengan keadaan dapur luar sehingga posisinya fleksibel.

Selain itu, baja ringan juga sangat bagus untuk pembuatan kanopi karena murah harganya. Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam jika menggunakan jenis ini. Dengan harga murah, kualitas terjamin, fleksibilitasnya tinggi dan bahannya awet, Anda menjadi lebih diuntungkan.

2. Kanopi Polycarbonate

Untuk desain kanopi dapur terbuka yang kedua, Anda bisa menggunakan bahan polycarbonate. Bahan ini memiliki keuntungan di bidang daya tahan dan harganya yang murah.

Polycarbonate juga tidak meredam cahaya matahari sepenuhnya sehingga cahayanya masih bisa menyinari dapur Anda. Bahkan, bahan polycarbonate ini memiliki berbagai macam warna yang bisa Anda sesuaikan dengan selera suasana dapur.

Cara membersihkannya juga mudah, yaitu Anda hanya perlu menyiramkannya dengan air. Dengan harga murah dan kualitas tinggi, Anda masih bisa membuat kanopi dapur sendiri.

3. Kanopi Kayu atau Kaca

Pemilihan desain kanopi yang ketiga bisa Anda sesuaikan dengan selera. Penggunaan kayu atau kaca pada dasarnya memang memerlukan kocek lebih dalam dari 2 jenis lainnya. Namun, suasana yang diberikan oleh kanopi jenis ini jauh lebih berbeda dari keduanya.

Kanopi kayu atau kaca lebih memberikan kesan minimalis, mewah dan estetik. Dengan begitu suasana dapur akan terasa lebih nyaman ketika digunakan untuk melakukan kegiatan masak. Kanopi jenis ini juga memberikan sirkulasi udara lebih banyak sehingga cocok digunakan di kawasan perkotaan.

Dari ketiga jenis kanopi, jenis mana yang menurut Anda cocok digunakan di rumah untuk dapur terbuka. Anda harus memperhatikan biaya, kondisi, posisi dan desain yang sesuai dengan keadaan dapur. Ketiga desain kanopi dapur terbuka di atas bisa menginspirasi Anda dalam perencanaan pembuatannya.

Nah jika sobat EXCEL sudah mengetahui cara memilih atap kanopi untuk dapur terbuka seperti apa, simak video tips lengkap untuk menghitung kebutuhan atap kanopi dan bangunan anda menggunakan Atap uPVC SKYDECK berikut ini https://youtu.be/9l28EGidSLE