Pompa air tanpa listrik sangat penting dimiliki, agar Anda tidak perlu setiap saat bergantung pada pompa listrik. Saat listrik padam misalnya, pompa air tersebut tetap bisa dijalankan, sehingga aktivitas Anda tidak terganggu.

Pompa tanpa listrik ini juga dapat menghemat penggunaan energi, dan meminimalisir pemborosan air. Sistem hentakan dirolik dimanfaatkan pada sistemnya, sehingga tetap dapat memompa aliran air tanpa perlu menggunakan tenaga listrik.

Pengertian Ram Hidrolik dan Cara Kerjanya

Pompa ram hidrolik atau sering juga disebut sebagai pompa hidram, merupakan jenis pompa air yang memanfaatkan hentakan hidrolik air. Penemu sistem ini adalah Jesephem Montgolfierem, seorang pria berkebangsaan Prancis pada abad ke -18.

Pompa air tidak menggunakan listrik ini bisa bekerja karena memanfaatkan energi kinetik dari air yang mengalir. Air yang berasal dari danau atau sumur, akan dialirkan menuju pipa penggerak. Lalu tekanan aliran tersebut akan membuat pompa beroperasi dengan maksimal.

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik di Rumah

Jika Anda sudah paham cara kerja dari pompa air hidrolik tersebut, maka Anda sendiri bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Langkah – langkah pembuatan pompa air tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memasang Pompa Hidram ke Sumber Air

Langkah pertama, Anda perlu menempatkan pompa hidram terlebih dahulu di area sumber air. Jika sumber air tersebut merupakan dari sumur, maka tempatkan pompa hidram dekat sumur. Usahakan kedalaman hidralik ram tersebut kira – kira satu setengah kaki.

2. Memasang Pipa ke Pompa Hidram

Langkah selanjutnya adalah memasang pipa ke pompa hidram tersebut . Pipa ini panjangnya menyesuaikan kebutuhan Anda atau 10-15 kaki lebih panjang dari jarak pemasangan. Usahakan juga mengambil jenis pipa khusus hidram, sehingga pompa air tanpa listrik tersebut bisa berfungsi maksimal.

3. Memasang Filter Air

Selanjutnya pasang filter air pada pompa tersebut, agar kotoran bisa disaring, dan air yang dialirkan ke bak penampungan bersih dan aman digunakan.

4. Memasang Selang Fleksibel ke Tempat Penampungan Air

Langkah terakhir, Anda tinggal memasang selang yang fleksibel pada ujung pompa tersebut agar bisa mengalirkan air tersebut ke bak penampungan. Jenis selang yang cocok untuk pompa air tanpa listrik ini adalah flexible polyethylene tubing.

Keunggulan Pompa Hidrolik dibanding Pompa Listrik

Pompa hidrolik ini semakin diminati karena jika dibandingkan dengan jenis pompa lain, keunggulannya cukup banyak. Memang tekanan airnya jauh lebih ringan dibanding pompa air listrik. meskipun demikian, masih banyak keunggulan yang ditawarkan pompa hidrolik ini.

Yang pertama, pompa ini bisa digunakan setiap waktu, tanpa perlu bantuan tenaga listrik. Sebutan pompa air tanpa listrik sangat tepat disematkan karena cara kerjanya murni memanfaatkan tekanan air secara alami.

Keunggulan lainnya adalah perawatan pompa ini jauh lebih praktis dibanding pompa lain. tidak perlu dilakukan service berkala atau pembersihan, karena pompa tidak akan mengalami sumbat. Yang penting air disaring, sehingga bagian dalam pompa terbebas dari kotoran.

Pompa hidrolik ini akan bekerja secara nonstop, tanpa perlu dihidupkan lagi. Aliran air yang didapatkan dari sumber air tersebut akan membuat pompa tetap bekerja secara alami. Sehingga kebutuhan air di rumah Anda akan terpenuhi. Pompa air tanpa listrik ini merupakan solusi terbaik untuk hemat energi.

Pompa hidrolik merupakan jenis pompa air yang tidak menggunakan listrik, karena cara kerjanya memanfaatkan tekanan air melalui pompa hidram. Pompa ini dapat bekerja terus menurus asalkan sumber airnya tetap tersedia.

Cara pembuatan pompa hidrolik ini juga relatif mudah, sehingga siapa saja bisa membuatnya di rumah. Pompa air tanpa listrik ini cocok dipasang karena hemat biaya serta perawatannya juga relatif mudah.

Setelah berhasil memasang pompa air, yuk cari tahu informasi mengenai cara efisien dalam memasang Toren air Stainless Steel EXCEL dijamin 100% anti lumut pada video berikut ini https://youtu.be/qXZzjVNL4_g