PERHATIAN: Graha Excel merupakan produsen dan distributor toren air untuk seluruh Indonesia. Kami membagikan artikel dan tips yang diberikan ini hanyalah sebagai rekomendasi. Pemasangan dan pembenaran terkait toren air harus dilakukan oleh seorang profesional untuk menghindari kecelakaan atau kerusakan yang ada. Kami tidak bertanggungjawab atas apa yang terjadi melalui rekomendasi yang kami berikan.

Untuk yang membutuhkan cara pasang pompa pendorong air dari toren, anda datang pada tempat yang tepat. Pompa dibutuhkan untuk membantu tekanan pada tangki agar aliran pada saluran pipa menjadi lancar dan kebutuhan rumah tangga dapat selalu terpenuhi.

Sebenarnya penggunaan pump ini tidak dibutuhkan apabila kebutuhannya hanya untuk mencuci piring atau menampung aliran dari keran. Tapi, saat ini sudah banyak rumah tangga menggunakan shower apalagi pemanas air sehingga di sinilah peranan pump yang nyata.

Setiap rumah maupun gedung membutuhkan sekurang-kurangnya satu pompa untuk membantu tekanan air pada kualitas semestinya. Pompa pendorong kerap dikenal sebagai booster pump, sementara ada saingan lainnya, yaitu pompa sumur dangkal untuk digunakan.

Pompa sumur dangkal memang dapat diandalkan, namun, penting untuk diperhatikan ketika menerapkan cara memasang pompa pendorong air dari toren adalah tekanannya jauh lebih besar. Keuntungan lain menggunakan booster adalah lebih menghemat daya listrik rumah.

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan

Terdapat beberapa hal wajib diperhatikan ketika melakukan cara pasang pompa pendorong air dari toren, diantaranya:

1. Dibutuhkan jarak kurang lebih 1 meter untuk menempatkan posisi antara tangki dengan keluaran air. Jarak ini biasanya diterapkan pada pembangunan saluran rumah tangga biasa.

2. Pastikan semua sambungan terpasang rapat, tidak ada celah untuk benda sekecil apa saja. Ketidaktelitian akan berdampak besar terhadap kemungkinan kebocoran sehingga tekanan air tidak maksimal.

3. Apabila bermaksud memeriksa atau mengetes kekuatan saluran maka dianjurkan posisi toren dalam keadaan dipenuhi air.

4. Kebutuhan listrik juga menjadi persoalan penting karena daya listrik semestinya akan mendukung kerja sistem saluran secara baik.

5. Khusus untuk pemasangan pada area luar rumah maupun luar gedung diperlukan penutup atau pelindung terhadap mesin pump. Perlu diingat bahwa pump tidak boleh dalam kondisi basah, harus selalu kering.

6. Jika merasa kebingungan dengan tata cara pasang pompa pendorong air dari toren maka anda bisa berulang kali mengikuti petunjuk dari panduan yang didapatkan ketika beli.

Hal paling sederhana ketika menginginkan pemasangan secara akurat adalah dengan memanfaatkan jasa profesional. Namun, jika anda suka sensasi menjajal segala sesuatunya sendiri dengan melihat panduan maka lakukan langkah demi langkah secara teliti.

Perlengkapan atau Material yang Wajib Disiapkan

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, maka selanjutnya anda perlu menyiapkan berbagai material berikut:

1. Pompa air pendorong.
2. Stop kran sesuai dengan kebutuhan di rumah.
3. Gergaji.
4. Kunci inggris.
5. Lem pipa pvc.
6. Seal tape.
7. Instalasi listrik.

Untuk mendukung cara pasang pompa pendorong air dari toren secara tepat, anda harus menyiapkan seluruh list di atas kemudian menjalankan prosesnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong pipa output dari toren menuju keran untuk disambungkan ke pump.

Stop kran harus ditempatkan pada sebelum dan sesudah pompa kemudian juga pada bagian pipa bypass. Penggunaan pipa bypass sebagai penampung cadangan yang menjalankan fungsi mengalirkan air ketika listrik mati atau terjadi perawatan toren berkala.

Ketika semua instalasi sudah dilakukan secara akurat maka selanjutnya wajib memeriksa apakah ada air dengan tekanan cukup keluar atau tidak. Apabila pada saat pemeriksaan debitnya sesuai kebutuhan maka pemasangan berhasil, jika tidak maka perlu ditinjau kembali.

Sebetulnya sudah banyak metode atau tutorial cara pasang pompa pendorong air dari toren yang benar. Hanya saja eksekusinya bergantung pada masing-masing tangan. Ada yang berhasil dengan hanya melihat panduan, ada juga harus menggunakan sumber petunjuk lain.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Pompa jenis ini digunakan umumnya untuk memancing tekanan pada shower dan mesin pemanas di kamar mandi. Kadangkala ketika memasang terjadi kesalahan sehingga menyebabkan debit air tidak keluar seperti semestinya sampai paling buruknya adalah macet.

Pompa air hisap dan pompa dorong memiliki fungsinya masing-masing, dimana ketika keduanya ditukar maka tidak akan bisa menjalankan fungsi secara tepat. Otomatis pressure switch akan berbunyi jika tekanan hilang sehingga membutuhkan pemasangan tusen klep.

Pemasangan tusen klep ini harus dalam posisi vertikal sehingga aliran dapat berfungsi secara baik. Untuk memastikan pemasangan sudah dilakukan secara tepat maka anda harus memperhatikan buku petunjuk agar risiko kesalahan tidak terjadi di kemudian hari.

Pemasangan klep di dalam tandon bukan keputusan tepat karena dapat membuat aliran tidak berjalan lancar. Logikanya ketika klep ditempatkan pada bagian atas mesin maka mesin tidak dapat berfungsi secara baik.

Posisi tusen klep harus dipasang sejajar dengan pompa atau secara horizontal. Dengan metode ini maka aliran air akan lebih deras karena tekanan tidak terganggu. 

Air merupakan kebutuhan utama dalam berbagai aspek kehidupan. Untuk itu, baik di rumah maupun di dalam gedung, penerapan cara pasang pompa pendorong air dari toren secara tepat merupakan hal penting diperhatikan.