Pompa air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap rumah tangga. Dengan pompa air ini, Anda tidak perlu lagi mengambil air dari sumur. Untuk lebih memudahkan kita dalam menggunakan pompa air dengan tangki air/water tank, maka sangat penting untuk menggunakan otomatisasi pengisian kandungan air pada tangki tersebut. 

Definisi Kabel Radar Toren

Kabel Radar Toren adalah kabel listrik panjang yang menghubungkan pompa air ke tangki air yang dipasang radar air. Radar air ini sebenarnya bekerja sebagai saklar otomatis yaitu ketika air di menara kosong, radar air ini akan secara otomatis menghidupkan pompa air dan ketika tangki air sudah penuh, radar air akan mematikan daya sehingga pompa air mati.

Fungsi  Kabel Radar Toren

Biasanya ada 2 pasang sekrup kabel pada radar toren. Pasangan A terhubung saat kedua bandul yang digantung di udara dan terputus saat dicelupkan ke dalam air. Pasangan B memiliki efek sebaliknya, yaitu putus ketika kedua bandul digantung di udara dan terhubung ketika kedua bandul dicelupkan ke dalam air.

Cara Memasang Kabel Radar Toren Ke Pompa Air Dengan Benar dan Praktis 

Anda harus mengikuti beberapa langkah. Bongkar dulu kotak radar air, ada dua pelampung dan pengatur air otomatis di dalamnya. Kemudian kedua, Anda perlu memasang kopling otomatis kedudukan yang berada di atas slot dengan baut dari setiap sudut kopling otomatis.

Setelah itu, pasang pengontrol radar otomatis ke braket, pastikan kabelnya kencang. Ketiga, Anda perlu menyesuaikan kedua pelampung dan memasang pelampung ke tali radar otomatis yang tergantung. Namun sebelum itu jangan lupa isi pelampung dengan air terlebih dahulu, jangan lupa sisakan sedikit ruang udara di dalamnya agar pelampung bisa terapung.

Tempatkan pelampung pertama di titik mati atas dengan mengikatnya. Fungsi pelampung atas adalah untuk mematikan saklar otomatis saat air mencapai pelampung atas karena mengapung. Pasang pelampung kedua ke bagian bawah tali, prosesnya terjadi ketika air habis dan kedua pelampung menggantung.

Kemudian saklar otomatis aktif dan menyalakan pompa air. Untuk mempermudah pemasangan, pelampung kedua jangan diletakkan terlalu rendah, melainkan di atas, agar masih ada air yang tertinggal di dalam tangki.

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan radar air di saluran listrik. Pertama-tama lepaskan kabel yang terletak di saklar pompa air, lalu sambungkan ke radar. Saat penyambungan kabel ke radar mobil sudah selesai, potong kabel yang ada dan sambungkan ke saklar lama karena kita tidak membutuhkannya lagi. 

Itu adalah cara yang benar dan praktis untuk menghubungkan kabel radar toren ke pompa air. Matikan radar dan air akan terisi saat dua pelampung di dalam menggantung.

Fungsi Pelampung Toren

Fungsi 1

Pada fungsi pertama, ketika kedua pelampung menggantung, karena kehabisan air, saklar otomatis akan ditarik kembali, sehingga posisi saklar akan diberi energi, dan kemudian pompa air dapat dihidupkan.

Fungsi 2

Dalam fungsi kedua, pelampung bawah mengapung saat air di toren terisi. Namun, proses ini tidak mematikan saklar karena saklar masih diblokir oleh pelampung pertama dan begitulah cara kerja pelampung pada langkah kedua ini.

Fungsi 3

Pada fungsi tiga, ketika pelampung teratas juga mengambang, saklar akan mati secara otomatis, pengoperasian ini akan mematikan pompa air, karena posisi saat ini terputus karena kedua pelampung telah mengapung.

Dengan menggunakan sistem otomatis kita tidak perlu menunggu air terisi dan mematikan atau menghidupkannya saat tangki sudah penuh. Menggunakan pelampung radar otomatis sangat nyaman karena kita tidak perlu menyalakan dan mematikan pompa air secara manual.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara memasang kabel radar toren ke pompa air dengan benar dan praktis!. Semoga dengan adanya hal ini bisa membuat anda menjadi mandiri untuk memasangnya. Grahaexcel memproduksi berbagai macam toren air. Silakan melihat beragam produk toren air dan segera hubungi kami untuk segala pemesanan kebutuhan anda.