Pada dasarnya, Anda perlu memahami bagaimana cara hilangkan kerak tangki air agar kondisinya tidak membahayakan. Seperti yang diketahui, tangki atau tandon air berbahan dasar Stainless Steel pasti memerlukan perawatan ekstra karena sifatnya korosif.

Kerak atau karat bisa menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan pada lapisan Stainless Steel. Biasanya, kedua hal itu disebabkan oleh kotoran atau asam yang tercampur di dalam kandungan air. Asam bisa dari air hujan, air kimia atau air tanah yang memiliki kadar Ph tertentu.

Oleh karena itu, perawatan perlu dilakukan agar kualitas simpanan air tidak terganggu. Selain itu, dinding tangki air juga bisa mengalami kebocoran jika permasalahannya tidak segera dihilangkan. Baik itu kerak atau karat, keduanya bisa menjadi penyebab dinding menjadi rusak dan bocor.

Tips Awal Sebelum Hilangkan Kerak Tangki Air

Sebelum melakukan pembersihan atau perawatan, pastikan tangki dalam keadaan kosong. Anda bisa memindahkan air ke wadah yang lain atau mengurasnya agar pembersihan bisa dilakukan. Setidaknya, sisakan air sedikit di bagian dasar untuk membilas kotoran di dinding tangki.

Setelah Anda selesai melakukan pengurasan, maka lanjutkan dengan membersihkan kotoran dan kerak di dinding. Baik itu di dalam atau di luar tangki, semuanya harus dibersihkan terlebih dahulu agar tangki air bisa dicek kembali sisi mana yang memerlukan perawatan ekstra.

Ketika ada kerak membandel atau karat di tangki, maka Anda harus segera membersihkannya sebelum menggunakan tangkinya kembali. Untuk bahan-bahannya, ada 3 resep cairan khusus yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak di dinding tangki air.

Cara Hilangkan Kerak Tangki Air dengan Cairan Khusus

Untuk menghilangkan noda kerak, Anda memerlukan cairan khusus dengan sifat keras. Selain itu, ada juga cairan yang mengandalkan asam untuk menghilangkan kerak membandel. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 3 cairan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerak.

1. Baking Soda

Penggunaan baking soda nyatanya sangat ampuh untuk mengangkat noda kerak pada lapisan Stainless Steel. Baking soda dinilai memiliki kadar Ph yang tinggi, yaitu mendekati angka 9. Selain itu, peralatan berbahan dasar Stainless Steel juga bisa dibersihkan dengan hal ini.

Cara meraciknya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu melarutkannya saja ke dalam air. Lalu bersihkan noda kerak sampai benar-benar bersih. Setelah itu bilas dan keringkan sebelum memasukkan air lagi ke dalam tangki untuk penggunaan lebih lanjut.

2. Cuka Putih

Penggunaan cuka putih dengan kadar asam yang tinggi juga dapat digunakan untuk hilangkan kerak tangki air. Kandungan asam cuka putih bisa digunakan untuk mengangkat noda kerak, meskipun baunya sangat menyengat dan lengket.
Namun, Anda juga bisa membersihkannya sisa olesan cuka putih dengan air bersih sebelum mengeringkannya. Perlu diingat, Anda hanya diperbolehkan menggunakan cuka putih dengan asam asetat yang kandungan asamnya kecil yaitu 5% saja jika tidak ingin dinding berkarat.

3. Alkohol

Selain menggunakan cairan asam, Anda juga bisa memakai alkohol karena larutannya bersifat keras. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu mengoleskan cairan ke noda kerak. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air bersih seluruhnya.

Jika Anda ingin menggunakan tangki airnya lagi, maka pastikan jika bekas olesan sudah benar-benar bersih. Karena campuran alkohol bisa menyebabkan air menjadi tidak sehat, apalagi jika cairannya bekas noda kerak dengan kotoran-kotoran di dalamnya.

Selain ketiga cairan di atas, Anda juga bisa mencari cairan khusus yang benar-benar digunakan untuk membersihkan lapisan Stainless Steel di toko. Karena cara hilangkan kerak tangki air akan lebih bagus jika cairan yang digunakan sudah melalui pengujian khusus dengan hasil maksimal.

Setelah Sobat EXCEL  mengetahui cara perawatan Tangki Air Stainless Steel dengan benar, jika Sobat ingin menambah tangki, Sobat bisa cek video berikut https://youtu.be/qXZzjVNL4_g. Video tersebut bisa menjadi tuntunan bagi Sobat EXCEL yang ingin memasang Tangki Air Stainless Steel dengan benar dan tepat.