Pesatnya pembangunan dan berbagai perkembangan teknologi, saat ini mulai muncul berbagai macam inovasi pengembangan teknologi pada berbagai material bangunan. Salah satunya dampak dari adanya perkembangan teknologi tersebut adalah atap uPVC atau dikenal dengan istilah Unplasticized Polyvinyl Chloride.

Penggunaan atap uPVC saat ini memang sudah banyak digunakan di Indonesia. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pemasangan atap uPVC yang kurang baik akan mengakibatkan kebocoran atau tempias ketika musim penghujan. Karenanya Anda perlu mengetahui cara memasang atap uPVC yang baik agar tidak terjadi kebocoran atau tempias. 

Berikut beberapa informasi dan penjelasan mengenai beberapa tips pemasangan atau uPVC agar tidak terjadi kebocoran atau tempias.

Penyebab Kebocoran Atap uPVC

Kebocoran pada atap uPVC dapat disebabkan oleh beberapa hal, beberapa faktor penyebab kebocoran tersebut adalah sebagai berikut.

Roofer worker in protective uniform wear and gloves, using air or pneumatic nail gun and installing metal roof on top of the new roof,concept of residential building under construction. Premium Photo

Sumber: https://www.freepik.com/ 

  1. Pemilihan Fitur Rangka Atap yang Terlalu Landai

Struktur rangka atap yang landai dapat dengan mudah membuat atap bocor karena mampu membuat air hujan menggenang sehingga kotoran yang dibawa oleh air hujan tersebut akan mengendap dan mengakibatkan terjadinya kebocoran pada atap rumah. 

  1. Kesalahan dalam Pemasangan Skrup

Kesalahan dalam pemasangan skrup juga dapat menyebabkan kebocoran pada atap uPVC karena sekrup tidak mampu menempel pada rangka baja ringan sehingga dapat dengan mudah membuat sisa-sisa lubang pada atap untuk dilalui air ketika musim penghujan. 

Selain itu, kesalahan pada pemasangan skrup juga mampu membuat atap uPVC mudah bergeser dan menciptakan celah-celah yang dapat dengan mudah dilalui air.

  1. Pengaruh Bentuk Sekrup

Jika Anda hanya menggunakan sekrup tanpa dilengkapi dengan karet atau seal maka dapat memudahkan celah air untuk masuk ketika hujan. Karenanya Anda dapat menggunakan sekrup yang memiliki roof cap untuk mengatasi hal tersebut. 

Beberapa Contoh Kesalahan Pemasangan Atap uPVC

Roofer working in protective work wear gloves,construction worker wearing safety harness working at high level in the construction site install new roof,metal roof. Premium Photo

Sumber: https://www.freepik.com/

Terdapat beberapa jenis kesalahan pada pemasangan atau uPVC yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kesalahan Pembuatan Celah Foid Pencahayaan (Skylight) yang Diperbesar

Kesalahan tersebut merupakan salah satu bentuk kesalahan perencanaan pembuatan dan pemasangan atap uPVC sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan hasil atap yang telah dipasang.

  1. Menggeser Posisi Atap uPVC yang Telah Dipasang Sebelumnya

Menggeser atap uPVC yang telah dipasang akan menimbulkan berbagai lubang yang timbul karena adanya pergeseran penempatan baut dan rangka. Hal inilah yang dapat berpotensi untuk menyebabkan kebocoran pada atap.

Tips Memperbaiki Kebocoran Atap Rumah uPVC

  1. Buka Atap yang Sudah Dipasang dengan Melepas Sekrup

Jika Anda ingin mengganti posisi atap uPVC namun tetap ingin menghindari kebocoran anda dapat meletakkan atap sesuai dengan posisi yang didinginkan kemudian sekrup bagian atap dengan tidak menambah lubang menggunakan bantalan karet agar lubang tertutup rapat.

  1. Pasang Roof Cap pada Bagian Sekrup yang Sudah Dipasang

Gunakan Roof Cap untuk memberikan perlindungan secara maksimal pada sekrup yang telah dipasang untuk menghindari kebocoran.

  1. Ketuk Atap Sebelum Melakukan Pemasangan

Pengetukan digunakan untuk mengetahui ada tidaknya besi di bawah permukaan atap. Sehingga meminimalisir kesalahan dalam pemasangan sekrup dan pengeboran pada rangka besi.


Demikian penjelasan mengenai cara memasang atap uPVC agar tidak terjadi kebocoran atau tempias. Anda juga dapat menggunakan beberapa tips atau cara-cara tersebut untuk mengatasi kebocoran atap UPVC di rumah. Tentunya dengan tetap mengedepankan keamanan agar mampu menciptakan kenyamanan bagi Anda dan para penghuni rumah lainnya.

Jika sobat Excel membutuhkan atap uPVC, silahkan hubungi admin kami. Dapatkan produk dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Dan simak cara memperbaiki kesalahan pemasangan atap uPVC agar tidak bocor pada video berikut https://www.youtube.com/watch?v=yXCqfdyWtng