Atap merupakan salah satu elemen bangunan yang sangat menentukan stabilitas bangunan dalam jangka panjang karena kalau atapnya sudah keropos sudah pasti bangunan tidak layak untuk dihuni.

Pemilihan material atap yang tepat untuk mempengaruhi ketahanan bangunan, sehingga untuk mengantisipasi kerugian besar dalam proyek pembangunan maka ada baiknya untuk memilih jenis atap dengan material premium, supaya bangunan anda tetap bisa diandalkan dan memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi anda dan keluarga.

Salah satu jenis atap premium yang cukup viral akhir-akhir ini adalah jenis atap UPVC. Penggunaan atap ini sudah banyak dipilih oleh masyarakat untuk membuat bangunan mereka tampak lebih modern dan tentunya terlihat lebih kokoh. Hanya saja sebagian orang yang menggunakan atap upvc ini tidak mengetahui bagaimana cara merawatnya, membuat sebagian kecil mengalami kerusakan yang membutuhkan biaya perbaikan lebih untuk mengembalikan fungsi utamanya sebagai atap rumah.

Bagi anda yang menggunakan atap upvc ada baiknya untuk mengikuti cara merawat atap UPVC agar tahan lama dengan benar supaya bangunan anda tetap aman dan nyaman dihuni, pastinya bisa dihuni dalam jangka waktu yang lama. Nah, bagaimana saja cara merawatnya? Simak ulasan berikut ini:

Pastikan Sekrup Terpasang dengan Kuat sesuai Prosedur
Atap UPVC akan mudah goyang kalau sekrup atap tidak terpasang dengan kuat sesuai prosedur, maka dari itu setelah pemasangan atap upvc saat pembangunan rumah atau properti anda, ada baiknya untuk melakukan pengecekan sendiri supaya bisa dipastikan sekrup atap UPVC terpasang dengan kuat.

Dengan memeriksanya secara berkala tentu saja ketika ada angin cukup kencang atap rumah anda tidak akan mudah goyang apalagi roboh yang bisa menyebabkan kerugian besar dan mengancam nyawa anda. Untuk itulah, perawatan atap UPVC yang pertama ini harus betul-betul anda perhatikan demi keselamatan anda.

Selalu Cegah Kebocoran pada Sekrup
Bocor tentu saja sangat mengganggu kenyamanan istirahat dan beraktivitas di dalam rumah, maka dari itu memastikan atap selalu aman terutama saat musim penghujan merupakan hal penting yang harus anda utamakan dalam merawat properti anda.

Sama halnya ketika anda memilih atap UPVC walaupun atap ini terbuat dari material premium. Tentu saja anda harus melakukan pencegahan supaya tidak terjadi kebocoran meskipun kemungkinannya hanya sedikit.

Cara merawat atap UPVC agar tahan lama khususnya dalam mengantisipasi kebocoran dari penggunaan atap ini adalah dengan memasangkan sekrup sebagai upaya untuk merawat atap UPVC berfungsi secara maksimal dan tetap berdurabilitas tinggi. Kalau sekrup UPVC sudah terkunci dengan viar real roofing bisa dipastikan atap UPVC tidak akan mudah bocor. Anda dan keluarga akan tetap aman dan nyaman saat musim hujan.

Periksa Secara Berkala Atap UPVC
Atap pastinya sering dihinggapi sampah dedaunan ataupun kotoran-kotoran sehingga memeriksanya secara berkala merupakan salah satu cara merawat atap UPVC agar tahan lama. Karena sampah yang ada di atas atap akan membuat atap menjadi cepat rusak akibat korosi yang ditimbulkan oleh sampah yang menumpuk.
Jika sudah terjadi korosi maka atap upvc anda akan cepat keropos dan kemungkinan bisa membuat bangunan anda cepat roboh. Untuk mengantisipasi masalah ini, anda harus memastikan kapan harus membersihkan atap rumah.

Bersihkan Secara Berkala Atap UPVC
Seperti yang sudah diulas pada poin sebelumnya bahwa tidak bisa dipungkiri atap pasti akan dihinggapi oleh sampah-sampah dedaunan ataupun kotoran yang membuat atap harus dibersihkan agar tidak mudah keropos dan tetap tahan lama.
Untuk itulah maka cara merawat atap upvc agar tahan lama selanjutnya adalah dengan membersihkan sampah-sampah tersebut agar tidak terjadi korosi pada atap yang tentunya sangat merugikan anda apalagi nanti bisa menguras biaya perawatan yang lebih mahal dan sulit daripada sekedar membersihkannya.
Dalam membersihkan atap upvc anda harus memperhatikan tips-tips membersihkannya yang benar. Kami sarankan agar anda membersihkan dengan langkah-langkah berikut:
● Siram dan bilas atap
Langkah pertama untuk membersihkan anda harus menyiram dan membilas atap dengan menggunakan air bersih. Supaya sampah yang ada di atas atap bisa bersih anda bisa melakukan pembersihan ini saat musim kemarau.
● Bersihkan lembaran atap
Selain membilas atap dengan air bersih anda juga harus membersihkan lembaran atap dengan menggunakan sabun cair sekaligus air hangat supaya kotoran yang menempel pada atap UPVC luntur maksimal.
● Bersihkan atap dengan spons
Selain sampah harus pastikan benar-benar bersih dari atap upv, debu yang menempel juga harus dibasmi supaya atap upvc bisa kinclong sempurna. Dalam pembersihan langkah ketiga ini anda bisa menggunakan spons atau kain lembut supaya debu tersebut bisa luntur dari atap dengan baik.

Itulah pembaca cara merawat atap upvc agar tahan lama yang bisa anda ikuti untuk menjaga ketahanan properti anda sekaligus kenyamanan dan keamanan selama tinggal di bangunan rumah anda.

Graha Excel merupakan produsen pembuatan atap uPVC untuk banyak kebutuhan seperti atap uPVC rumah, atap uPVC single-layer, dan atap uPVC double-layer untuk kebutuhan gudang dan industri lainnya.