Pengetahuan mengenai tips memilih tandon air sangat dibutuhkan pada saat membangun rumah, kantor, atau tempat lainnya. Sebagai kebutuhan utama pada kehidupan sehari-hari, air merupakan hal krusial yang mempengaruhi banyak aspek, mulai dari minum hingga mandi.
Untuk memenuhi kebutuhan primer, dibutuhkan instalasi tepat agar kemudahan tidak hanya dirasakan sesaat, namun dalam jangka lama. Setelah pemasangan, ke depannya mengenai perawatan rutin mesti diperhatikan agar kualitas wadah serta isinya tetap steril dari kuman.
Meskipun hanya berbentuk cairan, tidak menutup kemungkinan terjadi endapan kotoran sehingga menyebabkan penurunan kualitas. Dalam tips memilih tandon air dari pembahasan di bawah ini, banyak informasi penting supaya dapat diaplikasikan.

1. Pilih yang Berkualitas Karena Akan Berpengaruh Terhadap Tangki

Kualitas menjadi kunci utama dalam tips memilih tandon air. Poin penting ini nantinya berpengaruh terhadap berapa lama tangki dapat digunakan. Ke depannya bak penampungan akan berhadapan dengan berbagai macam perubahan cuaca, curah hujan bisa tinggi dan kemarau panjang.
Berbagai kemungkinan tersebut tidak menjadi masalah bagi toren berkualitas bagus. Berbagai kemungkinan benturan keras tidak bisa ditolak ketika wadah tersebut disimpan di luar. Kekhawatiran kerusakan tangki dapat diantisipasi sedini mungkin sebelum memasangnya di rumah.

2. Memilih Bahan yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan

Bahan toren air ada tiga, stainless steel, fiberglass, dan plastik. Ketiganya memiliki spesifikasi berbeda, ketepatan bergantung pada kebutuhan dan lokasi pemasangan. Jika ingin material bertahan lama, bisa memilih plastik. Tapi, risikonya tampilan tidak menarik.
Dalam hal ini kita membahas tips memilih tandon air berkualitas bagus, perihal tampilan seharusnya menjadi nomor sekian. Tapi jika menurut Anda tampilan itu penting, bisa memilih salah satu antara fiberglass atau stainless steel. Perhatikan spesifikasi keduanya saat memilih.

3. Identifikasi Kebutuhan di Rumah

Jumlah orang dan seberapa sering air digunakan sangat mempengaruhi pemilihan bak tampung. Dari kapasitas orang di rumah dapat diketahui berapa ukuran toren yang dibutuhkan. Semakin banyak dan semakin sering digunakan untuk ragam keperluan maka ukurannya harus besar.
Penting diingat bahwa kebutuhan dengan jumlah orang harus masuk pertimbangan tips memilih tandon air. Pasalnya bisa jadi jumlah orang banyak, tapi tidak selalu di rumah sehingga jarang digunakan. Sebaliknya, meskipun jumlah orang sedikit jika sering digunakan maka harus besar.

4. Periksa Kekokohan dari Struktur Bangunan

Ketika memikirkan tips memilih tandon air, salah satunya mesti mempertimbangkan seberapa kokoh struktur bangunan rumah atau lainnya. Rumah besar belum tentu strukturnya kuat, untuk menilai hal itu harus diperhatikan dari pondasi dan berbagai di balik fisik bangunan rumah.
Beberapa orang memilih meletakan tandon di atap rumah, beberapa lagi memilih menggunakan menara pada tempat terpisah dari rumah. Banyak hal pastinya dijadikan pertimbangan, untuk membuat toren maupun penyangganya tetap awet menampung ukuran dan kapasitas toren.

5. Alas Datar dan Lahan Penempatan Harus Memenuhi Kriteria

Jika menggunakan menara maka tidak perlu memusingkan alas permukaan simpan tandon. Yang perlu diperhatikan adalah lahan penempatan menara harus sudah memenuhi kriteria instalasi. Jangan sampai hanya asal tancap hingga mempengaruhi penyimpanan bak air.
Sementara jika menyimpan tangki di atap, wajib membuat permukaan datar. Tips memilih tandon air yang benar tidak akan menyarankan Anda melakukan instalasi pada permukaan miring, seperti genting. Mau tidak mau tukang bangunan harus membuat rata permukaan atap dahulu.

6. Ketinggian yang Tepat dan Kerap Dipilih Orang

Ketinggian toren yang kerap dipilih orang ada tiga, yakni 2-3 meter, 4-6 meter, dan lebih dari 7 meter. Berbeda ukuran maka berbeda juga kapasitas serta tekanan air dihasilkan. Untuk ketinggian 7 meter ada keunggulan bisa menyalakan pemanas tanpa harus mengatur ulang pompa.
Untuk keluarga kecil dengan kebutuhan minimalis ukuran 2-3 meter saja sudah cukup. Tekanan yang dikeluarkan tidak begitu besar. Sementara paling banyak rumah menggunakan ukuran 4-5 meter. Ketinggian ini proporsional, baik dalam segi tangki maupun kapasitas dan tekanan di dalamnya.
Menentukan ketinggian toren menjadi salah satu tips memilih tandon air karena berpengaruh besar terhadap penggunaan sehari-hari.

7. Penentuan Sebuah Sistem Instalasi

Sistem instalasi ada dua, satu memanfaatkan PAM di mana bak tampung membutuhkan bola sebagai pelampung. Keuntungannya tidak perlu memasang pompa karena dengan sendirinya tekanan air dari keberadaan bola pelampung akan mengisi penuh wadah penampungan.
Dua, memanfaatkan sumur dengan kebutuhan pompa serta pelampung radar. Tips memilih tandon air satu ini harus rajin mengaktifkan dan menonaktifkan masuk keluarnya air. Setiap pilihan sarat dengan keunggulan dan kekurangan. Pilihan orang bergantung pada kebutuhan berikut selera.

8. Ukuran Tangki yang Harus Disesuaikan

Cara menentukan toren yang pas pada tiap-tiap bangunan ialah menyesuaikan kekuatan alas dengan ukuran tangki. Semakin besar tangki maka makin kuat seharusnya alas dibangun. Besarnya toren ini seiring sejalan dengan volume air yang nantinya mengisi ruangan hingga penuh.
Tidak mutlak, namun kebanyakan orang menggunakan 233 liter per hari. Misalkan ada 3 anggota keluarga maka tinggal dikalikan dengan 233. Kurang lebih seharinya terpakai 699 liter untuk 3 orang. Kebutuhan bisa kurang bisa lebih, perhitungan tersebut hanya berupa estimasi.

9. Kesesuaian Volume, Pelampung Bola, dan Radar

Hubungan antara volume, pelampung, dengan radar hanya dibutuhkan pada penggunaan PAM. Ketiganya harus beriringan untuk menghasilkan sumber air bagi seluruh penghuni bangunan. Menariknya memang pemanfaatan PAM membuat Anda tidak perlu repot.
Pasalnya mati dan nyala air sudah diatur secara otomatis melalui penempatan pelampung bola tadi. Salah satu cara menentukan toren terbaik diantaranya dipengaruhi juga oleh sumber isi dan seperti apa saja kemudahan di dalamnya. Semakin praktis pengoperasian semakin baik.

10. Pipa Ventilasi yang ada di Tangki Berkualitas

Kategori tangki berkualitas bagus dapat dilihat dari pipa ventilasinya. Fungsi pipa guna mengatur siklus udara di dalam toren. Seperti halnya manusia, air juga tidak bisa dibiarkan di area tertutup sama sekali. Nanti pengaruhnya akan besar terhadap kualitas air untuk Anda.
Semakin baik kualitas pipanya maka semakin baik sirkulasi udara serta isi di dalam toren. Pipa ventilasi sendiri ada banyak jenisnya. Anda dapat menyesuaikan langsung dengan ukuran, volume air yang dibutuhkan, serta struktur bangunan, baik langsung rumah atau menara tandon.

11. Info Harga yang Menjadi Pertimbangan Penting

Harga selalu menjadi pertimbangan penting dalam memilih tangki berkualitas bagus. Di pasaran tersedia banyak tandon dengan ragam harga sesuai spesifikasi. Anda juga bisa menyesuaikan tangki dengan sebuah kebutuhan yang ada di rumah maupun kebutuhan yang ada di kantor. Tentunya dengan berbagai pertimbangan.
Saat ini dunia jual beli sudah banyak bisa dilakukan secara online, sehingga membandingkan harga bukan hal sulit. Bukan tidak mungkin Anda mendapatkan toren dengan kualitas serupa, namun harga jauh lebih murah dibandingkan yang dijual online atau offline.

12. Merek Tangki yang Bervariasi
Merk bak penyimpanan pada air ada banyak variasinya seiring dengan penawaran spesifikasi dan keunggulan. Berbeda merk berbeda juga kualitas bahan serta daya tahan barang. Untuk penentuan brand terkesan tidak krusial, padahal jika ditelisik lebih dalam setiap perbedaan ada alasan.
Beberapa orang akan memilih brand ternama dengan dalih kualitasnya sudah terpercaya. Beberapa diantaranya akan memilih yang tidak familiar dengan alasan harga dan sebagainya. Pada akhirnya pilihan didasarkan pada kebutuhan serta poin-poin kelebihan tandon tampung.

13. Variasi Warna yang Bisa Disesuaikan dengan Selera

Meskipun diletakan di luar ruangan atau bahkan di atas atap, bukan berarti tidak bisa memilih warna bak penyimpanan air. Terutama pada bangunan baru, jika bisa memilih warna sesuai selera, kenapa tidak? Ada pilihan warna terang dan ada juga pilihan warna pastel atau gelap.
Rekomendasi warna paling aman menghadapi cuaca di luar adalah hitam. Pasalnya jika kotor tidak akan nampak jelas dan ketika disinari matahari terus-menerus tidak akan terkesan luntur. Hitam juga menunjukan sisi elegan serta tidak akan membuat mata sakit di siang hari.

14. Perhatikan Berbagai Keunggulan yang Dimiliki

Setiap wadah penampungan air memiliki keunggulan berbeda-beda. Pastikan Anda memilih wadah dengan keunggulan sesuai kebutuhan seluruh penghuni bangunan. Misalkan untuk tandon plastik dan fiberglass konon lebih rentan ditumbuhi lumut daripada stainless steel.
Stainless steel justru anti pecah, mudah dibersihkan, dan paling penting tidak mudah berubah suhu airnya sebab permukaan tahan terhadap sinar UV. Tidak heran jika kemudian kerap kita lihat di rumah-rumah maupun perkantoran memanfaatkan tangki plastik.

15. Pilih Tutup Toren Ulir yang Memiliki Manfaat

Perihal wadah penampungan air dengan tutup berulir tidak hanya aksen, namun ada manfaat di baliknya. Salah satunya adalah bisa merapatkan tangki serta menghindarkan berbagai kotoran, seperti daun kering, kotoran burung, atau berbagai kemungkinan lain masuk ke toren.
Ketika berbagai kotoran bisa dihalau dengan baik maka kualitas air akan terjaga sempurna. Pengaruh jangka panjangnya demi menjaga kesehatan seluruh orang pengisi bangunan. Seperti yang diketahui bahwa air adalah kebutuhan paling mendasar semua manusia.

16. Sesuaikan dengan Dana yang Sudah Disiapkan untuk Membeli

Setelah mencari tahu informasi harga, selanjutnya memeriksa berapa banyak dana Anda siapkan untuk membeli dan memasang tangki. Sebisa mungkin mencari sesuai kebutuhan berikut tidak melebihi rencana dana. Alih-alih memaksakan beli murah, lebih baik menabung dahulu.

Sebaliknya, daripada memaksa cepat-cepat membeli toren mahal hingga mengganggu kebutuhan lain, lebih baik bersabar. Untuk mendapatkan kapasitas bak penyimpanan air berkualitas memang tidak bisa asal-asalan. Berbagai hal wajib masuk dalam pertimbangan.

17. Pilih Jasa Pemasangan yang Terpercaya

Untuk mendapatkan kapasitas bak penyimpanan berkualitas bagus dibutuhkan jasa pemasangan terpercaya. Berbagai jasa sudah dapat banyak ditemukan di mana-mana. Anda bisa membandingkannya satu per satu dari setiap layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Salah satu hal yang sudah bisa untuk dijadikan sebuah pertimbangan adalah seberapa mudah jasa tersebut dapat dihubungi. Sebab hubungan konsumen dengan jasa sebaiknya tetap berlanjut meskipun tidak lama setelah pekerjaan selesai. Fungsinya untuk memastikan tangki berjalan dengan baik.

18. Jasa yang Terpercaya Harus Memiliki Suatu Garansi

Pemasangan tempat cadangan air dari jasa terpercaya harus memiliki garansi walau hanya hitungan hari. Bukan hal sulit bagi penyedia jasa terbaik memberikan pelayanan seperti ini. Garansi sudah menjadi paket utama untuk membuat konsumen percaya pada jasa itu.

Sebagai pengguna, Anda wajib mencari tahu apakah tersedia jaminan atau tidak. Sehingga ketika ada hal-hal tidak dimengerti bisa dialihkan tanpa biaya. Alih-alih membayar sekian rupiah, akan sangat baik jika memanfaatkan kesempatan memperbaiki tanpa sepeser biaya.

19. Cari Tahu Informasi Servis Sebelum Melakukan Pemasangan

Ke depannya setelah pemasangan tempat cadangan air tidak bisa begitu saja didiamkan. Suatu barang, apalagi ini berjalan setiap waktu pasti mengalami penurunan fungsi. Sebelum hal ini terjadi akan lebih baik jika mencari tahu informasi servis sebelum pemasangan tandon.
Semakin banyak hal diketahui maka semakin baik. Pemilik toren setidaknya tidak akan dibodohi jika suatu hari terjadi kerusakan a, namun dilakukan penanganan b. Terlebih informasi sudah banyak bisa diperoleh melalui buku, internet, atau berbagai sumber terpercaya lainnya.

20. Harus Mudah untuk Dibersihkan

Tangki stainless steel, plastik, maupun tangki fiberglass harus mudah dibersihkan. Faktor kemudahan ini ada banyak, bisa karena materialnya atau jangkauan lokasi penyimpanannya. Jangan anggap enteng, tandon juga harus rutin dibersihkan untuk menjaga air.

Jika tangki sulit dibersihkan maka pengaruhnya bisa fatal terhadap kesehatan seisi penghuni bangunan. Lebih-lebih jika sumur sebagai sumber air, bisa saja partikel-partikel kecil mengendap hingga menjadi sarang penyakit. Bukannya membersihkan, justru menyebabkan masalah.

Berbagai tips memilih tangki fiberglass atau tangki lainnya di atas dapat menjadi referensi lengkap sebelum memenuhi kebutuhan utama di rumah atau kantor. Sebagai kebutuhan primer, air sebaiknya diperhatikan betul kualitas serta kemudahan untuk mendapatkannya setiap hari.

Saksikan video cara memilih ukuran tangki air rumah: