Merawat tandon air menjadi salah satu instrumen penting yang wajib untuk diperhatikan oleh semua pihak jika hendak mendapatkan kualitas air terbaik pada penggunaan jangka panjang. Khususnya agar air yang digunakan setidaknya telah terbukti aman dan nyaman.

Kebutuhan manusia hingga makhluk hidup lain terkait keberadaan air tentunya tidak bisa terelakkan. Bahkan air menjadi sumber utama yang bisa menghidupi dan memicu kelestarian lingkungan sekitar agar bisa dipastikan bertahan, baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan.

Selanjutnya potensi manusia untuk membutuhkan air cenderung meningkat, khususnya dalam memenuhi semua kebutuhan di dalam rumah. Setiap rumah membutuhkan tandon sebagai penampung air agar mampu memberikan fungsi kehematan terkait penggunaan listrik.

Penggunaan penampung air tersebut tentunya tidak lepas dari cara merawat dan memaksimalkan fungsinya secara berkala dan tentunya berjangka panjang. Inilah alasan mengapa merawat tandon air wajib diketahui oleh semua pihak.

Jika tandon tersebut tidak dirawat dengan baik maka kemungkinan besar menimbulkan banyak sekali kendala. Salah satunya adalah tandon yang berlumut, ini dapat mengganggu kualitas air secara keseluruhan.

Untuk merespon hal tersebut, berikut ini adalah beberapa kriteria penting yang wajib Anda ketahui terkait terkait cara untuk merawat tandon air dengan mudah.

7 Hal Terkait Cara Merawat Tandon Air

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipertimbangkan terkait cara untuk merawat tandon tersebut secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan air yang bersih di dalam rumah Anda, diantaranya sebagai berikut.

  • Pertimbangan Bahan Utama

Pasti pertama yang perlu diperhatikan pada saat merawat tandon air adalah pemilihan bahan. Bahan yang saat ini direkomendasikan adalah dengan kadar antimikroba cukup tinggi untuk memberikan perlindungan kepada tandon agar terhindar dari matahari.

Jika terus menerus mendapatkan sinar matahari maka tandon tersebut akan berlumut. Maka bahan tersebut sangat direkomendasikan.

  • Penempatan Tandon

Aspek selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa dalam merawat tandon air perlu untuk diperhatikan penempatan dan posisi dari tandon tersebut. Hal ini tentunya bertujuan untuk melindungi tandon tersebut dari paparan matahari langsung.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan paparan sinar matahari langsung maka tandon tersebut lebih mudah berlumut.

  • Melakukan Pembersihan

Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah melakukan pembersihan secara berkala pada tandon. Hal ini tentu untuk melindungi tandon tersebut dari lumut yang menempel, serta perhatikan juga intensitas pembersihan dari tandon harus berkala.

  • Memahami Cara Pembersihan

Aspek keempat dari cara merawat tandon air adalah memahami bagaimana cara melakukan pembersihan. Salah satu hal penting dari cara pembersihan adalah tidak menyikat bagian dalam dari tandon tersebut.

Sebab dengan menyikat bagian dalam tandon maka secara tidak langsung unsur pelindung akan terkikis. Dan hal ini akan menjadi awal terjadi tumbuhnya lumut.

  • Memahami Hal yang Perlu dihindari Ketika Pembersihan

Aspek selanjutnya adalah bahwa pada saat hendak merawat, pengguna juga wajib tahu apa saja yang perlu dihindari. Hal yang perlu dihindari adalah berbasis bahan dasar dalam melakukan pembersihan, minimal tidak disarankan dengan bahan keras.

  • Memberi Tawas

Salah satu alternatif dalam melakukan dan merawat tandon air adalah dengan menambahkan tawas. Dengan menambahkan tawas maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada pencegahan bibit dari lumut.

  • Memberi Kaporit

Aspek terakhir tentunya dengan memberikan kaporit sebagai salah satu solusi dalam membunuh semua bakteri dan virus dalam tandon khususnya lumut.

Semua pertimbangan terkait cara merawat tandon air di atas wajib dipahami agar penggunaan air menjadi lebih maksimal.

Untuk tandon air terbaik dan awet, Tangki Air Silinder dari Graha EXCEL jawabannya. Tersedia tandon air berbagai ukuran dan jenis. Nah, bagi sobat EXCEL yang masih bingung penempatan tandon air yang tepat, silahkan simak video berikut ini. https://youtu.be/YE-SeTR92eo