Material tangki air menjadi hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli toren untuk rumah atau keperluan lain. Tangki air selalu dibutuhkan untuk menampung kebutuhan air dalam sehari.

Seiring berjalannya waktu, toren air umumnya dipakai di kehidupan rumah tangga, restoran, industri, dan lain sebagainya. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, maka dengan menampung air di tangki bisa lebih aman.

Ada banyak toren air yang bisa ditemukan sesuai pilihan Anda, tetapi jangan sampai melupakan bahan pembuatan. Setiap tangki pasti memiliki bahan yang bisa digunakan sesuai keperluan dari pengguna.

Berdasarkan material tangki air yang ada saat ini, terdapat 3 jenis bahan paling banyak dijumpai. Mulai dari toren berbahan polyethylene, fiberglass, dan juga stainless steel, cocok digunakan sehari-hari.

Ketiganya sudah teruji dengan baik menurut standardisasi keamanan, tetapi pilihan tergantung dari kebutuhan dan selera. Jika Anda ingin mendapatkan banyak benefit dari penggunaan toren air, sebaiknya memilih secara benar.

Di bawah ini kami sajikan pembahasan mengenai perbandingan 3 material toren penampung air serta cara memilihnya. Agar paham, yuk langsung saja ikuti seluruh penjelasan kami berikut ini sampai selesai.

3 Jenis Material Tangki Air yang Berkualitas

Selama Anda masih bingung dalam menentukan pilihan tangki air, hal yang perlu diperhatikan yaitu dari materialnya. Jangan sampai Anda salah memilih tangki karena hanya melihat merk yang ada di dalamnya.

Berdasarkan material tangki sebagai penampung air dapat menggunakan bahan fiberglass, polyethylene, serta stainless steel. Ketiga bahan penampung air ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui sebelum membeli.

  • Fiberglass

Dimulai dari material tangki air fiber glass mempunyai kelebihan berupa bobot lebih ringan dibandingkan bahan lain serta tekstur yang solid. Kekurangannya biaya perawatan mahal, rawan keropos, dan rentan retak.

  • Polyethylene

Bahan tangki kedua polyethylene dengan kelebihan harga terjangkau, standar SNI, bahan plastik ringan, anti bocor, dan anti jamur. Namun toren material polyethylene memiliki kekurangan yaitu kurang mewah dilihat.

  • Stainless Steel

Material tangki air berikutnya ada stainless steel yang lebih bagus dibandingkan lainnya, karena memiliki berbagai kelebihan. Antara lain mampu menahan sinar matahari, bentuknya elegan serta mewah, dan punya lisensi FDA.

Tetapi material tangki air stainless steel mempunyai kekurangan berupa harga relatif mahal, mudah berkarat, biaya perawatan mahal, dan rawan bocor. Dalam membeli toren, Anda harus tahu cara memilihnya secara tepat.

Cara Memilih Toren Air dengan Benar

Sebelum melakukan pembelian terhadap toren tertentu, Anda harus tahu cara pemilihan tangki air secara tepat. Adapun cara mudah yang dapat Anda perhatikan melalui penjelasan kami berikut ini.

  • Lihatlah Jumlah Air Bersih yang Diperlukan

Pertama, lihatlah jumlah air bersih yang diperlukan setiap pengguna dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menentukan ukuran toren dalam liter, supaya kebutuhan terpenuhi tanpa ada air yang tersisa berlebihan.

  • Pilihlah Jenis Toren Sesuai Kapasitas

Dalam melihat material tangki air, pilihlah jenis toren sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Dalam rumah tangga, Anda biasa menggunakan tangki untuk kebutuhan apa saja harus dicatat supaya penggunaan optimal.

  • Melihat Kualitas yang Sudah Teruji Bersertifikat

Cara memilih toren selanjutnya adalah dengan melihat kualitas yang sudah teruji bersertifikat SNI atau FDA. Tidak ketinggalan, pilihlah tangki anti lumut supaya air tetap bersih jika digunakan dalam jangka lama.

  • Produk Toren Air Harus Bergaransi

Terakhir, produk toren air harus bergaransi supaya saat membeli bisa menjamin kepastian dalam segi keamanan. Anda dapat menerapkan seluruh cara ini untuk menemukan toren terbaik dan berkualitas.

Adanya berbagai bahan tangki penampung air, kini Anda bisa menerapkan untuk kebutuhan masing-masing. Agar pembelian maksimal, pilihlah material tangki air sesuai dengan cara tepat di atas supaya tidak menyesal.

Sobat EXCEL bisa mendapatkan tangki air dengan tiga material tersebut di Graha EXCEL, loh. Tersedia berbagai tangki air seperti Tangki Air Stainless SteelTangki Air Silinder (Roto), dan masih banyak lagi. Masih bingung mau tangki air dari bahan apa? Yuk, cek video ini untuk mempelajari perbandingan toren air plastik dan tangki stainless steel. https://youtu.be/0OZHUQBId_M