Hai Sobat Excel,

Pembelajaran dan inspirasi bisa datang dari siapa pun dan dimana pun, termasuk kisah inspiratif dari Grahaexcel kali ini.
Berikut Grahaexcel akan membahas tentang kisah sukses pengusaha toko bangunan yang bijak.

Pasti sobat Excel penasaran, yuk kita simak kisahnya!
Suatu hari saya memanggil tukang yang biasa merenovasi rumah saya untuk melakukan beberapa perbaikan pada rumah salah satunya tangki air yang harus diganti. Saya meminta saran toko bangunan dimana yang lengkap, murah dan juga jual tangki air. Lalu si tukang menjawab “biasanya para tukang ke toko bangunan yang ada di pinggir jalan sana pak”.

Akhirnya saya menyuruhnya untuk membeli tangki Excel dari Grahaexcel di toko bangunan tersebut. Terbukti memang harganya relative murah dari beberapa toko kebanyakan. Si pemilik toko juga ramah dan mau memberikan penjelasan yang lengkap saat ditanya tentang produk yang dijual kepada para pelanggan, seperti pembeli toren air. Tapi toko tersebut hanya buka beberapa jam saja setiap harinya, padahal banyak pembeli yang datang kesana, salah satunya pembeli toren air.

Jika ditanya alasan kenapa toko bangunan miliknya hanya buka sebentar, jawabannya selalu “iya cukup setengah hari saja bukanya”, sambil tersenyum ramah.
Dengan masih rasa penasaran di benak saya, akhirnya saya bertanya satu per satu kepada para tukang yang bekerja di rumah-rumah sekitar komplek. Jawabannya pun membuat saya terkejut, “iya pak toko bangunan yang di pinggir jalan sana itu suka memberikan bonus ke para tukang yang merekomendasikan belanja disana, dan harganya masih lebih murah dari toko lain”, ujar para tukang.

Saya pun kembali bertanya, “lalu kenapa cuma buka setengah hari?”
“karena menurutnya biar bisa berbagi rejeki dengan toko bangunan lainnya pak”, ujar salah satu tukang

“tapi meskipun buka hanya setengah hari, karena yang order banyak seperti pembeli toren air, pengiriman dari toko tersebut bisa sampai sore”, timpal tukang lainnya

Saya benar-benar terkejut mendengar hal tersebut. Dalam hati saya mengakui kalo beliau sungguh seorang pengusaha yang luar biasa bijaksana dan baik hati. Meskipun tokonya paling banyak di datangi konsumen, misalnya saja pembeli toren air, beliau tetap berpikir untuk berbagi rejeki dengan toko lainnya dan meskipun beliau berbagi, tokonya tetap yang paling laris.

Akhirnya saya memutuskan untuk langsung datang sendiri dan berbelanja ke toko bangunan tersebut. Saya pun bertemu dengan si pemilik toko, dan saya menanyakan hal yang sama kepada beliau. Jawabannya lebih kurang sama hanya ditambah sedikit, katanya “wah kalo mau cari uang tidak ada habisnya pak, saya sudah merasa cukup dengan membuka toko setengah hari saja, sisanya untuk urus yang lain, seperti keluarga”

Kembali saya bertanya kepada beliau, “pak kalau tokonya cuma buka setengah hari, nanti yang biasa belanja disini pada beralih ke toko lain gimana?”
Alasan saya bertanya seperti itu karena sebagai pembeli toren air yang sudah sering ke banyak toko biasanya toko tidak mau ada pelanggannya beralih ke toko pesaingnya. Contohnya kita sedang mencari barang di toko A tapi ternyata tidak tersedia, lalu kita akan bertanya toko mana yang ada barang seperti ini, pasti jawabannya “wah tidak tau ya..”

“ya kalo pelanggan saya lari ke toko sebelah itu artinya ada yang masih kurang dan perlu diperbaiki dari toko saya”, jawab si pemilik toko.
Kemudia beliau menambahkan, “tapi selama ini menurut pengalaman saya biarpun saya sering kasih tau untuk ke toko lain, pelanggan saya sebagian besar tetap kembali lagi kesini”.

Hari itu saya mendapat pelajaran yang berharga tentang arti kebijaksanaan dari seorang pemilik toko bangunan yang baik, dan karena hal itu beliau menjadi pengusaha yang sukses.

“orang bijaksana pasti pintar, tapi orang pintar belum tentu bijaksana”

Nah bagaimana kisah pengusaha toko bangunan bijak yang sukses diatas? Semoga menjadi inspirasi kalian yaa.

Yuk pakai tangki air EXCEL dari Grahaexcel yang berkualitas dan berstandar SNI & FDA.

Oh iya Sob! Sudah tahu belum jikalau Tangki Air EXCEL juga memiliki Tangki Tanam yang sudah hampir puluhan Tahun tidak ada complain pelanggan dan desain dipertahankan sejak awal, penasaran bagaimana produk Tangki Pendam dari GRAHAEXCEL yuk check video ini https://www.youtube.com/watch?v=6VKkfgMUyK8